Solusi Jika Kehabisan BBM di Tengah Jalan dan Jauh dari SPBU

04/03/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Solusi Jika Kehabisan BBM di Tengah Jalan dan Jauh dari SPBU
Memiliki kendaraan bermotor memang dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satunya adalah melakukan perjalanan yang jauh. Tapi bagaimana jika ternyata Anda kehabisan BBM di tengah jalan sedangkan letak SPBU masih jauh?

Kehabisan BBM di tengah jalan tanpa sepengetahuan pengemudi memang seringkali terjadi, mungkin Anda juga pernah mengalami  Hal ini mungkin tidak akan membuat Anda kesal jika ternyata tempat Anda kehabisan BBM dekat dengan SPBU. Bagaimana jika ternyata tidak ada SPBU di sekitar tempat kendaraan Anda kehabisan bensin?

Foto mobil mogok karena kehabisan BBM

Semewah apapun mobil kalau kehabisan BBM ya mogok

Tips jika kehabisan BBM di tengah jalan

Sebenarnya jika Anda kehabisan BBM di tengah jalan, Anda tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika sedang menghadapi kondisi seperti ini, seperti solusi berikut:

1. Periksa apakah BBM benar-benar habis?

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa kembali apakah bensin atau BBM kendaraan bermotor Anda benar-benar habis ataukah tidak. Walaupun lampu indikator pada mobil atau motor Anda sudah menunjukkan huruf E, ini bukan berarti jika BBM yang ada di dalam tangki benar-benar habis.Terkecuali bila kendaraan sudah mogok, tak bisa distarter dan indikator BBM berada di posisi E.

>>> Mobil Honda Diklaim Aman Pakai Premium, Benarkah?

2. Memanfaatkan layanan pengisian BBM via telefon

Untuk berjaga-jaga selama di perjalanan agar Anda semakin tenang maka langkah yang satu ini juga wajib untuk Anda miliki, yakni dengan memiliki nomor telefon dari layanan pengisian BBM. Saat ini sudah ada banyak pihak yang menyediakan fasilitas ini untuk membantu Anda mengisi ulang BBM tanpa perlu mendorong mobil atau motor Anda untuk bisa sampai ke SPBU terdekat. Mereka umumnya akan mengirimkan karyawan mereka untuk menuju ke lokasi kendaraan Anda mengalami kehabisan BBM.

3. Meminta bantuan orang lain

Jika lokasi Anda kehabisan BBM dekat dengan perkampungan warga, Anda bisa minta tolong kepada warga untuk ditunjukkan kios BBM terdekat. Atau kalau jauh dari kios BBM, Anda bisa meminjam sepeda motor ke warga atau ngojek untuk membeli BBM eceran di kios terdekat. Jika lokasi jauh dari pemukiman warga, Anda bisa menyetop kendaraan yang lewat untuk meminta bantuan seperti di atas. Jangan lupa untuk mengunci mobil saat Anda tinggal agar barang-barang di dalam tetap aman.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Foto pengisian BBM di tengah jalan tol oleh petugas Pertamina

Manfaatkan layanan pengisian BBM via phone saat kehabisan BBM di tengah jalan

Kiat agar tidak kehabisan BBM di tengah jalan

Agar Anda tidak kehabisan BBM di tengah jalan, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh diabaikan

1. Memastikan lampu indikator BBM berfungsi normal

Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan selalu memastikan apabila lampu indikator BBM pada mobil atau motor Anda berfungsi dengan baik. Hal inilah yang biasanya diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal dengan adanya lampu indikator ini cukup penting untuk mengetahui bagaimana kondisi BBM Anda terakhir.

2. Jangan lupa cari informasi letak SPBU sepanjang perjalanan Anda

Penting untuk mengetahui dimana lokasi SPBU terdekat dengan jalur perjalanan Anda. Cari tahu informasinya dengan bertanya pada teman yang pernah melintas di jalur tersebut atau melalui GPS, Google Maps, dan website Pertamina. So, pastikan smartphone Anda selalu terhubung dengan jaringan internet.

3. Jangan tunggu bensin mepet

Kebanyakan masyarakat baru akan melakukan pengisian ulang BBM saat kondisinya sudah mepet. Jika Anda melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan buruk ini. Pastikan Anda selalu mengisi terlebih dulu sebelum Anda benar-benar kehabisan BBM di tengah jalan untuk berjaga-jaga.

>>> Kemampuan Mobil Saat Indikator Bensin Sudah Di Posisi E

Foto indikator BBM menunjukkan posisi E

Jangan membiasakan diri isi BBM ketika sudah benar-benar mepet

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Kelihatan Sederhana, Beli BBM Harus Pakai Perhitungan Tepat

26/12/2018

Pengemudian

4 menit

Pembeli bisa memilih pakai hitungan liter atau uang saat mengisi BBM di SPBU. Meski kelihatan sederhana, tapi hal ini memerlukan perhitungan tepat sebab masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Lihat juga

Ini Pilihan BBM dan Oli Yang Bagus Buat Mobil LCGC Menurut BOS

24/10/2018

Perawatan dan service

6 menit

Punya status mobil murah bukan berarti boleh sembarangan pilih BBM dan oli untuk mobil LCGC. Keduanya tetap harus mendapatkan perhatian agar mobil bisa beroperasi dengan kondisi yang terbaik dan terhindar dari risiko kerusakan lebih cepat. So, ini pilihan BBM dan oli yang bagus buat mobil LCGC menurut BOS.

Lihat juga

Mobil Baru Masih Pakai BBM Premium, Ini Resikonya!

Sebagai bahan bakar dengan nilai oktan rendah, BBM Premium sangat tidak cocok digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi tinggi. Konsekuensinya, pemakaian Premium yang dipaksakan bisa menimbulkan risiko buruk pada mobil.

Lihat juga

Imbangi Dollar Yang Menggila Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi

10/10/2018

Event - Promosi

PT. Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU, khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO mulai hari ini dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB. Sedangkan harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik. Khusus untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah sementara ini harga tidak naik. Imbangi dollar yang menggila Pertamina sesuaikan harga BBM Non Subsidi.

Lihat juga

Lebih Hemat BBM, Ini Cara Terbaik Menggunakan Kopling Manual

24/09/2018

Pengemudian

Meskipun pengemudi sudah mengetahui tentang kopling manual, ternyata tidak semuanya mengerti cara terbaik menggunakan kopling manual untuk mendapatkan efisiensi kendaraan terbaik. Bagaimana caranya?

Lihat juga
 
back to top