Setelah Tol Trans Jawa, Pemerintah Siapkan Jalan Tol Baru Sepanjang 18.850 Km

17/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Setelah Tol Trans Jawa, Pemerintah Siapkan Jalan Tol Baru Sepanjang 18.850 Km
Pemerintah RI berencana terus menambah ruas jalan tol di Indonesia hingga mencapai 18.850 km, termasuk Tol Trans Jawa, dan Tol Trans Sumatera yang sebagian sudah beroperasi. Seluruh ruas jalan tol ini ditargetkan rampung setelah tahun 2024.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui instruksi Presiden Joko Widodo terus menggenjot pembangunan jalan tol diseluruh Nusantara. Bahkan rencananya total jalan tol di negara ini akan mencapai 18.850 kilometer (km). Demikian diungkapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR RI menuturkan, dari keseluruhan ruas jalan tol tersebut, ada yang sudah dibangun dan beroperasi, ada yang masih tahap pembangunan, dan sebagian masih direncanakan. Adapun rencana perluasan jalan tol yang sudah ada termasuk memperpanjang jalan Tol Trans Jawa hingga ke Bali, membangun tol yang melingkari pulau Bali, serta membangun Tol Trans Sumatera sampai ke Aceh.

>>> Tahun Depan Pemerintah Bangun Jalan Tol Kedua Di Bali

Tol Trans Jawa Akan Tersambung dengan Tol Bali

Tol Gilimanuk - Tabanan Bali

Akan ada jalan tol yang membentang dari Merak hingga Tabanan, Bali

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, saat ini ruas jalan tol yang sudah beroperasi diantaranya Tol Trans Jawa dengan total panjang 1.150 km. Namun ruas jalan tol yang membentang dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa itu juga akan dipanjangkan. "Kami akan melanjutkan sampai mendekati Bali jadi Tol Trans Jawa akan punya total panjang 1.350 km," katanya.

Tol Trans Jawa ini direncanakan bakal terhubung dengan Tol Gilimanuk-Tabanan di Bali yang saat ini sedang dalam rencana pembangunan. Sehingga dikemudian hari jika Anda hendak menuju Bali dari arah Jakarta, maka akan melintasi Palimanan lalu tersambung ke Semarang. Kemudian melewati Solo, Mojokerto, Surabaya, Probolinggi, kemudian melalui Tol Probolinggo - Banyuwangi, dan selanjutnya abru tersambung ke Tol Gilimanuk.

Dilansir Cintamobil.com dari laman Jasa Marga, Tol Gilimanuk - Tabanan akan digenjot proses pembangunannya karena bisa memudahkan akses transportasi dari wilayah pesisir Bali setelah keberadaan Tol Bali Mandara yang saat ini sudah dioperasikan.

>>> Waspadai Potensi Bahaya Mengemudi di Jalan Tol Malam Hari

Ada Rencana Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Hingga Aceh

Rute Tol Trans Jawa

Hingga tahun 2024 akan ada penambahan jalan tol baru lagi sepanjang 2.000 km

Selain rencana pembangunan Tol Gilimanuk - Tabanan, pemerintah juga berencana membangun jalan tol lainnya, seperti Tol Manado - Bitung, serta rencana pembangunan jalan tol dari Sumatera Selatan sampai dengan Aceh. "Saat ini Tol Trans Sumatera sudah beroperasi 700 km, nantinya sampai 2024 akan kita selesaikan sampai 2.000 km untuk Tol Trans Sumatera," tegas Basuki.

Dari data yang didapat, saat ini tercatat ruas jalan tol yang ada di Indonesia dari tahun 2014 hingga 2019 pembangunan jalan tol bertambah 1.298 km. Padahal pembangunan jalan tol sejak tahun 1978 hingga 2014 cuma mencapai 795 km. Pembangunan yang melesat ini dengan rincian tahun 2015 terbangun 132 km jalan tol baru, tahun 2016 ada jalan tol baru sepanjang 44 km, jumlah ruas jalan tol di tahun 2017 bertambah 156 km, kemudian tahun 2018 dibangun 450 km jalan tol, dan di 2019 ada 516 km jalan tol baru.

Sementara sepanjang tahun ini sampai Juli 2020, sudah ada 2.116 km jalan tol yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia. Kemudian pemerintah juga menargetkan pada 2024 akan ada penambahan jalan tol baru lagi sepanjang 2.000 km atau total mencapai 4.817 km. Namun untuk sisa target panjang jalan tol sepanjang 14.500 km berikutnya akan dikerjakan pada tahun-tahun berikutnya.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk menemukan tips menarik dan bermanfaat lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tahun Depan Pemerintah Bangun Jalan Tol Kedua Di Bali

13/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Menemani Jalan Tol Bali Mandara yang sudah beroperasi beberapa tahun, Pemerintah berencana membangun jalan tol kedua yang akan dimulai pada pertengahan 2021.

Lihat juga

Pembebasan Lahan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Segera Dimulai

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Konsultasi publik untuk pembebasan lahan proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen rencananya digelar pada 15-30 September 2020 di tujuh desa terdampak trase.

Lihat juga

Pemerintah Prioritaskan 3 Jalan Tol Untuk Segera Diselesaikan

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan setidaknya ada 3 jalan tol prioritas yang pembangunannya bakal disegerakan dalam waktu dekat hingga selesai.

Lihat juga

Jalan Tol di Pulau Sumatra Sudah Beroperasi Sepanjang 648 Km

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir Agustus 2020 jalan tol di pulau Sumatra yang telah beroperasi mencapai 648 km.

Lihat juga

Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Anda mungkin selama ini bertanya-tanya, mengapa kalau lewat jalan tol harus bayar, dan kemana uang hasil pembayaran semua pengguna jalan tol tersebut?

Lihat juga