Apa yang Bisa Dilakukan Kalau Rem Blong saat Berkendara?

10/06/2021

Pengemudian

3 menit

Berkendara dengan mobil memiliki risiko keselamatan yang tiba-tiba muncul dari berbagai faktor, salah satunya adalah rem blong. Apa yang harus dilakukan pengemudi saat mengalami hal tersebut?

Meski sudah melakukan safety driving, risiko kecelakaan saat berkendara masih tetap ada. Bahkan, ada beberapa faktor yang tak bisa Anda antisipasi sebelum meninggalkan rumah. Salah satunya adalah malfungsi komponen pada mobil secara tiba-tiba.

Rem blong adalah malfungsi komponen yang cukup sering dialami oleh pengendara di jalan. Pada situasi tersebut, kedewasaan dalam mengemudi, kemampuan berkendara, dan ketenangan sangat dibutuhkan oleh pengemudi.

Foto Ilustrasi Berkendara

Konsentrasi dan ketenangan saat berkendara harus selalu dijaga

Memang hal tersebut tidak bisa tiba-tiba dipelajari oleh pengemudi pemula. Karena itu, jam terbang dalam berkendara menjadi faktor pendukung yang penting.

>>> Pedal Rem Bergetar Hebat? Jangan Disepelekan, Itu Tanda Ada Masalah

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Rem Tiba-tiba Blong?

Saat Anda menyadari bahwa mobil tidak melambat saat pedal rem ditekan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat kondisi di sekitar mobil. Perhatikan bila ada kendaraan lain, pejalan kaki, atau objek lain yang bisa menjadi korban atau meningkatkan risiko.

Gambar Mengganti Gigi Mobil Manuak

Turunkan gigi secara bertahap hingga ke gigi 1

Setelah itu, kurangi kecepatan dengan cara melakukan engine brake. Untuk transmisi manual, lakukan dengan menurunkan gigi dengan cepat dari gigi tinggi ke gigi yang lebih rendah secara bertahap sampai mobil melambat dan berhenti. Untuk transmisi otomatis, Anda juga bisa menurunkan posisi transmisi dari D ke posisi yang lebih rendah.

Manfaatkan rem tangan dengan cara menarik tuas secara perlahan sembari menekan tombol di tuas. Jangan lepaskan tombol agar rem tangan tidak mengunci dan hindari langsung menarik rem tangan secara penuh.

>>> 80% Kecelakaan Bus dan Truk karena Rem Blong Disebabkan Sopir Tak Ahli

Gambar Menarik Rem Tangan

Hindari menarik rem tangan secara penuh dengan tiba-tiba, lakukan secara bertahap

Ketika kecepatan mobil sudah turun, segera menepi ke pinggir jalan dan tenangkan diri sendiri. Setelah itu Anda bisa meminta bantuan mobil derek untuk membawa mobil ke bengkel,

Apa Penyebab Rem Blong?

Biasanya rem blong disebabkan oleh kanvas rem yang sudah habis, atau ada kebocoran minyak rem. Keduanya adalah biang masalah pada sistem rem yang umum terjadi.

Kebocoran minyak rem bisa terjadi di tengah selang rem, di reservoir, atau di piston remnya dikarenakan kampas rem habis yang dibiarkan. Masalah pada selang biasa terjadi jika usia mobil sudah cukup tua atau terkena objek yang merusak selang saat berkendara.

Sedangkan pada komponen reservoir, biasanya kerusakan terjadi karena seal karet yang sudah getas. Mengingat kondisi rem punya peran yang sangat penting dan bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan, ada baiknya Anda mengecek kondisi rem mobil secara rutin.

>>> Jangan Jadi Lane Hogger saat Berkendara di Jalan Tol, Apa Itu?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top