Safety Belt Bukan Pajangan, Dipakai Dong!

22/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Safety Belt Bukan Pajangan, Dipakai Dong!
Jujur saja, banyak yang bohong ketika mengenakan safety belt atau sabuk pengeman saat berkendara di jalan raya. Safety belt tak benar-benar dipasang sesuai aturan, tapi hanya buat mengelabuhi polisi lalu lintas biar gak kena tilang.

Gambar memakai sabuk pengaman dengan benar saat mengemudi

Safety belt, standar keselematan wajib buat kendaraan roda empat lebih

Sebenarnya bukan masalah suka atau tidak suka, safety belt diciptakan oleh produsen mobil sebagai perangkat keselamatan. Tujuannya jelas, agar pengemudi dan penumpang selamat dari risiko fatal saat terjadi kecelakaan.

>>> Kecelakaan Saat Puasa dan Mudik Lebaran Didominasi Sepeda Motor, Pemerintah Sarankan Naik Transportasi Umum

Meski tidak menjamin seratus persen selamat, namun dengan mengenakan safety belt paling tidak penumpang di dalam mobil lebih terlindungi.

"Mobil bukan hanya sebagai alat transportasi yang bisa membawa kita dari satu titik ke titik lain, tapi alat transportasi juga sudah dilengkapi peranti keselamatan seperti nomor satu safety belt yang mesti dipakai, bukan pajangan," tutur pebalap Rifat Sungkar kepada awak media di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Seorang sopir truk ditilang polisi karena tidak memakai safety belt dengan benar

Masih banyak yang enggan mengenakan safety belt dengan benar karena berbagai alasan

Saat ini, hampir seluruh mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lain, yaitu airbag. Bahkan di beberapa negara termasuk Indonesia, airbags menjadi fitur wajib yang tak boleh ditinggalkan, meski pada kenyataannya masih ada produk mobil yang belum memiliki.

Tapi, menurut Rifat Sungkar, keberadaan airbag bakal percuma kalau penumpang tidak mengenakan safety belt dengan benar. Airbag tak serta merta mengembang saat terjadi benturan. Jadi kalau ada yang tidak selamat saat kecelakaan, jangan airbag-nya jadi kambing hitam karena tak mengembang.

>>> Punya mobil jangan coba-coba, baca dulu tips dan triknya di cintamobil.com

"Airbag adalah bantalan yang bisa menjamin keselamatan kalau safety belt kita pakai dulu. Airbag itu kalau meledak kecepatannya kurang lebih 250 km/jam," papar Rifat.

"Jadi orang-orang yang nggak selamat dari tabrakan mobil adalah ketika dia tidak pakai safety belt begitu tabrakan ke depan dihajar sama airbag lari 250 km/jam, ya pesek semua mukanya," jelas Rifat menutup pembicaraan.

Jelas kan, kalau safety belt bukan pajangan. Makanya dipakai kalau ingin terlindungi!

Uji coba fitur keselamatan airbag

Airbag tak selalu mengembagn saat kecelakaan, jadi pastikan memasang sabuk pengaman dengan benar demi keselamatan

>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top