Siapa Harus Didahului Ketika Mobil Berpapasan di Jalan Menanjak?

13/03/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Siapa Harus Didahului Ketika Mobil Berpapasan di Jalan Menanjak?
Saat mobil berpapasan di jalan menanjak dengan kendaraan lain, siapa yang harus didahulukan? Ternyata semua itu sudah diatur dalam undang-undang. Anda tinggal memahami dan menerapkannya.

Mengemudi adalah pekerjaan yang butuh konsentrasi penuh. Karena berbagai tipe jalan raya harus bisa dikuasai oleh para pengemudi. Termasuk juga untuk jalan menanjak dan menurun. Ada teknik-teknik khusus yang perlu dikuasai pengemudi jika melalui jalan menanjak dan menurun dibanding melewati jalan lurus yang rata.

Ketika menghadapi jalanan menanjak, terkadang jalan tersebut dibuat dua arah. Itu artinya Anda akan berpapasan dengan pengendara lain dari arah yang berlawanan. Ketika saat itu posisi Anda sedang menanjak, maka kendaraan dari arah yang berlawanan dengan Anda dalam posisi menurun.

Kedua median jalan yang seperti ini memiliki karakter yang amat berbeda satu dengan lainnya. Dibutuhkan komunikasi yang baik, ketika mobil berpapasan di jalan menanjak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini tim Cintamobil.com akan memberikan tips-tipsnya.

>>> Mudik Pakai Mobil Matik? Begini Triknya Kalau Menghadapi Jalan Menanjak

Sudah Diatur dalam Undang-Undang

McLaren di jalan

Peraturan mengenai cara berkendara di jalan menanjak sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Ketika Anda memutuskan menjadi pengemudi mobil, maka sebaiknya Anda mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Contohnya saja Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Karena pada undang-undang ini sudah diatur bagaimana sikap pengemudi selama berada di jalan raya. Termasuk dalam menghadapi situasi mobil berpapasan di jalan menanjak. Peraturan ini tertuang dalam Pasal 111 undang-undang tersebut.

Siapa yang Harus Memberi Jalan?

mobil di jalan pegunungan

Kendaraan dari arah menurun wajib memberikan prioritas kendarana dari arah berlawanan

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas yang terlengkap berdasarkan merek, tipe, dan tahun produksi ada disini

Seperti dikutip dari Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pada pasal 111 di Undang-Undang LLAJ tersebut tertulis: "Pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi kendaraan untuk saling  berpapasan, pengemudi kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada kendaraan yang mendaki."

Pasal ini cukup jelas mengatur bagaimana ketika mobil berpapasan di jalan menanjak dengan kendaraan lain. Yaitu kendaraan lain pada posisi menurun, wajib memberi jalan kendaraan dari arah di depannya.

Kemudian di Pasal 110 juga dijelaskan jika ada kendaraan dari arah berlawanan tidak memiliki ruang gerak yang cukup atau terhalang suatu rintangan, maka pengendara itu juga wajib memberikan ruang di sebelah kanan untuk kendaraan yang datang dari arah berlawanan tadi.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Hill Start Assist, Fitur Anti Nyelonong Saat Di Jalanan Menanjak

12/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Dengan fitur Hill Start Assist, Anda tak perlu lagi khawatir mobil akan meluncur ke belakang saat mulai berakselerasi di tanjakan

Lihat juga

Begini Cara Stop And Go Yang Aman Di Jalan Menanjak

30/03/2019

Pengemudian

Stop and go di jalan menanjak memang cukup tricky, terlebih pada transmisi manual dan pengemudi pemula. Berikut tips amannya.

Lihat juga

Posisi Ban Yang Benar Saat Parkir Di Jalan Menurun Dan Menanjak

30/08/2018

Pengemudian

Bagi Anda yang sering menggunakan mobil pastinya tahu kalau parkir mobil tak selalu berada di jalanan datar. Kadang kala parkir di jalan menurun atau menanjak. Lalu bagaimana posisi ban yang benar?

Lihat juga

Review Mitsubishi Grandis 2.4 AT 2006: MPV Sporty Mitsubishi Dengan Harga Rp 100 Jutaan

100000000

06/03/2020

Editor rate:

Mitsubishi Grandis dapat mengakomodir keinginan akan sebuah MPV 7 penumpang namun dengan karakter sporty dan aspek fun to drive layaknya sebuah sports sedan.

Lihat juga

All New Suzuki Ertiga 2020: Harga mobil All New Suzuki Ertiga & Promo September

01/09/2020

Suzuki

Suzuki Ertiga adalah salah satu MPV terlaris Tanah Air. Dan di tahun ini Suzuki memberikan perubahan terbarunya. Berapa harga All New Suzuki Ertiga bulan ini?

Lihat juga