Ponsel, Salah Satu Pemicu Kebakaran di SPBU?

08/04/2019

Pengemudian
Share this post:
Ponsel, Salah Satu Pemicu Kebakaran di SPBU?
Selama berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kita sering menjumpai berbagai larangan, seperti dilarang merokok dan dilarang mengoperasikan ponsel. Bagiamana prosesnya hingga akhirnya smartphone yang kita miliki menjadi salah satu pemicu kebakaran di SPBU?

Aturan dibuat untuk dipatuhi. Pelarangan beberapa aktivitas selain merokok, seperti mengoperasikan ponsel serta memotret tentu ada tujuannya, yakni menghindari pemicu kebakaran yang bersumber dari radiasi perangkat elektronik.

Telah banyak kita jumpai video tentang pemicu kebakaran di SPBU yang bersumber dari ponsel, seperti di bawah ini. Terjadi ledakan pada salah satu pom bensin di kawasan Penang, Malaysia. Menurut beberapa pihak, kejadian tersebut dipicu oleh ponsel yang dipakai dua penumpang saat mobil tengah diisi bahan bakarnya. Beruntung api langsung bisa dipadamkan tak lama berselang.

>>> Baca juga: Beli BBM harus pakai perhitungan

Lantas, bagaimana prosesnya hingga ponsel mampu memantik nyala api?

1. Sinyal + Uap Pekat

Gambar menunjukkan orang mengisi bensin sendiri

Pernah melihat uap saat mengisi bensin?

Dikutip dari makalah ilmiah Risk, Rumour and Precaution: The Myth of Mobiles Causing Petrol Station Explosion karya Adam Burgess dari University of Kent, sinyal ponsel mengeluarkan radiasi yang berpotensi memicu percikan api. Pun demikian, hampir mustahil bagi kita untuk melihatnya mengingat bentuknya terlalu kecil.

Risiko kebakaran semakin besar saat kita mengoperasikannya, baik menelpon atau sekadar membalas pesan pribadi. Ditambah dengan pekatnya udara di sekitar lubang tangki (terlihat dari uap yang keluar), bukan tidak mungkin kejadian di Penang tersebut bisa menimpa kita.

Masih dari penelitian yang sama, beberapa SPBU di Inggris lebih memilih mencegah kebakaran meski belum pernah menjumpai kasus tersebut, seperti pom bensin Tesco di Faversham membeberkan alasan serupa dengan contoh di atas, yakni uap pemicu nyala api.

>>> Sedang mencari mobil pilihan? Cintamobil.com punya daftarnya!

2. Pendapat Lain: Listrik Statis

Gambar menunjukkan ilustrasi sederhana listrik statis

Siapa yang pernah melakukannya pas sekolah?

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

Beberapa pihak menilai ponsel bukan menjadi salah satu pemicu kebakaran di SPBU. Adalah listrik statis antara kulit dengan bodi mobil yang menjadi penyebab kobaran api. Beberapa dari kita pernah tersetrum saat memegang pintu di tempat umum. Itulah salah satu contoh akibat dari gesekan antara muatan positif (proton) dan negatif (elektron).

Hal tersebut rupanya bisa memantik nyala api dari uap. Dikutip dari kanal Your Discovery Science, lebih baik kita tidak menyentuh bodi selama proses pengisian bensin berlangsung. Pastikan kita tidak membuka-tutup mobil, karena dikhawatirkan akan menjadi pemicu kebakaran.

Apapun pendapat tentang pemicu kebakaran di SPBU, lebih baik kita patuhi aturan demi keselamatan semua orang. Lagipula proses mengisi bensin relatif singkat, jadi aktivitas yang berhubungan dengan gawai bisa ditunda sementara waktu. 

>>> Baca berbagai tips otomotif lainnya di Cintamobil.com!

Share this post:

Berita lain

Solusi Jika Kehabisan BBM di Tengah Jalan dan Jauh dari SPBU

04/03/2019

Pengemudian

4 menit

Memiliki kendaraan bermotor memang dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satunya adalah melakukan perjalanan yang jauh. Tapi bagaimana jika ternyata Anda kehabisan BBM di tengah jalan sedangkan letak SPBU masih jauh?

Lihat juga

Hadirkan One Stop Shopping, BP dan AKR Buka Proyek SPBU Jangka Panjang di Indonesia

17/02/2019

Pasar mobil

Indonesia kedatangan muka baru dalam bisnis ritel SPBU. British Petroleum (BP) menggandeng AKR untuk menghadirkan bahan bakar dan pelumas berkualitas dengan membuka empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia.

Lihat juga

Yang Perlu Diketahui Tentang Kapasitas Tangki Bensin

Setiap mobil pasti memiliki kapasitas tangki bensin yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kapasitas tangki bensin, pengemudi dapat menentukan jarak tempuh, waktu pengisian, dan biaya yang dibutuhkan untuk mengisi ulang tangki bahan bakar.

Lihat juga

Alasan Tangki Bensin Tidak Boleh Dibiarkan Kosong

Sering membiarkan tangki bensin hampir kosong ketika sedang berkendara? cintamobil.com menyarankan untuk menghilangkan kebiasaan ini. Mengapa demikian? Begitu banyak potensi resiko yang terjadi ketika anda masih sering membiarkan tangki bensin hampir kosong.

Lihat juga

Review All New Chevrolet Captiva 2019

03/04/2019

Editor rate:

Setelah men-discontinue generasi pertamanya, Chevrolet kembali menghadirkan wajah baru Captiva pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019, 26 Maret-4 April 2019. Karena bodi mobil nampak tidak asing, Cintamobil.com tertarik untuk mereviewnya.

Lihat juga
 
back to top