Ketahuilah Penyebab Rem Mobil Overheat dan Solusi Mencegahnya

20/03/2021

Pengemudian

3 menit

Rem mobil overheat kerap menjadi penyebab kecelakaan ketika tengah berkendara di pegunungan. Sebenarnya apa penyebab rem overheat dan cara mencegahnya?

Salah satu masalah yang kerap timbul ketika mengemudi mobil di jalan pegunungan yang penuh tanjakan dan turunan adalah rem overheat. Ini biasanya terjadi pada kampas rem akibat penggunaan yang terlampau berat sehingga koefisien geseknya menurun drastis dan tidak mampu menahan putaran cakram atau tromol rem. 

Kampas rem mobil overheat merupakan salah satu penyebab utama rem blong. Hal itu membuat laju mobil tidak bisa dikurangi dan mengakibatkan kecelakaan saat mengemudi tidak mampu mengendalikannya. Lalu apakah sebenarnya penyebabnya rem overheat dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut simak tipsnya di bawah ini dari Auto2000.

>>> Pengendara Wanita Harus Tahu, Kalau Fisik Tak Prima Mending Tidak Menyetir

Gambar menunjukan Rem mobil

Rem overheat disebabkan oleh prilaku pengemudi

Sebab Rem Mobil Overheat

Rem overheat bukan sebuah kejadian tiba-tiba. Kondisi ini disebabkan oleh perilaku pengemudi yang hanya mengandalkan rem utama untuk mengatur kecepatan mobil di jalan menurun. Padahal, Anda bisa memanfaatkan efek engine brake dengan cara menurunkan rasio gigi transmisi.

Meski begitu, masih ada bagian lain dari sistem rem yang dapat terkena panas berlebih atau overheat yakni minyak rem. Adanya udara pada sirkulasi minyak rem bisa menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan minyak rem menurun sehingga rem gagal bekerja. Sebab lainnya adalah kualitas minyak rem yang buruk karena terpengaruh suhu atau kadaluwarsa, adanya endapan lumpur di dalam sistem rem, karat di perangkat rem berbahan besi sehingga merusak senyawa kimia minyak rem, serta selang dari bahan karet yang getas sudah tidak fleksibel dan pecah saat menerima tekanan berat.

>>> Greentive, Rem Baru Brembo yang Tahan Lama dengan Efek Cermin

Gambar menunjukan Merawat rem mobil

Penting untuk Anda melakukan perawatan rem mobil secara berkala

Solusi Mencegah Rem Mobil Overheat

Pertama yang bisa dilakukan adalah dari cara memperlakukan rem mobil. Anda diminta untuk tidak menginjak pedal rem kalau tidak dibutuhkan, hindari memaksa hanya mengandalkan rem utama di jalan menurun dan disarankan memanfaatkan engine brake dengan menurunkan posisi gigi transmisi. Selain itu, rem tidak dapat bekerja optimal saat hujan turun atau jalan basah. Segera turunkan kecepatan mobil ketika melalui jalan yang basah. Sempatkan beristirahat ketika perjalanan jauh, minimal setiap 3 jam sekali untuk memberikan kesempatan pada sistem rem melepaskan panas.

Dari sisi teknis kendaraan, Anda dapat mencegah rem overheat dengan rutin menjalankan servis berkala di bengkel.

>>> 3 Produk Baru Rem Brembo yang Makin Canggih

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah di media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

 
back to top