Saat Mudik, Hindari Tempat Parkir Berbahaya

28/05/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Saat Mudik, Hindari Tempat Parkir Berbahaya
Perjalanan jauh dan waktu yang lama saat mudik lebaran membuat Anda akan sering berhenti baik di rest area atau tempat parkir lainnya untuk beristirahat sejenak. Agar tetap aman ketika parkir, hindari tempat parkir berbahaya untuk mobil Anda.

Jumlah kendaraan yang banyak ketika mudik dengan area parkir terbatas membuat para pengemudi memaksakan diri menggunakan sembarang tempat. Padahal ketika Anda parkir di beberapa tempat ada potensi bahaya yang bisa merugikan mobil. Seperti cat yang tergores hingga kemalingan. Nah agar mobil Anda tetap aman, maka hindari tempat parkir berbahaya berikut.

>>> Simak juga: Perjalanan Semakin Aman dan Nyaman, Simak Tips Optimalkan Transmisi Otomatis

1. Pohon Besar

Parkir di bawah pohon besar saat mudik

Parkir di bawah pohon bisa berakibat fatal dan berisiko tinggi kejatuhan ranting

Tempat parkir yang berada di bawah pohon besar termasuk dalam tempat parkir berbahaya karena bisa berakibat fatal apabila terjadi angin besar. Getah pohon atau sarang semut adalah 2 hal yang sangat mungkin terpapar pada mobil Anda. Jika sudah terkena, maka proses membersihkannya harus segera karena jika tidak akan membekas cukup lama. Tak hanya itu, risiko kejatuhan ranting atau bahkan pohon tumbang pun bisa terjadi. Ini potensial terutama di musim hujan dengan kecepatan angin yang sedang tinggi.

>>> Parkir Paralel: Momok Menakutkan bagi Sebagian Besar Pengemudi

2. Papan Reklame

Papan reklame rubuh dan menimpa mobil yang parkir

Hati-hati parkir di bawah papan reklame karena bisa tertimpa

Seperti pohon, papan reklame adalah obyek berikutnya yang rentan terhadap tiupan angin kencang. Meski mayoritas papan reklame sudah dirancang dan dibangun dengan perhitungan matang, tapi bukan tidak mungkin ada beberapa yang miskalkulasi sehingga ringkih jika ditiup angin dan membuatnya menjadi tempat parkir berbahaya. Tidak hanya itu, saat musim hujan dengan banyaknya angin berkecepatan tinggi, risiko papan reklame rubuh tentu semakin besar.

>>> Sedang cari mobil dengan harga bersaing? Kami punya solusinya

3. Bahu Jalan

Parkir di bahu jalan selain dilarang juga berbahaya

Parkir di bahu jalan tidak hanya dilarang tapi juga berbahaya terserempet atau tertabrak mobil dari belakang

Parkir di bahu jalan (on street) memang praktis, dan di beberapa tempat memang dibolehkan oleh pihak otoritas. Tapi jika ada pilihan lain sebaiknya Anda hindari bahu jalan karena termasuk dalam tempat parkir berbahaya. Risikonya adalah mobil baret karena pengendara lain yang berlalu lalang atau bahkan ketabrak oleh pengemudi yang lalai dan tidak ahli mengendarai kendaraannya.

4. Tanjakan atau Turunan

Parkir di tanjakan juga berbahaya

Parkir di tanjakan atau turunan sebaiknya dihindari karena bisa merusak komponen rem dan girboks

Ketika Anda harus memarkir mobil di jalan yang tidak rata seperti menurun atau menanjak, gaya grativasi bumi mengakibatkan mobil yang diparkir cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Di titik ini, komponen rem parkir dan posisi gigi P (parking) di transmisi otomatis akan bekerja lebih berat. Bukan masalah besar karena kedua komponen tersebut memang dirancang untuk menahan beban, tapi jika ada pilihan lain untuk parkir di tempat datar sebaiknya pilih yang datar. Bila terpaksa, manfaatkan batu atau balok untuk mengganjal beban. Ini berfungsi untuk meringankan beban rem parkir dan transmisi P.

