Perusahaan Mobil Kembangkan Teknologi untuk ‘Berbicara’ dengan Lampu Merah

07/11/2018
Tak perlu lagi menunggu lampu merah. Pasalnya, perusahaan mobil saat ini sedang mengembangkan teknologi mobil yang bisa ‘berbicara’ dengan lampu merah. Bagaimana caranya?

Dilansir dari CNN, perusahaan mobil terkemuka seperti Volkswagen, Honda, Ford, hingga BMW telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan kendaraan untuk ‘berbicara’ dengan lampu merah dalam upayanya mengurangi kemacetan, menurunkan emisi, hingga mengurangi kecelakaan di jalanan.

Volkswagen telah bekerja sama dengan Siemens untuk membuat teknologi ini menjadi kenyataan. Sistem ini akan menggunakan WiFi sebagai sensor untuk menghasilkan data posisi yang lebih akurat dibandingkan GPS. Selanjutnya, sistem akan membantu pengemudi menghindari berhenti di lampu merah dan membantu mengurangi emisi yang tinggi disebabkan lalu lintas stop-and-go.

Gambar yang menunjukan teknologi berbicara dengan lampu merah

Teknologi ini membuat mobil ‘berbicara’ dengan lampu merah

Untuk mengembangkan teknologi ini, kedua perusahaan telah menyiapkan bagian jalan di Wolfsburg dengan 10 sistem sinyal lalu lintas untuk mengirimkan informasi tentang fase perjalanan kendaraan dan lampu lalu lintas. Pabrikan mobil mengatakan bahwa sistem bisa memberitahu pengemudi terlebih kendaraan swakemudi untuk menyesuaikan mendapatkan lampu hijau.

>>> Simulasi Ini Bisa Menekan Kemacetan, Kenapa Tidak Digunakan di Indonesia?

"BMW memiliki counter, yang menghitung mundur '5 - 4 - 3 - 2 - 1 detik' ke hijau, sementara Mercedes mengatakan 'jika Anda berkendara antara 32 dan 52 kilometer per jam, Anda akan mendapatkan [lampu] hijau," jelas Franz Schober dari Siemens Connected Mobility System. Volkswagen dan Siemens juga menggunakan sensor ini untuk mendeteksi pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Teknologi ini juga bisa membantu meningkatkan keamanan dan mengirimkan informasi tentang kondisi lalu lintas langsung kepada pengemudi. Pembuat mobil Jerman berencana untuk mulai memperkenalkan teknologi baru ini ke dalam kendaraan yang akan diproduksi 2019 mendatang.

>>> Dapatkan berbagai tips mengemudi di jalan raya lainnya hanya di sini

Gambar yang menunjukan teknologi Ford

Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi pesepeda

Meskipun di lain pihak, Honda telah memamerkan teknologi “smart intersection” di Ohio. Honda telah melakukan pratinjau pada empat kamera yang dipasang di setiap sudut persimpangan, menciptakan padangan 360 derajat. Informasi yang dikumpulkan oleh kamera akan dikirim ke kendaraan dengan teknologi connected-car ke komputer on-board di dalam mobil.

>>> Tertarik membeli mobil baru terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Lebih jauh lagi, Ford telah meluncurkan teknologi yang memungkinkan mobil berkomunikasi satu sama lain ketika melewati persimpangan jalan. Pengemudi disarankan untuk menambah kecepatan atau memperlambat kendaraan untuk menghindari tabrakan. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka mengambil inspirasi dari bagaimana pejalan kaki bergerak.

Gambar yang menunjukan Smart Intersection dari Honda

Tanpa lampu merah, ini teknologi ‘Smart Intersection’ dari Honda

Untuk saat ini, memang masih belum jelas kapan teknologi bisa membuat mobil ‘berbicara’ dengan lampu merah seutuhnya. Namun jika teknologi ini sudah pasti dan sempurna, tidak ada lagi menunggu hingga 5 menit ketika terburu-buru menuju kantor di pagi hari.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain