Posisi Duduk yang Dianjurkan Ketika Mengemudi

31/01/2018

Pengemudian
Share this post:
Posisi Duduk yang Dianjurkan Ketika Mengemudi
Masalah punggung menjadi salah satu masalah yang ditemui pada pengemudi mobil, terlebih untuk mereka yang berprofesi sebagai sopir. Posisi duduk yang baik pada mobil bisa mengurangi kemungkinan terjadinya masalah pada punggung anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh British Chiropractic Association, 40% orang mengatakan bahwa duduk memperparah sakit punggung atau leher mereka. Pastikan anda mengemudi dengan posisi duduk yang baik untuk meminimalisir masalah ini. Cintamobil akan menjelaskan tentang bagaimana posisi duduk mempengaruhi kesehatan anda.

1. Kenyamanan dalam berkendara

Ketika berkendara, kenyamanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi mood dan fokus mengemudi. Tetapi, ketika pengemudian berlangsung dengan sangat nyaman, anda bisa kehilangan fokus dan meningkatkan resiko datangnya kantuk yang berlebihan. Ada garis tipis antara mengemudi dengan nyaman dan tidak nyaman atau terlalu nyaman.

Gambar yang menunjukkan hasil ronsen pada manusia yang sedang mengemudi

Posisi duduk yang salah mempengaruhi masalah pada tubuh

Apa yang bisa dilakukan pengemudi untuk memastikan mereka duduk dengan nyaman? Mengemudi dengan nyaman pertama kali dimulai dari bagaimana cara anda duduk di belakang kemudi. Apa pun mobilnya, kenyamanan dalam mengemudi ditandai dengan kenyamanan dalam duduk.

>>> Baca juga Tips mengemudi yang aman bagi wanita hamil

Robin Page, Wakil Presiden Desain Interior dari Volvo mengatakan bahwa sangat penting bagi anda untuk menyempurnakan posisi mengemudi anda agar sesuai dengan postur tubuh anda.

 “Kenyamanan kursi paling baik dicapai dengan distribusi berat dan dukungan tubuh yang benar, dan kemampuan untuk melakukan penyesuaian jika anda merasa perlu untuk mengubah posisi.” jelasnya.

2. Posisi duduk yang baik

Semua ahli merekomendasikan bahwa pengemudi seharusnya mempunyai tempat duduk yang ditarik cukup jauh ke depan. Hal ini membuat mereka bisa menjangkau bagian pedal kopling sambil tetap mempertahankan sedikit lekukan pada lutut. Sandaran kursi harus dimiringkan sedikit. Lalu, saat memutar kemudi, bahu anda harus tetap melakukan kontak dengan tempat duduk anda.

Seorang wanita yang sedang berada di belakang kemudi mobil

Biasakan menggunakan posisi yang nyaman ketika mengemudi

Untuk menyesuaikan posisi duduk ketika mengemudi, beberapa langkah yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Dorong bagian pantat anda dekat dengan sandaran. Jarak dari tempat duduk ke pedal harus disesuaikan sehingga bagian lutut sedikit tertekuk saat pedal ditekan sepenuhnya.
  • Istirahatkan bahu semaksimal mungkin ke sandaran kursi. Atur sandaran sehingga roda kemudi mudah dijangkau dengan siku yang agak bengkok. Kontak bahu juga harus dijaga pada saat roda kemudi diputar.
  • Tetapkan ketinggian jok setinggi mungkin. Hal ini untuk memastikan anda bisa mendapatkan pandangan yang jelas pada jalan dan semua display pada panel dashboard.
  • Atur bantalan kursi sedikit miring sehingga mudah untuk menekan pedal.
  • Paha harus beristirahat dengan lembut di bantalan kursi tanpa menekannya. Periksa sandaran sebelum menghidupkan mesin.

Gambar yang menunjukkan beberapa posisi duduk yang benar dan salah dalam mengemudi

Contoh posisi duduk yang baik ketika mengemudi

  • Sesuaikan bantalan kursi sehingga paha bisa menempel di atasnya sampai tepat di depan lutut. Untuk praktisnya, harus ada jarak antara dua sampai tiga jari antara tepi kursi dan lutut.
  • Sesuaikan tepi bagian atas headrest sampai ketinggian yang sama dengan bagian atas kepala. Jarak sandaran ke kepala cukup 2 cm.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Untuk kenyamanan berkendara, posisi duduk ketika mengemudi merupakan prioritas utama dalam berkendara. Karena itu, ketika anda ingin berkendara, terlebih jika anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh, perhatikan bagaimana posisi kedudukan kursi anda. Dengan kursi mengemudi yang pas, anda bisa mendapatkan kenyamanan yang menenangkan.

Berikut cara mengatur posisi duduk yang disarankan ketika mengemudi

Share this post: