Porsche Siap Mencegah Mabuk Kendaraan dengan Menggunakan Teknologi VR

19/07/2019
Bagi Anda yang merasa mudah mabuk kendaraan, tak usah takut lagi. Saat ini, Porsche bersama dengan startup Holoride sedangkan mengembangkan teknologi Virtual Reality untuk mencegah mabuk kendaraan.

Beberapa dari Anda yang pernah menggunakan headset Virtual Reality (VR), tentunya pernah merasakan sensasi mabuk darat ketika menggunakan teknologi tersebut. Tapi anehnya, Porsche menggunakan teknologi VR pada bagian belakang kursi mobil untuk menghindari mabuk kendaraan dan sebagai sistem hiburan di masa depan.

seorang anak berbaju putih yang sedang mabuk kendaraan
Porsche mengembangkan teknologi VR untuk mencegah mabuk kendaraan

Sebagaimana dijelaskan oleh Carscoop, Porsche menyebut bahwa teknologi ini “secara signifikan mengurangi gejala mabuk kendaraan.” Porsche mengungkapkan bahwa mereka sedang mengembangkan proyek ini bersama Holoride, sebuah perusahaan startup, untuk memberikan peluang bagi penumpang di belakang mengunjungi dunia realitas virtual selama mengemudi.

>>> Kenali Cara Kerja Teknologi Cruise Control agar Berkendara Makin Nyaman

Headset VR ini memiliki sensor dan dipasangkan ke dalam mobil sehingga dapat beradaptasi dengan pergerakan kendaraan secara real time. Ketika Anda sedang melewati tikungan, realitas virtual yang ditampilkan juga akan berganti arah.

pengemudi belakang yang sedang memainkan game virtual reality 
Pengemudi belakang bisa menggunakan teknologi VR Porsche

Tapi bukan hanya untuk mencegah mabuk kendaraan, namun Porsche diketahui sedang mengembangkan teknologi ini sebagai sistem hiburan bagi penumpang di belakang. Sistem ini bisa menampilkan video. Anda juga bisa menyesuaikan durasi VR dengan perkiraan berapa lama Anda berada di jalan.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

“Dimensi baru untuk hiburan dalam mobil dibuka oleh Holoride”, kata Project Manager untuk Smart Mobility di Porsche, Anja Mertens. “Pendekatan pabrikan-independen meyakinkan kami sejak awal dan, selama beberapa minggu terakhir, tim telah membuktikan apa yang dapat dilakukan teknologi ini. Kami menantikan untuk mengambil langkah selanjutnya bersama."

Teknologi ini sedang berada dalam tahap pengujian. Tetapi startup yang juga pernah bekerjasama dengan Audi untuk mengembangan VR pada semua model Audi ini bertujuan untuk menggunakan headset VR di kursi belakang mobil produksi Porsche dalam tiga tahun ke depan. Sampai saat ini, sistem ini bisa dilihat pada Startup Autobahn Expo Day di Wagenhallen Stuttgart.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik disini

penumpang di baris belakang yang sedang memainkan game
Porsche juga akan menggunakan teknologi VR sebagai fitur infotainment

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berjalan-jalan ke Jerman akhir tahun ini, Anda juga bisa melihat teknologi ini. Porsche dan Holoride dipastikan akan mendemonstrasikan sistem ini pada Frankfurt Motor Show pada 20 September mendatang. Tertarik mencobanya?

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain