Rawan Pencurian Mobil Saat Liburan, Lakukan 6 Hal Ini Biar Aman

16/05/2021

Pengemudian

2 menit

Aksi pencurian mobil dan kendaraan bermotor sangat meresahkan terutama di momen liburan. Berikut cara agar mobil tidak dicuri saat ditinggal atau dibawa mudik

Saat lebaran aksi pencurian mobil semakin meresahkan. Aksi pencurian meningkat menjelang lebaran dan setelahnya. Aksi pencurian kendaraan bermotor terutama mobil banyak terjadi saat mobil ditinggal mudik atau parkir sembarangan saat bepergian. Agar terhindar dari kejadian tersebut, ada beberapa cara agar mobil tidak dicuri yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan mobil hilang saat lebaran. Berikut beberapa cara agar mobil tidak dicuri

1. Parkir Mobil di Tempat yang Aman atau Posisi Terdalam

Salah satu cara untuk mencegah pencurian mobil adalah dengan memarkirkan mobil di temapt yang aman atau posisi terdalam karena dianggap dapat menyulitkan pencuri ketika akan melancarkan aksinya. Mobil yang diparkir dengan posisi terhimpit mobil lain akan sulit diambil. Selain itu Anda juga bisa memarkir mobil di gang sempit untuk menghindari pencurian. Biasanya pencuri akan mencari posisi yang paling mudah untuk dijangkau. Jangan lupa untuk selalu memarkir mobil di area padat penduduk. Hindari memarkir mobil di lapangan terbuka, kebun kosong atau tempat yang jauh dari jangkauan Anda guna menjaga keamanan mobil.

>>> Pencuri Lebih Suka Sasar Mobil Yang Diparkir Sembarangan

2. Pasang Kunci Pengamanan Ganda

pengamanan ganda dengan mengunci setir

Mengunci setir adalah langkah untuk mencegah pencurian mobil

Saat ini sudah banyak tersedia di pasaran kunci keamanan mobil untuk setir. Perangkat tambahan ini sangat disarankan ada di dalam mobil. Pastikan Anda mengunci dan mengaktifkan alarm mobil saat ditinggalkan. Anda juga harus memastikan kaca jendela mobil tertutup rapat saat ditinggalkan. Memasang  kunci pengamanan gAnda adalah cara agar mobil tidak dicuri paling umum dilakukan.  Banyak kasus pencurian mobil yang terjadi akibat kelalaian pemilik  yang lupa menutup rapat kaca jendela. Jika Anda berada di tempat umum jangan menaruh kunci mobil sembarangan yang mudah dijangkau oleh pencuri.

3. Gunakan GPS Tracker

gps untuk tracker

GPS tracker berfungsi untuk melacak kendaraan

GPS tracker berfungsi untuk melacak keberadaaan mobil Anda. Dengan menggunakan GPS Tracker Anda dapat memantau posisi mobil dengan keadaan real time. Jika mobil hilang posisinya juga akan lebih mudah dan cepat ditemukan. Selain itu pemasangan GPS Tracker juga bisa membantu Anda menemukan jalan pulang jika tersesat di suatu daerah. Walaupun harus merogoh kocek yang lumayan mahal, penggunaan GPS Tracker adalah cara agar mobil tidak dicuri yang efektif terutama saat libur lebaran.

>>> Google Maps Bantu Polisi Temukan Pencuri Mobil

4. Jangan Meninggalkan Barang Berharga di Dalam Mobil

Tahukah Anda jika sering meninggalkan barang berharga di dalam mobil seperti laptop, handphone dan uang akan mengundang pencuri untuk datang. Dengan tidak menyimpan benda berharga di dalam mobil hal ini bisa meminimalisir tindak pencurian. Jika terpaksa menyimpan barang berharga dalam mobil pastikan Anda meletakan benda tersebut secara tersembunyi. 

5. Pasang CCTV di Area Parkir Rumah 

Pasang cctv di area rumah

Memasang cctv di area rumah untuk mencegah pencurian mobil

Saat lebaran, banyak orang yang meninggalkan mobil atau kendaraan pribadi di rumah. Meninggalkan mobil di rumah dalam keadaan kosong akan memancing pencuri datang. Biasanya pencuri mobil akan mengamati selama beberapa hari keadaan rumah dan komplek perumahan. Jika dirasa aman, mereka akan beraksi di rumah target. Cara agar mobil tidak dicuri saat ditinggal mudik sebaiknya memasang CCTV di garasi rumah atau area tempat parkir kendaraan. Dengan adanya CCTV pencuri akan segan untuk masuk ke dalam rumah. Jika ada pencuri masuk maka Anda akan lebih mudah mengidentifikasi wajah pencuri.

6. Mobil Dengan Teknologi Immobilizer

Foto tampilan depan Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021

Bahkan mobil niaga seperti Suzuki New Carry Pick Up sudah dilengkapi Immobilizer

Sistem keamanan pada mobil yaitu Immobilizer akan membantu Anda menjaga keamanan mobil. Immobilizer hanya akan menyala jika kunci mobil berada di dekat slot starter atau ada di dalam mobil. Mobil dengan fitur immobilizer biasanya sudah tidak menggunakan slot kunci dan hanya menggunakan tombol starter untuk membuka dan menyalakan mobil. Dengan teknologi ini pencuri tidak bisa mengakali lubang kunci untuk membuka mobil.

Satu-satunya cara membuka mobil adalah dengan membawa kunci asli. Nah, kunci ini harus Anda simpan ditempat yang aman.Sayangnya immobilizer baru terdapat pada mobil-mobil keluaran terbaru yang termasuk mobil kelas atas. Namun, jika Anda berniat membeli mobil dengan Immobilizer, Anda masih bisa mencari mobil second keluaran terbaru. 

>>> Pentingnya Selimut Mobil Untuk Mencegah Pencurian

Mobil yang dibawa bepergian atau ditinggal di rumah selama lebaran tetap membutuhkan pengamanan ekstra. Kita tidak akan tahu kapan pencuri memiliki kesempatan untuk mencuri kendaraan. Itulah beberapa cara mencegah pencurian mobil yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan kendaraan terutama mobil saat lebaran. Pastikan Anda selalu ingat untuk tetap memastikan mobil dipasangi fitur keamanan yang mumpuni.

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top