Siap Wisata Lokal? Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan

02/05/2021

Pengemudian

3 menit

Melakukan lakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu sebelum berlibur ke tempat wisata lokal di momen libur Lebaran sangatlah penting untuk dilakukan.

Libur lebaran sebentar lagi tiba, tapi sayangnya pemerintah tidak memperbolehkan untuk mudik karena adanya pandemi Covid-19. Tapi pemerintah memberi pilihan lain dengan membuka tempat wisata lokal yang bisa dikunjungi.

Tapi tentu saja wisata lokal kali ini harus menerapkan protokol kesehatan. Selain mempersiapkan kesehatan diri, jangan lupa juga untuk periksa kendaraan Anda jika ingin pergi berwisata. Ada beberapa bagian yang seharusnya Anda periksa pada kendaraan Anda. Berikut bagian kendaraan yang harus Anda cek.

1. Cek air radiator

Sebelum melakukan perjalan ke tempat wisata lokal, Anda harus cek terlebih dahulu posisi air radiator di reservoir sesuai dengan batas yang direkomendasikan. Karena biasanya di reservoir air radiator mobil mempunyai batas level minimal dan maksimal. Jika air radiator habis, kemungkinan mesin Anda bisa kepanasan atau overheat dan bisa menyebabkan mobil turun mesin.

teknisi mengecek radiator mobil

Lakukan pengecekan radiator mobil sebelum berkendara

>>> Tips Agar Radiator Awet

2. Cek wiper mobil

Salah satu yang tidak bisa kita prediksi adalah cuaca, bisa jadi pada saat perjalanan hujan lebat turun dan bisa mengganggu perjalanan ke tempat wisata yang Anda tuju. Oleh karena itu, pastikan wiper mobil Anda berfungsi dengan baik agar pandangan dari dalam mobil tetap terjaga.

>>> Simak Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

3. Cek lampu

Pastikan lampu-lampu yang ada di mobil Anda berfungsi dengan baik. Selain untuk penerangan saat dalam perjalanan menuju tempat wisata, lampu juga menjadi isyarat untuk pengguna jalan lain. Jangan sampai karena lampu mobil tidak berfungsi dengan baik, mengakibatkan kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

pentingnya memeriksa kondisi lampu mobil

Lampu mobil harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan wisata 

>>> Kenali Penyebab dan Solusi Lampu Mobil Berembun

4. Cek ban mobil

Jika ingin bepergian ke tempat wisata lokal, pastikan ban mobil Anda tidak kurang angin dan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi mobil yang Anda miliki. Cek secara teliti pada bagian ban, walaupun terlihat kencang tapi kadang ada juga paku yang menancap. Karena biasanya untuk ban tubeless, jika ada paku yang menusuk ban tersebut tidak akan langsung kempes dan masih aman jika dipakai beberapa kilometer saja. Tapi jangan diamkan hal seperti itu jika perjalanan Anda agak jauh karena bisa berbahaya.

mengecek ban mobil sebagai persiapan wisata

Cek ban mobil sebelum melakukan perjalanan jarak jauh

5. Cek putaran kipas pendingin atau AC

Biasanya bagian ini sering dilewatkan pada saat melakukan pengecekan mobil. Cara agar mengetahui pendingin mesin mobil kipas mesin berjalan normal adalah dengan perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur. Jika Anda melihat jarum tersebut melebihi garis tengah, itu artinya mesin cukup panas namun masih dalam kondisi aman. Tapi beda jika jarum tersebut sudah lebih dari setengah, sebaiknya mobil Anda didinginkan terlebih dahulu dan periksa kondisi air pendingin dan kipas.

memeriksa AC untuk memastikan kenyamanan berkendara

Pemeriksa kondisi ac demi kenyamanan selama di perjalanan

>>> Evaporator AC Mobil Berlendir Penyebab Kabin Jadi Panas dan Bau Apek

6. Periksa surat kendaraan dan P3K

Hal terakhir yang harus Anda cek adalah surat kendaraan. Ini tentu sangat penting seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) jangan sampai tertukar dengan kendaraan lain. Dan jangan lupa juga SIM mobil Anda tersimpan rapi di dompet. Selain itu, pastikan juga ada kotak P3K di dalam mobil Anda untuk kebutuhan mendadak yang tidak diinginkan.

Itu dia beberapa tips cek kendaraan yang bisa Anda lakukan sebelum berpergian ke tempat-tempat wisata lokal di kota Anda. Dengan memeriksa kendaraan sebelum bepergian, tentu mengurangi resiko kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan.

>>> Yuk, Ajak Anak Edukasi ke Taman Lalu Lintas Bandung

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top