Pilihan Transmisi Saat Belajar Mobil, Matic Atau Manual?

10/05/2019

Pengemudian
Share this post:
Pilihan Transmisi Saat Belajar Mobil, Matic Atau Manual?
Saat ini penggunaan mobil transmisi otomatis di perkotaan mulai marak. Namun, bagaimana untuk yang baru memulai belajar, mana pilihan transmisi saat belajar mobil yang lebih ideal?

Ya, kedua pilihan transmisi saat belajar mobil mempengaruhi bagaimana kita mengendarai mobil, dan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Transmisi otomatis cukup memanjakan penggunanya, termasuk saat belajar mobil. Anda tidak dipusingkan dengan bagaimana mengatur bukaan kopling, oleh karena itu transmisi otomatis dianggap lebih relevan saat ini karena kemudahan yang ditawarkannya.

Di sisi lain, tak ada salahnya jika belajar dengan transmisi manual. Transmisi ini masih banyak digunakan karena menawarkan sensasi mengemudi yang sesungguhnya, khususnya bagi para pria. Anda pasti sering melihat stiker “Real man use three pedals” di kaca mobil, bukan? Ya, salah satu daya tarik transmisi manual adalah pengendalian mobil yang lebih luas, dan sensasi berkendara yang tak bisa ditawarkan oleh transmisi otomatis. 

Masih bingung menentukan pilihan transmisi saat belajar mobil? Matic atau manual, simak penjabarannya di bawah ini.

Transmisi Otomatis

Chevolet Camaro ZL1 transmisi otomatis

Dengan mobil matic, yang perlu anda pahami hanyalah fungsi posisi tuas P, R, N, dan D

Transmisi otomatis merupakan sistem perpindahan gigi kendaraan yang diatur oleh komputer, maka tidak memerlukan pedal kopling untuk perpindahan gigi. Transmisi ini terbagi menjadi dua jenis, yakni semi otomatis dan otomatis, yang memberikan kemudahan dalam berkendara.

Transmisi otomatis memiliki beberapa jenis, yakni model torque converter, yang terdiri dari 4 hingga enam 6 kecepatan. Automatic triptonic yang bisa dioperasikan dengan paddle shift yang ada di setir mobil, serta Continously Variable Transmission (CVT) yang sistem kerjanya sama seperti motor matic.

Namun, anda tak perlu pusing-pusing mencari perbedaan antara ketiganya, khususnya untuk yang baru belajar mobil. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memahami posisi tuas, yakni P untuk Parking, N untuk Netral, R untuk Reverse atau mundur, dan D untuk maju.

Tentu, kenyamanan belajar mobil dengan transmisi otomatis sangat baik, apalagi jika harus berjibaku dengan kemacetan, tidak adanya kopling membuat kerja kaki lebih ringan, membuatnya tak mudah pegal dan capek. Tak heran, mobil otomatis menjadi pilihan masyarakan perkotaan.

Pun demikian, transmisi matic juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah sulitnya melewati medan yang curam, seperti pegunungan yang membutuhkan tenaga untuk menanjak. Memang, ada mode L atau gigi rendah yang digunakan untuk menanjak, namun kemampuannya tak sebaik mobil manual.

Kelemahan lainnya adalah putaran mesin yang terasa lebih berat, alhasil konsumsi bahan bakar lebih boros ketimbang manual. 

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Transmisi Manual

Transmisi manual Chevrolet Corvette

Transmisi manual dapat mengasah feeling dan skill mengemudi Anda lebih baik ketimbang matic

Transmisi favorit generasi 90-an, hal ini dikarenakan saat itu mobil otomatis kurang populer. Penyebabnya adalah stigma yang menganggap mobil matic identik boros bahan bakar, selain biaya perawatan yang mahal tentunya.

Untuk belajar mobil transmisi jenis ini, Anda harus memainkan pedal kopling dan gas saat melakukan perpindahan gigi. Namun, hal ini justru mengasah feeling dan skill mengemudi Anda.

Banyak orang yang grogi saat belajar mengemudi dengan mobil manual karena kurang tepatnya input kopling dan gas, alhasil mobil kerap tersendat dan mati sendiri. Memang perlu pembiasaan, namun seiring berjalannya waktu rasa grogi hilang dengan sendirinya, dan Anda bisa mengendarai mobil manual dengan halus.

Jika berbicara soal keamanan, mobil bertransmisi manual dinilai lebih aman. Hal ini dikarenakan pengemudi memiliki kontrol lebih terhadap manuver-manuver kendaraan dibandingkan dengan transmisi matic. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan kecepatan yang diinginkan saat belajar dengan transmisi manual.

Salah satu kelemahan manual adalah kenyamanan dalam pengendaraanya, terlebih saat berada di kemacetan. Anda tentu harus lebih sering memainkan kopling, yang tidak sepraktis mobil otomatis.

>>> Semua tips mengemudi yang aman bisa Anda dapatkan di sini

Pilih mana?

Ngebut dengan mobil McLaren F1

Pilihan transmisi saat belajar mobil dapat disesuaikan dengan kondisi jalan dan jenis mobil

Menurut kami, pilihan transmisi saat belajar mobil ada baiknya disesuaikan dengan kondisi jalan dan jenis mobil yang akan anda gunakan sehari-hari.

Jika Anda tinggal di tengah perkotaan, dan tidak sering melakukan perjalanan ke medan-medan yang cukup curam dan menggunakan mobil kecil semisal city car, kami rasa transmisi otomatis akan lebih cepat dan praktis saat belajar mobil.

Namun untuk Anda yang ingin benar-benar mendalami skill dan feeling mengendarai mobil, atau yang sering melewati jalan-jalan curam, atau berhasrat memacu mobil sport, manual adalah pilihan terbaik saat belajar mobil.

Berikut tips pilihan transmisi saat belajar mobil  dari kami, semoga dapat membantu Anda yang sedang bingung memilih metode belajar mobil.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Boss Lamborghini Ungkap Alasan Tidak Ada Lagi Lamborghini Bertransmisi Manual

08/05/2019

Mobil baru

Porsche adalah salah satu dari sedikit pembuat mobil yang berhasil menjual banyak mobil sport manual, seperti 911. Tetapi mengapa Lamborghini bertransmisi manual disebut tidak akan muncul dalam waktu dekat? CEO Lamborghini sendiri mengungkapkan alasannya.

Lihat juga

Viral Tagar #SaveTheManuals, Ada 5 Keuntungan Transmisi Manual

18/03/2019

Jual beli

Media sosial sempat ramai bahkan sempat viral dengan tagar #SaveTheManuals untuk mobil dengan transmisi manual. Ternyata ada 5 keuntungan mobil dengan transmisi manual.

Lihat juga

GM Powerglide & Turbo-Hydramatic, Transmisi Otomatis Tertua Dan Tersukses Di Dunia

27/03/2019

Pengemudian

Meski kuno, GM Powerglide & Turbo-Hydramatic masih dipercaya para petrolhead sebagai transmisi otomatis untuk keperluan harian dan motorsport, bahkan hingga kini

Lihat juga

Wajib Tahu, Perbedaan Fungsi D, D1, D2, dan D3 pada Mobil Matic

09/09/2018

Pengemudian

6 menit

Pengemudi mobil matic biasanya kenal dengan sistem D, N, R, dan P. Namun apakah Anda juga tahu perbedaan fungsi D, D1, D2, dan D3 pada mobil matic?

Lihat juga

Bagi Pengguna Transmisi Otomatis, Berikut Cara Gunakan Fitur Shift Lock Saat Parkir Paralel

06/05/2019

Pengemudian

Banyak pemilik mobil dengan transmisi otomatis yang belum paham dengan fitur shift lock. Padahal fitur ini sangat membantu dalam memudahkan ketika Anda ingin parkir paralel.

Lihat juga
 
back to top