Seberapa Besar Jok Captain Seat Dibutuhkan Konsumen?

17/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Seberapa Besar Jok Captain Seat Dibutuhkan Konsumen?
Captain Seat jadi fitur unggulan yang ditawarkan beberapa pabrikan mobil. Apa maksudnya istilah ini dan seberapa besar fitur ini dibutuhkan serta mampu menggoda konsumen?

Meningkatnya persaingan di industri otomotif roda empat membuat pabrikan berlomba menawarkan produk terbaik dengan harga kompetitif. Salah satu yang kini ngetrend ditawarkan adalah adanya fitur Captain Seat yang disematkan pada mobil tipe tertentu, biasanya pada tipe tertinggi yang memang memiliki fitur paling lengkap dibanding yang lain. Di segmen MPV fitur ini jadi andalan baru yang bisa dibilang menaikkan nilai jual kendaraan.

Sebenarnya apa maksud Captain Seat ini dan seberapa besar fitur ini dibutuhkan konsumen?

Foto jok Captain Seat pada mobil BMW X7

Captain Seat bikin mobil mewah semakin mewah

Dari bahasa yang digunakan Captain Seat bisa diartikan tempat duduk untuk menyenangkan sang kapten karena kemewahan dan kenyamanannya. Istilah ini diadopsi pada jok baris kedua pada mobil-mobil penumpang dengan settingan terpisah antara kanan dan kiri. Tentu saja karena Captain Seat bertujuan mengistimewakan penumpang, rancangan jok Captain Seat juga dibuat senyaman mungkin, seperti terdapat sandaran tangan, jok dengan desain semi bucket hingga berbagai fitur tambahan lain seperti sandaran kaki, cup holder, hingga sliding dan berputar 90 derajat.

Di awal-awal kemunculannya, Captain Seat hanya diterapkan pada mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) premium dengan konfigurasi tujuh penumpang. Seiring dengan perkembangan zaman dan ketatnya persaingan fitur Captain Seat kini tidak lagi dimonopoli oleh SUV, mobil-mobil penumpang berjenis MPV juga sudah mulai menyematkan jok ini. Bahkan untuk mobil bertipe MPV yang harganya di kisaran Rp 200 jutaan juga mulai menawarkan fitur ini untuk tipe-tipe tertentu seperti Wuling Cortez 1.8L dan Wuling Confero S tipe tertinggi yang saat ini dijual dengan harga Rp 181.800.000.

>>> Kurang Dari 200 Juta, Yuk Diadu Fitur Toyota Avanza Tipe Terendah Dengan Wuling Confero S Tipe Tertinggi

Foto jok Captain Seat Wuling Confero S tipe tertinggi

Wuling Confero S, Low MPV termurah dengan jok Captain Seat

Apakah fitur Captain Seat benar-benar dibutuhkan, itu relatif tergantung penilaian masing-masing konsumen. Yang pasti pabrikan menyematkan fitur premium ini bukan sekedar untuk tampil mewah dan menaikkan nilai jual kendaraan, tapi juga mempertimbangkan faktor lain. Beberapa kelebihan Captain Seat diantaranya:

1. Lebih nyaman

Dengan jok yang didesain terpisah, penumpang memiliki kenyamanan lebih dibanding harus berjejeran tiga penumpang sekaligus. Kenyamanan makin bertambah dengan adanya arm rest untuk menyandarkan tangan sehingga tangan tidak cepat lelah jika penumpang harus membaca surat kabar atau memainkan gadgetnya.

2. Berasa istimewa

Seperti disebut di depan, duduk di jok Captain Seat ibarat jadi 'juragan' yang diistimewakan karena tak harus berbagi tempat duduk. Bahkan ada yang mengatakan naik mobil Captain Seat mending jadi penumpang daripada mengemudi.

3. Akses lebih mudah ke baris ketiga

Jika jok biasa penumpang perlu melipat kursi baris kedua untuk masuk ke kursi belakang, dengan jok Captain Seat untuk tak perlu lagi lipat melipat. Penumpang tinggal masuk ke mobil lalu masuk ke belakang melalui celah antara kursi baris kedua. Atau masuk langsung dari pintu samping seperti pada Toyota Alphard Executive Lounge.

>>> Tertarik membeli Toyota Alphard, cek harganya di sini!

Foto jok Captain Seat Toyota Alphard yang sangat mewah dan premium

Jok Captain Seat Toyota Alphard, tak hanya mewah tapi juga berlimpah fitur

So, kembali lagi kepada pilihan konsumen. Kalau menghendaki kenyamanan, mobil dengan fitur Captain Seat layak jadi pilihan. Tapi kalau yang diutamakan adalah kapasitas penumpang yang lebih banyak, lebih baik pilih yang biasa yang bisa muat tiga penumpang sekaligus dalam satu baris kursi.

>>> Tips & trik tentang dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Waduh, Ternyata Hand Sanitizer dan Sunscreen Merusak Kabin Mobil

16/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Produk pelindung kulit ternyata tidak selamanya bertugas melindungi. Penelitian yang dilakukan oleh Ford menyebutkan bahwa beberapa komponen dalam hand sanitizer maupun sunscreen bisa merusak kabin mobil. Bagaimana bisa?

Lihat juga

Ini Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara Malam Hari

02/06/2019

Pengemudian

4 menit

Pernah gak sih Anda memikirkan mengapa lampu kabin mobil harus mati saat kendaraan sedang melaju di malam hari? Ternyata ada berbagai alasannya lho yang berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Lihat juga

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menjaga Kabin Mobil Tetap Dingin

15/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Menjaga kabin mobil tetap dingin mungkin idaman setiap pemilik kendaraan, termasuk juga Anda. Namun terkadang hal itu sulit untuk dilakukan karena Anda kerap kali berkendara di cuaca yang sangat terik atau mobil terparkir cukup lama di bawah sinar matahari langsung.

Lihat juga

Cara Merawat Jok Elektrik, Kalau Rusak Biaya Perbaikannya Mahal!

Merawat jok elektrik terkadang diabaikan oleh para pemilik mobil. Komponen ini memang minim dari kerusakan, namun jika sudah rusak, maka biaya perbaikan yang harus Anda tanggung tidak sedikit. Karenanya berikut cara merawat jok elektrik pada mobil.

Lihat juga

Beda Material Beda Cara, Begini Cara Membersihkan Jok Mobil

Noda yang mengotori jok tidak hanya merusak penampilan tapi juga menganggu kenyamanan perjalanan. Namun ada perlakukan berbeda dengan material yang berbeda pada tiap jok. Agar noda tersebut hilang dan jok tidak rusak, berikut cara membersihkan jok mobil Anda.

Lihat juga
 
back to top