Sedang Direncana, Pakai Toilet di Rest Area Jalan Tol Bayar Rp 2000

05/08/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Sedang Direncana, Pakai Toilet di Rest Area Jalan Tol Bayar Rp 2000
Ada rencana dari Aprestindo untuk menyediakan toilet berbayar di jalan tol. Jika disetujui bagi pengguna tol yang ingin pakai toilet di rest area harus bayar minimal Rp 2000.

Bisnis toilet berbayar nampaknya menggiurkan bagi sebagian pengusaha. Jika sebelumnya layanan toilet di rest area jalan tol tersedia secara gratis, mendatang mungkin tidak lagi. Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia (Aprestindo) tengah tengah berencana menyediakan toilet berbayar di rest area jalan tol dan kini sedang diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan payung hukum.

Sejumlah pengguna Tol Trans Jawa sedang rehat di Rest Area 391A

Mengemudi jarak jauh butuh istirahat yang cukup

Menurut Ketua Umum Aprestindo, Widie Wahyu, usulan yang diajukan ini punya maksud untuk meningkatkan pelayanan toilet di rest area jalan tol. Untuk harga yang diusulkan dimulai dari Rp 2000 sekali pakai. "Start dari Rp 2.000 oke. Karena kan ada beberapa rest area juga yang sekarang sediakan kamar mandi, kamar mandi air panas," tutur Wahyu seperti dikutip dari DetikFinance, (2/8/2019).

Ditambahkan, usulan ini bukan untuk menghilangkan fasilitas toilet gratis yang sebelumnya sudah ada, tapi menyediakan toilet tambahan yang lebih berkualitas dari sisi fasilitas dan bangunan. Kapan waktunya rencana ini dimulai pihaknya masih menunggu kebijakan dari pemerintah. "Kita sih inginnya segera. Tapi ya tergantung kebijakan pemerintah," katanya.

Meski masih sebatas rencana, pengguna rest area jalan tol tidak perlu khawatir layanan toilet gratis bakal sembarangan. Layanan ini tetap memperhatikan standar minimum seperti yang ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian PU. "Karena kan yang gratis itu SPMnya (standar pelayanan minimum) dari Kementerian PU, kita nggak mungkin langgar itu," imbuhnya.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto Petunjuk fasilitas rest area yang begitu detail dan lengkap

Tingkat kebutuhan toilet di rest area sangat tinggi

Sebagai informasi, toilet merupakan salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap rest area jalan tol baik rest area dan keberadaannya harus sesuai standar minimum yang diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 10 Tahun 2018 Tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol.

Pada pasal 11 disebutkan standar minimum kebutuhan area toilet pada Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) rest area tipe A (6 ha) adalah 10 buah toilet pria dan 20 buah toilet wanita. Untuk rest area tipe B (3 ha) adalah 4 buah toilet pria dan 10 buah toilet wanita. Dan untuk rest area tipe C (2.500 m2) adalah 4 buah toilet portabel pria dan 8 buah toilet portabel wanita.

 >>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya hanya di sini

Jika rencana dari Asprestindo untuk menyediakan toilet berbayar di rest area jalan tol ini disetujui, sudah pasti jumlah toilet di rest area bakal lebih banyak dan itu bisa mengurangi antrean. Tapi, Anda harus bayar Rp 2000 untuk menggunakannya. Setuju?

Foto Toilet Portabel di rest area 391A

Toilet wajib ada di setiap rest area meski hanya portabel

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

28/05/2019

Pengemudian

4 menit

Rekomendasi buat Anda yang menempuh perjalanan jauh dari arah barat lewat jalan Tol Semarang-Solo untuk singgah di rest area KM 429A Semarang. Semua yang Anda butuhkan dalam perjalanan bisa Anda dapatkan di sini.

Lihat juga

Ada 54 Rest Area di Tol Trans Jawa, 22 Dikelola Jasa Marga

16/02/2019

Pengemudian

Mudik Lebaran 2019 masih jauh, meski demikian pos-pos pelayanan perjalanan mudik sudah dipersiapkan. Khusus jalan tol di pulau Jawa ada 54 rest area disiapkan, 22 diantaranya dikelola Jasa Marga. Sebagian sudah beroperasi penuh, namun sebagian yang lain belum beroperasi dan terus dikebut pembangunannya.

Lihat juga

[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Melintasi Tol Trans Jawa? Lihat Dulu Rest Area dan SPBU yang Bisa Digunakan

26/12/2018

Pengemudian

Libur telah tiba. Dan saatnya berkemas dan berlibur dengan keluarga. Dan bagi Anda yang bepergian dengan mobil, tol Trans Jawa yang baru diluncurkan bisa menjadi pilihan perjalanan. Tapi sebelum itu, perhatikan dimana saja rest area untuk Anda beristirahat ketika lelah.

Lihat juga

Besarnya Denda Putar Balik Di Jalan Tol Bikin Tekor Berlipat-lipat

15/07/2019

Pengemudian

3 menit

Putar balik di jalan tol hanya boleh dilakukan petugas. Anda yang nekat 'nyelonong' melakukan putar balik siap-siap kena denda sangat besar yang bakal bikin Anda menyesal.

Lihat juga

Awas, Membuang Sampah di Jalan Tol Bisa Kena Denda Rp 1 Juta

11/07/2019

Pengemudian

3 menit

Meski berbagai rambu-rambu terpasang di jalan tol, masih banyak pengendara yang mengabaikan dan tak mematuhi. Salah satunya masih banyak pengendara yang membuang sampah dari dalam kendaraan mulai struk pembayaran tol hingga bekas bungkus makanan.

Lihat juga
 
back to top