Ramah Lingkungan dan Berteknologi Tinggi, Empat Ban Konsep Goodyear nan Futuristik

21/10/2018

Pengemudian
Mengembangkan teknologi ban terbaru, empat desain ban konsep Goodyear terbaru ini diperuntukan membuat pengendaraan lebih futuristik dengan semua teknologi ramah lingkungan yang ditawarkan.

Selama lebih dari satu bad, konsep ban mobil relatif tidak berubah. Sementara banyak aspek lain dari kendaraan modern yang mengalami peningkatan dibandingkan pertama kali ditemukan pada akhir abad ke-19. Berkontribusi membangun perkembangan ban hampir sepanjang mobil ditemukan, empat ban konsep Goodyear memberikan teknologi masa depan untuk kenyamanan berkendara.

1. BH03

Mengembangkan baterai, motor, serta perangkat aerodinamis adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi para insinyur otomotif untuk kendaraan listrik. Namun ban juga menjadi salah satu aspek penting. Karena itu, Goodyear hadir menawarkan BH03, konsep ban yang mengubah panas yang dihasilkan oleh gesekan ban menjadi energi listrik.

Desain ban yang sangat cocok untuk dipadukan dengan kendaraan listrik, BH03

Goodyear mengklaim BH03 menggunakan ‘tekstur ultra hitam’ untuk menyerap cahaya dan panas serta dibangun dari “bahan termo / piezoelektrik” yang mampu mengubah gesekan menjadi muatan listrik. Meskipun tidak cukup untuk menggerakkan kendaraan sepenuhnya, Goodyear mengklaim BH03 mampu meningkatkan jangkauan dan efisiensi secara keseluruhan dari kendaraan listrik dan hibrida.

>>> Ban Tangguh Run Flat Tire: Masih Bisa Digunakan Meskipun Kempes

2. Triple Tube

Desain konseptual Triple Tube, sesuai dengan namanya, mencakup tiga tabung internal dan pompa yang dapat memanipulasi bentuk dan jejak ban saat berkendara. Dengan tiga bentuk inti, ban Triple Tube akan memanipulasi batang ban untuk mengoptimalkan traksi dan kontrol di berbagai kondisi.

Konsep ban Triple Tube akan berubah sesuai kondisi jalan

Pengaturan pertama difokuskan kepada keselamatan dan pengemudian ekonomis. Mode ‘sporty’ mengurangi tekanan di dalam tabung untuk menciptakan bentuk camber selama belokan. Sistem ini dirancang untuk bekerja berdampingan dengan data GPS. Mode ‘wet traction’ akan memaksimalkan tekanan di dalam tabung tengah untuk mengurangi aquaplaning dan meningkatkan cengkraman menghadapi jalanan basah.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas termurah? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

3. Oxygen

Menjauh dari konsep ban tradisional lahirlah Oxygen yang dicetak secara 3D dan memiliki dinding samping yang ‘hidup’. Menurut Goodyear, dinding samping bisa menyerap air, baik dari udara atau percikan di jalan dan bercampur dengan karbon dioksida di udara. Fotosintesis kemudian mengubah campuran tersebut menjadi oksigen.

Konsep ramah lingkungan yang ditampilkan oleh Oxygen dari Goodyear

Dengan perhitungan Goodyear, jika kota seperti Paris yang memiliki 2.5 juta kendaraan menggunakan Oxygen untuk keempat ban, akan ada 3.000 ton oksigen per tahun dari lebih 4.000 ton karbon dioksida. Dibangun menggunakan cetakan 3D, dasar senyawa karet akan tahan tusukan dan tapak serta struktur terbuka meningkatkan cengkraman pada permukaan basah.

>>> Temukan berbagai teknologi mobil lainnya hanya di sini

4. Eagle 360 Urban

Konsep Eagle 360, dijelaskan oleh Goodyear, benar-benar ‘ditenagai’ oleh kecerdasan buatan. Goodyear membayangkan ban yang dicetak secara 3D dengan polimer super fleksibel yang mampu meregang dan sedikit berubah bentuk tergantung pada kondisi cuaca.

Desain futuristik dari ban konsep Eagle 360 Urban dari Goodyear

Eagle 360 Urban sedang dipertimbangkan untuk digunakan sebagai kendaraan masa depan, bahkan tidak terhubung langsung secara fisik ke mobil melainkan menggunakan levitasi magnetik. Dibandingkan tiga ban konsep Goodyear yang lain, Eagle 360 Urban memang datang seperti kendaraan di film fiksi ilmiah.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top