Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut dalam Teknologi Mobil Terbaru (Bagian 2)

12/02/2018

Pengemudian
Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut dalam Teknologi Mobil Terbaru (Bagian 2)
Banyak sistem canggih yang mulai diperkenalkan dalam sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut pada kendaraan. Pengemudi seharusnya mengetahui beragam sistem ini untuk membantu pengemudian di jalanan.

Beberapa waktu lalu, Cintamobil telah memberikan beberapa sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut dalam teknologi kendaraan. Karena terlalu banyak, berikut lanjutan sistem bantuan kemudi yang bisa Anda dapatkan pada kendaraan Anda.

1. Navigasi GPS

Sistem navigasi GPS secara efektif menggantikan peta kertas yang besar dan tidak praktis. Perangkat ini sering juga mampu memberikan arahan vokal, yang menolong pengemudi agar benar-benar tidak melihat layarnya.

Gambar yang menunjukan sebuah tangan sedang menunjukan suatu tempat pada sebuah GPS

Sistem GPS sangat membantu ketika berkendara di daerah baru

Beberapa sistem navigasi GPS juga menyediakan data lalu lintas secara langsung, yang sebelumnya harus didapat dengan mendengarkan stasiun radio berita.

2. Hill descent control

Kontrol menuruni lereng adalah teknologi bantuan canggih yang membuatnya lebih mudah menuruni lereng. Sistem ini biasanya bekerja dengan mengaktifkan rem untuk secara otomatis memperlambat kendaraan, yang bekerja melalui mekanisme dasar yang sama yang memungkinkan ABS, TCS, dan teknologi lainnya berfungsi.

Gambar yang menunjukan sebuah mobil berwarna silver sedang menuruni tebing yang curam

Sistem ini membantu anda menuruni lereng yang curam

Beberapa sistem kontrol ini memungkinkan kecepatan dikurangi melalui sistem kontrol kecepatan, dan biasanya dapat diganti dengan menekan rem. Sistem kontrol ini bisa didapatkan pada mobil terbaru, contohnya pada Ford Focus.

>>> Baca juga review Ford Focus 2015

3. Intelligent speed adaptation

Sistem bantuan pengemudi yang canggih ini bergantung pada berbagai informasi untuk membantu pengemudi mempertahankan kecepatan. Karena sistem ini memonitor kecepatan saat ini dan membandingkannya dengan batas kecepatan lokal, sistem ini hanya berfungsi di area tertentu.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang sistem adaptasi kecepatan oleh ETSC

>>> Baca juga Sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut bagian 1

4. Lane departure warning systems

Sistem peringatan perpindahan menggunakan berbagai sensor untuk memastikan bahwa kendaraan tidak meninggalkan jalurnya secara tidak sengaja. Jika sistem menentukan bahwa kendaraan sedang tidak dijalurnya, alarm akan berbunyi sehingga pengemudi dapat melakukan tindakan untuk menghindari menabrak mobil lain atau keluar dari jalan.

Gambar yang menunjukan sistem penghitung jalur sehingga mobil bisa tetap di dalam jalur

Sistem ini membantu pengemudi untuk tetap di dalam jalur

Sistem bantuan yang lebih sempurna dan benar-benar mampu melakukan tindakan perbaikan kecil tanpa intervensi dari pengemudi. Dengan begitu, pengendaraan bisa menjadi lebih aman dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

5. Night vision

Sistem penglihatan malam memungkinkan pengemudi melihat hal-hal yang seharusnya sulit dilakukan atau tidak mungkin dilakukan pada malam hari. Ada sejumlah implementasi yang berbeda, yang semuanya bisa dipecah menjadi kategori aktif dan pasif.

Gambar yang menunjukan perbedaan lampu mobil biasa dengan lampu mobil dengan night vision

Pengemudi bisa lebih tenang melaju di malam hari dengan night vision

Sistem penglihatan malam hari yang aktif memproyeksikan cahaya inframerah, dan sistem pasif bergantung pada energi panas yang berasal dari mobil, hewan, dan benda lainnya. Sistem ini tentu saja sangat berguna bagi Anda yang sering melakukan perjalanan malam.

6. Pemantauan tekanan ban

Sistem pemantauan tekanan ban memberi informasi kepada pengemudi tentang tekanan masing-masing ban. Karena satu-satunya cara lain untuk mengetahui tekanan ban adalah keluar dari mobil, dan memeriksa secara langsung setiap ban.

Berikut contoh sistem pemantau tekanan ban

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

7. Pendeteksi kantuk pengemudi

Sistem deteksi pengemudi mengantuk atau kesadaran menggunakan sejumlah cara berbeda untuk mengetahui apakah perhatian seorang pengemudi mulai menyimpang.

Gambar yang menunjukan sistem yang mengalisa muka seorang pengemudi pria di dalam sebuah mobil

Sistem ini menganalisa muka serta mengetahui ketika pengemudi mengantuk

Beberapa sistem ini memeriksa kepala pengemudi untuk mengangguk dalam gerakan tanda yang menunjukkan kantuk, dan yang lainnya menggunakan teknologi yang mirip dengan sistem peringatan pendeteksian jalur.

Dengan kemajuan teknologi, mungkin akan lebih banyak sistem yang bisa membantu mengemudi sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalanan. Bahkan, bisa saja beberapa sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut mungkin lebih berkembang dibandingkan saat ini

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top