Siap Dipakai, Teknologi Airbag Eksternal Bisa Kurangi Tingkat Cedera 30%

03/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Siap Dipakai, Teknologi Airbag Eksternal Bisa Kurangi Tingkat Cedera 30%
Saat ini, sudah banyak sistem keselamatan aktif yang ditanamkan untuk meningkatkan keselamatan selama berkendara. Tidak hanya sistem dalam mobil, komponen penyelamat juga datang dari airbag. Dan kali ini, akan ada airbag eksternal yang memberikan perlindungan ketika mobil Anda mengalami kecelakaan.

Perlombaan untuk membuat perjalanan darat lebih aman telah dilakukan oleh berbagai produsen, baik besar maupun kecil di seluruh dunia. Mengutamakan keselamatan pengemudi dan penumpang menjadi tantangan berkelanjutan untuk semua pabrikan. Dan kali ini, pemasok otomotif dari Jerman, ZF, telah mengembangkan dan siap meluncurkan konsep baru, yaitu airbag eksternal pertama.

teknologi airbag eksternal dari dua mobil yang bertabrakan

Teknologi airbag eksternal yang dikembangkan ZF

Dirancang untuk digunakan secara eksternal dari sisi kendaraan beberapa detik sebelum tabrakan terjadi, ZF disebut telah melakukan pengujian untuk mengurangi dampak tumbukan pada penumpang. Dilansir dari Forbes, komponen baru ini bisa membantu mengurangi keparahan cedera penumpang hingga 40%.

"Keselamatan penghuninya sangat penting ketika mengembangkan kendaraan baru untuk mengemudi otomatis dan otonom," kata Dr. Michael Büchsner, Kepala Divisi Sistem Keamanan Pasif ZF. "Konsep kami tentang airbag samping eksternal pra-tabrakan adalah contoh yang bagus tentang bagaimana ZF ingin mencapai Visi Nolnya; sebuah dunia tanpa kecelakaan dan emisi."

>>> Bukan Selalu Kesalahan Teknis, Inilah Faktor Airbag Tidak Mengembang

Mengurangi resiko cedera lebih besar

Airbag disembunyikan di dalam kusen samping kendaraan dan membentang di sepanjang pintu. Sensor bagian luar kendaraan akan secara terus-menerus memantau kejadian di luar kendaraan. Dan ketika sensor menentukan akan terjadi kecelakaan yang tidak dapat dihindari, kantung udara akan mengembang dalam waktu kurang dari 100 milidetik.

ilustrasi dari sensor airbag eksternal

Airbag akan mengembang ketika sensor mengindikasi akan terjadi tabrakan

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Pengujian yang dilakukan oleh ZF menunjukan bahwa airbag luar bisa mengurangi getaran dan tumbukan yang masuk ke dalam kabin hingga 30% dan mengurangi tingkat cedera mencapai 20 hingga 30 persen. Dan dalam kondisi tertentu, airbag eksternal bisa mengurangi parahnya cedera hingga 40%.

Airbag ZF lainnya yang baru dikembangkan meliputi airbag “Dual Contour” yang dirancang untuk mencakup posisi penumpang yang diperpanjang dalam skenario pengemudian swakemudi, airbag “Far-Side” yang dirancang untuk membantu meningkatkan perlindungan penumpang di benturan sisi jauh dan modul airbag lutut.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

ZF meluncurkan teknologi airbag eksternal mereka di symposium airbag di Mannheim, November tahun lalu. "Menambahkan kantung udara samping pra-tabrakan eksternal membantu memberikan perlindungan tambahan bagi penumpang dan bahkan komponen struktural seperti kompartemen baterai untuk kendaraan listrik," kata Norbert Kagerer, Kepala Pengembangan di Divisi Sistem Keamanan Pasif ZF.

ilustrasi airbag eksternal dari dummy berwarna putih

Airbag luar bisa mengurangi cedera sebesar 30%-40%

Airbag eksternal yang dikembangkan ZF dikembangkan dengan bobot yang lebih rendah, sehingga mengkonsumsi sedikit bahan bakar dan mengeluarkan lebih sedikit emisi. Ukuran yang kecil dan fleksibel membantu memenuhi persyaratan interior kendaraan listrik dan otonom masa depan. Airbag ZF berbobot hingga 30% lebih rendah dari airbag lutut konvensional. Dan tenang saja, ZF menyebutkan volume produksi akan dilakukan tahun ini.

>>> Cari tahu tips dan trik lainnya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top