>>> Langkah Penting ketika Parkir di Tanjakan atau Turunan

5. Tempat Gelap / Sepi

Hindari tempat parkir sepi agar tetap aman saat mobil ditinggal

Tempat parkir yang sepi memang menggoda tapi bisa berbahaya karena mengundang kejahatan

Tempat yang sepi atau gelap memang tidak dianjurkan untuk memarkir mobil. Alasannya tempat ini menjadi tempat parkir berbahaya adalah faktor keamanan. Dengan kondisi yang sepi dan gelap sehingga jauh dari pemantauan, orang yang berniat jahat lebih mudah melakukan aksinya karena minim pengawasan.

>>> Simak tips berkendara lainnya di sini

6. Dekat Tempat Sampah

Parkir dekat tempat sampah juga berbahaya

Jangan parkir dekat tempat sampah karena banyak binatang yang bisa masuk ke mobil

Perhatikan lokasi dimana Anda parkir mobil. Jika terdapat tumpukan sampah yang banyak, tidak disarankan parkir di area tersebut. Hewan seperti kecoa, semut atau tikus biasanya bersembunyi dibalik tumpukan sampah tersebut. Jangan sampai ketika Anda parkir terlalu lama, ada hewan yang masuk ke kolong mobil Anda. Tentu potensi kelistrikan rusak karena kabel digigit tikus atau kenyamanan kabin terganggu karena hewan bisa menganggu perjalanan mudik Anda. Jadi sudah tahu mana saja tempat parkir berbahaya yang harus Anda hindari saat perjalanan mudik?

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:

Berita lain

Bagi Pengguna Transmisi Otomatis, Berikut Cara Gunakan Fitur Shift Lock Saat Parkir Paralel

06/05/2019

Pengemudian

Banyak pemilik mobil dengan transmisi otomatis yang belum paham dengan fitur shift lock. Padahal fitur ini sangat membantu dalam memudahkan ketika Anda ingin parkir paralel.

Lihat juga

Penelitian Jelaskan Tempat Dimana Mobil yang Diparkir Sering Tertabrak

Penelitian yang dilakukan oleh Which UK menunjukan bahwa lebih dari sepertiga pengemudi tertabrak atau tersenggol ketika mobil mereka diparkir. Penelitian lanjutan mengumpulkan tiga tempat dimana mobil yang diparkir sering tertabrak.

Lihat juga

Sering Lupa? Ini Cara Mengingat Lokasi Parkir

25/04/2019

Pengemudian

Cara mengingat lokasi parkir, mungkin hal ini terdengar sepele dan Anda sering mengabaikannya. Padahal jika Anda lupa dimana lokasi parkir kendaraan Anda, maka Anda akan memakan waktu cukup lama untuk menemukannya.

Lihat juga

Demi Kenyamanan dan Keselamatan, Hindari Parkir di 18 Area Ini

18/03/2019

Pengemudian

Demi kenyamanan dan keselamatan, wajib hukumnya bagi pengemudi mengetahui bagaimana cara parkir yang baik dan beretika. Pengemudi juga harus menghindari parkir di tempat-tempat berbahaya meski disitu tidak terpasang rambu-rambu larangan.

Lihat juga

Yuk Pasang Kamera Belakang Biar Mudah Saat Parkir atau Mundur

12/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pasang kamera belakang tentu akan memudahkan mendapatkan visibilitas terhadap objek di belakang mobil Anda, terutama saat parkir atau mundur. Jika mobil Anda belum dilengkapi fitur ini, Anda bisa kok pasang sendiri dengan kesabaran dan ketelitian.

Lihat juga

Membawa Bayi Saat Mudik, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

25/05/2019

Pengemudian

4 menit

Membawa bayi saat mudik Lebaran memang bukan hal yang dilarang. Namun sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Tujuannya agar si mungil tetap merasa aman dan nyaman sepanjang perjalanan dan tidak rewel.

Lihat juga
 
back to top