Risiko Pemakaian Pelek dan Ban Besar

30/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Risiko Pemakaian Pelek dan Ban Besar
Penggunaan pelek yang terlalu besar after market sudah menjadi kebutuhan agar mobil tampil lebih gaya pada saat ini. Namun tahukah Anda ternyata ada risiko jika memakai pelek dan ban yang terlalu besar.

Gambar sebuah mobil berwarna coklat  memakai pelek besar
Memakai velg dengan ukuran lebih besar sangat bahaya

 

>>> Baca juga: Cara memilih ban yang tepat

 

Menurut Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, pemakaian pelek dan ban besar akan  memperpendek usia pakai beberapa komponen, terutama di bagian kaki-kaki mobil. Pemakaian pelek dan ban besar yang tidak sesuai dengan ukuran standar pabrikan bakal merusak ball joint, tie rod dan bearing roda. Selain itu, pemakaian ban dan pelek besar juga membuat kerja setir dan ball point, tie rod serta roda jadi lebih berat, khususnya jika Anda sering melewati jalan yang  jelek atau berlubang.

>>> Untuk tips dan trik mengemudi mobil lainnya, klik sini 

 

Kerusakan di komponen-komponen tersebut akan  membuat setir berat, jarak bebas setir terlalu panjang, dan saat melewati jalan rusak/berlubang terdengar bunyi 'gluduk-gluduk'.

Sebaiknya Anda memilih dan menggunakan pelek mobil yang tidak terlalu ekstrem. Jangan hanya karena untuk bergaya, Anda mengorbankan kenyamanan. Oleh karena itu, pilih pelek dan ban standar sesuai yang direkomendasikan pabrikan.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top