Persiapan Mudik: Tips Menghindari Kantuk Saat Berkendara Ketika Berpuasa

23/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Persiapan Mudik: Tips Menghindari Kantuk Saat Berkendara Ketika Berpuasa
Bulan Ramadhan sering kali membuat tubuh menjadi lemas dan ngantuk berat karena kondisi tubuh yang tak mendapatkan asupan selama kurang lebih 14 jam. Terlebih bagi pengemudi jarak jauh, menghindari kantuk saat berkendara ketika berpuasa menjadi salah satu tantangan tersendiri.

Meski mengantuk saat berpuasa adalah hal yang biasa, namun jika ini dibiarkan tanpa adanya tindakan tentu akan mengganggu dan menurunkan kualitas kinerja dan aktivitas Anda sehari-hari. Terlebih jika mengantuk saat berkendara, tentunya hal ini sangat membahayakan, untuk diri sendiri maupun orang lain. Berikut beberapa tips menghindari kantuk saat berkendara ketika berpuasa:

1. Hindari makan berat saat sahur

Gambar yang menunjukan makanan empat sehat dan lima sempurna

Hindari makanan berat mengandung karbohidrat tinggi

Cara pertama untuk menghindari ngantuk di bulan puasa yaitu dengan cara menghindari makanan berat saat sahur. Makanan berat yang kaya akan karbohidrat akan membuat tubuh bekerja lebih untuk memproses zat tersebut, akibatnya tubuh akan menjadi lebih mudah lelah dan gampang ngantuk.

2. Membuat jadwal tidur agar badan cukup istirahat

Gambar yang menunjukan seorang laki-laki yang sedang tidur di kasur berwarna putih

Usahakan waktu tidur yang cukup ketika akan melakukan perjalanan jauh

Di bulan Ramadhan, tidak hanya pola makan saja yang berubah, namun jadwal tidur juga mengalami perubahan pada bulan ramadhan. Banyak orang yang kurang tidur di bulan Ramadhan, salah satu penyebabnya adalah karena diharuskan bangun sangat pagi untuk sahur. Akibatnya, orang sering kali merasa ngantuk di siang harinya. Untuk mengatasi hal ini Anda harus mulai kembali membuat jadwal istirahat Anda agar kebutuhan istirahat terpenuhi. Setidaknya istirahat 8 jam sehari  untuk memenuhi kebutuhan istirahat tubuh Anda.

>>> Tips penuh berkah berkendara ketika berpuka puasa

3. Manfaatkan jam istirahat untuk memejamkan mata

Gambar yang menunjukan seorang sopir yang sedang tertidur di kursi pengemudi

Usahakan sediakan waktu untuk tidur sebentar

Disela-sela kesibukan, Anda bisa memanfaatkan jam istirahat  untuk memejamkan mata. Hari biasa yang biasanya anda gunakan untuk makan siang, pada bulan puasa anda ganti dengan memejamkan mata. Walaupun hanya beberapa menit saja, namun hal itu dapat membuat mata Anda kembali segar dan terhindar dari rasa kantuk saat pulang dari kerja nanti. Menurut penelitian, beristirahat bisa mengembalikan fokus dalam bekerja.

4. Perbanyak minum air putih

Gambar yang menunjukan seseorang yang sedang menuangkan air putih ke dalam gelas

Jaga asupan air putih untuk menjaga kondisi selama perjalan

Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda buka puasa hingga sahur cukup untuk membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga tubuh tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.

>>> Perhatikan tips mengemudi lainnya disini

5. Usahakan berwudhu sebelum berkendara

Gambar yang menunjukan seorang pria yang sedang berwudhu

Bersentuhan dengan air bisa menghilangkan kantuk

Langkah selanjutnya terhindar dari rasa ngantuk yaitu anda berwudhu terlebih dahulu sebelum Anda berkendara. Meskipun tidak minum, bersentuhan dengan air akan membuat tubuh kembali segar dan menghindarkan kantuk seketika. Selain membuat anda menjadi segar, berwudhu juga merupakan ibadah. Jadi usahakan berwudhu sebelum  berkendara agar lebih tenang.

Demikianlah beberapa tips menghindari kantuk saat berkendara ketika berpuasa selama bulan Ramadhan untuk persiapan mudik tahun ini. Puasa bukan menjadi alasan Anda untuk bermalas-malasan, meskipun berpuasa tubuh harus tetap segar menjalankan berbagai aktivitas. Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. 

>>> Tips dan trik otomotif lainnya menunggu Anda disini

Share this post:
 
back to top