Punya Potensi Bahaya, Ahli Safety Driving Bicara Soal Fitur Toyota Raize

05/06/2021

Pengemudian

3 menit

Toyota Raize menjadi satu-satunya mobil racikan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dilengkapi dengan fitur safety kelas wahid. Lalu bagaimana tanggapan para ahli?

Toyota Raize menjadi satu-satunya produk racikan PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dilengkapi dengan fitur safety kelas wahid. Bagaimana tidak? Dengan harga di bawah Rp 300 juta ia sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kelas atas yang melebihi harganya. Lalu bagaimana tanggapan para ahli atas fitur ini?

Sosialisasi Harus Gencar

"Teknologi-teknologi yang baru harus secepatnya disosialisasikan (dengan benar), sehingga calon pembeli mobil pun tahu spek (spesifikasi) mobilnya, mengenai cara pakainya, cara operasional dan sebagainya," ujar Bintarto Agung selaku direktur utama Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada tim Cintamobil.com.

Foto Toyota Raize warna putih dan biru

Fitur safety yang diusung Raize tipe GR-Sport TSS memang menggoda

"Dan perlu diingat, budaya membaca manual book, itu harus ditingkatkan. Sekarang coba, berapa persen sih orang yang punya mobil membaca manual booknya? ATPM juga sebaiknya jangan above the line saja, tapi harus aktif memberikan penyuluhan, edukasi terhadap calon pembeli," tambah om Tato sapaan akrab Bintarto Agung.

>>> Harga Toyota Raize-Daihatsu Rocky Naik Hingga Rp 10 Jutaan, Ini Rinciannya

Potensi Bahaya

Mengapa penyuluhan itu penting? Sebab jika calon konsumen Raize ini tidak teredukasi dengan baik, maka bukan tak mungkin timbul potensi bahaya. Seperti terlalu percaya diri mengandalkan fitur safety Toyota Raize saat mengemudi.

Foto tampilan belakang Toyota Raize GR-Sport TSS 2021

Meski canggih, namun bisa berbahaya jika salah penggunaan atau terlalu percaya diri dengan fitur ini

Terlalu percaya diri terhadap fitur tentu sangat berbahaya, sebab fitur safety semua pabrikan mobil di dunia pastinya memiliki keterbatasan dalam menganalisis obstacle di jalan raya. Terlebih, sudah menjadi rahasia umum kondisi lalu lintas di Indonesia belum lebih tertib dibandingkan negara luar terutama Eropa.

>>> Kisah Tentang Tanda Panah Petunjuk Posisi Tangki Bahan Bakar

Sekilas Fitur TSS Toyota Raize

Fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang tertanam di Toyota Raize lebih banyak ketimbang fitur Advance Safety Assist (ASA) yang ada di Daihatsu Rocky. Fitur ASA pada Daihatsu Rocky hanya memiliki enam fitur utama yakni, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Gambar Toyota Raize GR-S TSS 2021

Fitur TSS milik Toyota lebih banyak ketimbang ASA di Daihatsu

Sedangkan fitur dalam paket TSS pada Raize sedikit lebih banyak ketimbang ASA yakni ada tambahan Adaptive Cruise Control (ACC). Dengan mengaktifkan fitur Cruise Control yang mampu beradaptasi dengan lalu lintas tersebut Anda bisa mengemudikan Raize lebih rileks. Kendati demikian, fitur ACC ini belum dilengkapi dengan fitur Low Speed Follow yang mampu membantu mengurangi kecepatan bahkan menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak pedal rem dan menjalankan mobil kembali tanpa harus menginjak pedal gas.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top