Soal Larangan Mobil Tua Beroperasi di DKI, Gaikindo Dukung Gubernur

10/08/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Soal Larangan Mobil Tua Beroperasi di DKI, Gaikindo Dukung Gubernur
GAIKINDO menyatakan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil berusia 10 tahun ke atas mengaspal di Jakarta mulai 2025 mendatang. Apa alasannya?

Pro kontra mewarnai disahkannya Instruksi Gubernur (InGub) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara oleh Gubernur DKI Jakarta yang melarang mobil tua dengan usia produksi 10 tahun ke atas beredar di Jakarta mulai 2025 mendatang. Yang pro beralasan kebijakan ini tak sekadar mengurangi tingkat polusi udara ibu kota, tapi juga memberi banyak manfaat yang lain seperti mengurangi kepadatan lalu lintas dan menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan sarana transportasi masal seperti TransJakarta, MRT, dan LRT.

Foto menunjukkan Lalu lintas dan polusi udara di Jakarta

Kendaraan-kendaraan tua dianggap ikut memperburuk kualitas udara di ibu kota

Sedangkan yang kontra beralasan tidak semua warga memiliki kemampuan membeli mobil baru sebagai ganti mobil lama yang hampir mendekati 10 tahun, padahal kebutuhan mereka belum tentu bisa dipenuhi menggunakan sarana transportasi massal.

>>> Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Sanksi Jika Tetap Digunakan

Terlepas dari pro kontra yang ada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan dukungannya terhadap Instruksi Gubernur tersebut di atas. Menurut sang Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, kebijakan ini bakal mendorong tumbuhnya mobil-mobil baru yang lebih modern dan ramah lingkungan.

"Kalau yang baru ini kan sudah Euro 4, jelas secara emisi gas buang lebih baik. Artinya kita mendukung kebijakan itu karena sangat bagus," tutur Nangoi seperti dikutip dari Kompas (9/8/2019).

Seperti diketahui, sejak Oktober 2018 lalu pemerintah secara resmi memberlakukan standar emisi Euro 4 untuk seluruh produk mobil bermesin bensin. Pada prakteknya mobil-mobil di bawah standar emisi Euro 4 masih diperbolehkan beredar sehingga level pencemaran tidak berkurang secara maksimal.

>>> Bukan Hanya Ramah Lingkungan, Mobil Plug-In Hybrid Ini Juga Bisa Jadi Penyelamat Saat Listrik Padam

Foto Kijang Kapsul dalam kondisi terawat

Jika terealisasi, mobil tua bakal hilang dari jalanan ibu kota

>>> Klik di sini untuk mendapatkan berbagai tips otomotif lainnya!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Menperin: Regulasi Mobil Listrik Berlaku Penuh Tahun 2021

09/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Regulasi mobil listrik telah ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo, namun pemberlakukan sepenuhnya akan dilaksanakan tahun 2021 mendatang.

Lihat juga

Sah, Presiden Nyatakan Aturan Mobil Listrik Sudah Ditandatangani

09/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Angin segar berhembus di industri otomotif dalam negeri. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan aturan mobil listrik sudah ditandatangani dan sah menjadi regulasi.

Lihat juga

Pemerintah Targetkan Tahun 2023 Kandungan Konten Lokal Mobil Listrik Capai 35%

08/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menargetkan kandungan konten lokal mobil listrik atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 35% pada 2023 mendatang agar bisa bersaing di pasar ekspor.

Lihat juga

Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Sanksi Jika Tetap Digunakan

04/08/2019

Pengemudian

3 menit

Pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan larangan beroperasinya mobil-mobil tua dengan usia lebih dari 10 tahun. Lantas apa sanksinya jika pemilik nekat tetap menggunakan di wilayah ibu kota?

Lihat juga

Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Bagaimana Dengan Daerah Lain?

03/08/2019

Pengemudian

3 menit

Ada intruksi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil tua dengan usia produksi 10 tahun ke atas untuk masuk wilayah DKI demi mengurangi tingkat polusi dan kemacetan. Bagaimana dengan daerah lain?

Lihat juga

Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

14/04/2019

Jual beli

Membeli mobil tua memang memiliki banyak keuntungan. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun kondisi dan tingkat orisinalnya masih seperti mobil baru. Tapi tentunya ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

Lihat juga
 
back to top