Posisi Ban Yang Benar Saat Parkir Di Jalan Menurun Dan Menanjak

30/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Posisi Ban Yang Benar Saat Parkir Di Jalan Menurun Dan Menanjak
Bagi Anda yang sering menggunakan mobil pastinya tahu kalau parkir mobil tak selalu berada di jalanan datar. Kadang kala parkir di jalan menurun atau menanjak. Lalu bagaimana posisi ban yang benar?

Gambar ban mobil sedang diparkir

Parkir mobil tak selalu di tempat datar, kadang di turunan kadang di tanjakan

Biasanya para pengemudi mengarahkan posisi ban lurus ke depan saat parkir di tempat datar. Namun, di jalan menurun dan menanjak cara seperti itu tidak disarankan.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, cara parkir di jalan menurun dan menanjak adalah mengarahkan posisi ban sedikit berbelok. Selain untuk menambah daya cengkeram ban cara ini dipakai untuk meminimalkan risiko kendaraan nyelonong melaju sendiri.

Saat parkir di jalan menurun disarankan posisi ban mengarah ke objek tak bergerak di sebelah kiri seperti trotoar, gundukan atau mungkin pepohonan. Tapi kalau sebelah kiri adalah tebing atau kali, lebih baik tidak diarahkan ke kiri.

>>> Tutorial 5 Menit Parkir Mobil Mundur

Gambar mobil parkir di turunan

Arahkan ban ke kiri saat parkir di turunan

Sebaliknya, bila parkir di jalan menanjak disarankan untuk mengarahkan posisi ban ke kanan dan gunakan rem tangan.

Akan lebih aman lagi bila mobil telah memiliki fitur Hill Hold Control (HHC). Fitur ini akan menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan. Saat menanjak atau menurun dari posisi diam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas, sehingga mobil tidak akan langsung meluncur turun.

So, kalau Anda berdomisili di daerah yang memiliki kontur jalan menanjak dan menurun seperti di daerah pegunungan, penting untuk mempertimbangkan punya mobil yang memiliki fitur Hill Hold Control (HHC) tersebut agar lebih aman.

>>> Perkembangan Teknologi Parking Assist, Mulai dari Sensor Bunyi Hingga Parkir Assist Aktif

Fitur Hill Hold Control pada mobil

Fitur Hill Hold Control menahan mobil dari meluncur sendiri saat parkir di tanjakan dan turunan

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top