4 Tips Menghindari Pohon Tumbang Kala Berkendara saat Hujan

23/07/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Kecelakaan karena mobil tertimpa pohon tumbang kembali terjadi, kini Mitsubishi Xpander menjadi korbannya. Simak 4 tips di bawah agar terhindar dari hal tersebut.

Pagi ini (23/7) Jakarta diguyur oleh hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Akun Instagram @jktinfo melaporkan sebuah kejadian nahas yang menimpa sebuah Mitsubishi Xpander berwarna putih.

Mobil tersebut tertimpa pohon besar di Taman Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat. Melalui foto yang diunggah, kerusakan yang dialami oleh Mitsubishi Xpander itu cukup parah. Atap mobil ringsek karena tak kuasa menahan beban dari pohon tumbang tersebut.

Gambar Mitsubishi Xpander Tertimpa Pohon

Mitsubishi Xpander tertimpa pohon tumbang di Menteng pagi ini (23/7)

Belum jelas apakah Xpander tersebut tertimpa pohon saat sedang berkendara atau diparkir di pinggir jalan. Tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pohon tumbang saat berkendara di hujan yang lebat seperti dijabarkan berikut. 

>>> Hyundai Casper, Si 'Hantu Baik Hati' Saingan Toyota Raize dan Rocky

1. Memantau Perkembangan Cuaca

Di zaman yang serba modern, prakiraan cuaca suatu tempat dapat diakses melalui smartphone. Saat Anda ingin pergi ke suatu tempat, Anda bisa memantau prakiraan cuaca pada lokasi tujuan.

Jika ternyata perkiraannya akan turun hujan yang lebat dibarengi dengan angin yang kencang maka alangkah baiknya melakukan perjalanan di lain hari.

Gambar BMKG

BMKG selalu memperbaharui prakiraan cuaca lewat situs resmi dan media sosial

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan layanan navigasi pada smartphone untuk memilih rute yang aman dari potensi terjadinya kemacetan panjang atau daerah yang banyak pepohonan yang tua dan rawan tumbang.

Pantau juga media sosial seperti akun resmi BMKG, Polisi, pengelola jalan tol, dan akun lain karena biasanya akan ada kabar terbaru mengenai kondisi di suatu tempat.

>>> Awas! Injak Marka Serong Bisa Didenda Rp 500 Ribu

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Memang kondisi cuaca hanya bisa diperkirakan, tidak ada yang pasti dalam prediksi. Namun, saat prediksi cuaca cerah ternyata meleset dan turun hujan lebat, maka sebaiknya selalu fokus terhadap jalan.

Gambar Berkendara Saat Hujan

Tingkatkan kewaspadaan saat berkendara pada cuaca hujan

Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan dengan memperhatikan kondisi jalan di depan Anda. Tak kalah penting, kurangi kecepatan kendaraan saat berkendara dalam cuaca hujan.

Dengan berjalan pelan, Anda akan bisa lebih sigap untuk melihat dan merespon saat melihat pohon tumbang atau objek lain yang akan jatuh seperti tiang listrik.

3. Hindari Kepanikan

Hindari kepanikan saat Anda melihat objek yang akan jatuh di depan. Apabila jatuhnya menuju jalur yang akan dilalui, lebih baik pilih lajur lain atau melakukan pengereman sambil melihat kondisi sekeliling. Jangan lakukan manuver berlebih atau mengerem mendadak karena bisa menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan.

Pada umumnya, pengereman mendadak terjadi saat pohon tumbang tepat berada di depan mobil atau karena laju mobil terlalu cepat. Jika melaju perlahan, sesuaikanlah daya pengereman dengan melihat situasi sekitar dan juga spion mobil.

>>> Perhatikan Hal ini untuk Mengetahui Apakah Airbag Mobil Bisa Berfungsi

Gambar Rem

Hindari melakukan pengereman mendadak

Apabila ternyata pohon tumbang di dekat mobil maka pantau lewat spion. Apabila pohon yang tumbang di sebelah kanan maka sebaiknya lihat spion sebelah kiri begitu juga sebaliknya, sehingga saat dibutuhkan bisa melakukan manuver dengan aman.

Namun ketika melakukannya sebaiknya jangan terlalu agresif, hal tersebut karena saat jalanan yang basah saat hujan cenderung lebih licin. Apabila merasa sudah aman, tepikan kendaraan dan lihat kondisi mobil.

4. Hindari Memarkir Mobil di Bawah Pohon

Tak sedikit kejadian mobil tertimpa pohon tumbang disebabkan oleh pemilihan lokasi parkir sang pengemudi. Apabila ingin parkir dalam kondisi hujan lebat atau berpotensi turun hujan, sebaiknya Anda mencari tempat yang aman.

Gambar Parkir Basement

Pilih parkiran yang jauh dari risiko tertimpa objek

Hindari parkir di tempat yang dekat dengan pohon tua, tiang listrik, billboard dan objek lain yang berpotensi roboh terkena angin kencang.

Jika tersefia, lebih baik parkir di gedung parkir karena lebih aman. Jika memang terpaksa harus parkir di luar gedung sebaiknya memastikan tidak ada risiko kejatuhan objek.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top