Revolusioner, Bosch Perkenalkan Teknologi Sunvisor LCD

09/01/2020

Pengemudian

3 menit

Revolusioner, Bosch Perkenalkan Teknologi Sunvisor LCD
Perkembangan teknologi adalah hal yang tak terelakan dalam dunia otomotif, berbagai teknologi baru sudah hadir untuk memudahkan pengemudi saat berkendara mobil. Yang terbaru, Bosch menghadirkan teknologi sunvisor LCD.

Teknologi tak pernah berhenti mengubah industri otomotif. Mulai dari teknologi HUD layar sentuh, berbagai sensor, dan teknologi berkendara semi otonom sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari mobil modern. Namun ada satu hal yang luput dari perhatian, sunvisor.

The National Highway Traffic Safety Administration mengungkapkan ada ribuan kecelakaan terjadi tiap tahun diakibatkan sinar matahari. Dan menurut Bosch, silau yang disebabkan cahaya matahari memicu kecelakaan dua kali lebih besar dari kondisi cuaca lainnya.

Sementara itu, desain sunvisor yang ada, dan tidak berubah selama lebih dari 100 tahun juga tidak membantu banyak. Memang, sunvisor dapat mengurangi cahaya yang masuk ke dalam kabin, namun di saat bersamaan juga membatasi visibilitas pengemudi.

>>> Bosch kembangkan alat peledak mobil, untuk apa?

Desain sunvisor konvensional yang sudah dipakai hampir 100 tahun

Meski dapat mencegah silau, sunvisor konvensional menghadirkan masalah visibilitas

Menjawab permasalahan ini, Bosch membuat gebrakan dengan menghadirkan teknologi sunvisor LCD tembus pandang. Adapun sunvisor LCD yang disebut Virtual Visor itu memakai layar transparan yang bisa menahan silau dari cahaya matahari tanpa menghalangi visibilitas saat berkendara.

Virtual visor bukanlah sembarang LCD, teknologi sunvisor LCD ini dapat menganalisa wajah pengemudi dengan teknologi artifical intelegence. Cara kerjanya yakni dengan mengidentifikasi bagian mata, lalu menggelapkan bagian layar yang langsung mengarah ke mata, sementara sisanya dibuat transparan.

>>> Pilihan mobil menarik bisa Anda lihat di sini

Konsep sunvisor LCD Bosch

Konsep yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, sunvisor tembus pandang dapat jadi solusi di masa depan

>>> Tips pengemudian lain dapat Anda temukan di sini

Pada awal proses pengembangan teknologi sunvisor LCD Visual Visor, tim Bosch yang mengerjakan proyek ini menemukan bahwa pengemudi menyesuakan posisi sunvisor untuk membuat bayangan pada mata mereka. “Realisasi ini sangat mendalam,” ujar Jason Zink, Technical Expert Bosch North America, sekaligus salah satu kreator Virtual Visor.

Bosch memamerkan sunvisor LCD buatan mereka di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, dan memenangi CES 2020 Innovation Awards untuk kategori in-Vehicle Entertainment & Safety Category.

Banyak dari kita yang merasa sunvisor tidak memerlukan teknologi canggih. Namun, dengan kemajuan zaman, berbagai solusi baru hadir dengan sendirinya sebagai solusi dari hal yang tak pernah dianggap sebagai masalah sebelumnya.

>>> Tips & trik lain yang tak kalah menariknya ada di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top