Persiapan Mudik Lebaran dengan Pasang Roof Rack, Perhatikan Hal Berikut!

16/03/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Persiapan Mudik Lebaran dengan Pasang Roof Rack, Perhatikan Hal Berikut!
Pasang Roof rack bisa jadi alternatif menambah ruang penyimpanan barang. Namun, pahami dulu hal penting berikut agar tidak timbul dampak buruk setelahnya!

Idealnya barang bawaan penumpang bisa dibawa menggunakan mobil dengan dimasukkan ke dalam bagasi. Hanya saja karena barang bawaan yang terlalu banyak atau bagasi yang terlalu kecil, penumpang butuh ruang tambahan, dan ide untuk pasang roof rack bisa menjadi alternatif.

Foto menunjukkan bagasi mobil penuh dengan barang bawaan

Perlu alternatif penyimpanan yang lain agar bisa memuat lebih banyak barang bawaan

Tips memasang Roof Rack pada mobil

Sesuai namanya, roof rack adalah rak penyimpanan yang diletakkan di bagian luar atap mobil. Area ini dipilih karena cukup luas dan tidak mengganggu kenyamanan para penumpang. Meski demikian, Anda yang kepikiran pasang roof rack untuk ruang tambahan barang bawaan Anda tidak boleh melakukannya secara asal. Anda harus mempertimbangkan banyak hal untuk meminimalkan risiko buruk di kemudian hari.

1. Pilih Roof Box

Meletakkan barang bawaan di atas atap berpengaruh terhadap aerodinamika mobil. Mobil bisa limbung jika pemasangannya kurang pas dan menimbulkan hambatan angin. Mengantisipasi hal ini, ada baiknya Anda memilih roof rack dengan boks atau biasa disebut roof box. Piranti tambahan ini sudah didesain sedemikian rupa oleh produsennya sehingga lebih aman dan tidak menimbulkan gangguan aerodinamis berlebihan.

>>> Sebelum Pasang, Kenali Dulu Jenis Roof Box Mobil

Foto menunjukkan Roof Box merek Rhino Rack

Roof Box, lebih aman untuk penyimpanan barang di atap mobil

2. Jangan melebihi beban maksimal

Masing-masing mobil memiliki struktur atap yang berbeda satu dengan yang lain. Begitu juga dengan roof box yang dijual di pasaran juga memiliki batas beban. Jadi, pastikan barang bawaan tidak melebihi batas beban maksimal baik beban bagi atap maupun beban maksimal roof box.

3. Perhatikan kondisi atap

Perhatikan juga apakah kondisi atap layak untuk Anda pasang roof rack, meliputi ketersediaan roof rail dan kondisi fisik dari atap mobil itu sendiri. Pastikan tidak ada keropos sehingga pemasangan roof rack bisa maksimal dan sempurna.

>>> Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Roof Rail Mobil

Foto menunjukkan Roof rack Renaul Triber

Kondisi atap harus baik agar pemasangan roof rail dan roof box tidak berdampak buruk

4. Pilih material terbaik

Roof rack rentan terhadap kerusakan mengingat posisinya yang terpapar langsung sinar matahari dan hujan. Jadi, pertimbangkan memilih roof rack dan roof box dengan material terbaik.

  • Pilih yang berbahan dasar plastik karena lebih tahan terhadap perubahan cuaca.
  • Pilih yang bobotnya kurang dari 10 kilogram sehingga tidak terlalu membebani mobil.
  • Bila perlu pilih yang sudah dilengkapi lapisan pelindung sinar UV sehingga lebih tahan lama terpapar sinar matahari terus menerus.

5. Pasang dengan teliti

Jika mobil memiliki roof rail, roof rack bisa langsung dihubungkan menggunakan baut atau dengan cara dijepit. Tapi kalau tak ada roof rail, sebaiknya Anda pasang dulu roof rail (bisa dibeli di toko aksesoris mobil). Pemasangan harus dilakukan dengan teliti dan seksama agar tidak terjadi efek buruk yang tidak diinginkan seperti kebocoran atau terlepas dengan sendirinya.

>>> Cocok Buat Isi Libur Lebaran, Ini Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable

Foto menunjukkan slot kunci roof rack jenis jepit

Pemasangan lebih baik dilakukan bengkel spesialis yang sudah berpengalaman

Penempatan roof rack juga harus pas di posisi tengah, tidak menjorok terlalu ke depan atau justru terlalu mundur di belakang. Selain berpengaruh pada estetika, posisi yang tidak pas bisa menyebabkan gangguan aerodinamis mobil. Untuk lebih mudahnya, serahkan proses pasang roof rack pada bengkel spesialis terdekat yang memang sudah berpengalaman dan sangat ahli.

Kesimpulan: Inti dari semua pembahasan cintamobil.com di atas adalah menciptakan ruang penyimpanan tambahan yang aman dan tidak mengganggu keselamatan berkendara. So, perhatikan benar-benar hal tersebut!

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bukan Sekedar Bikin Keren, Ini Fungsi Sunroof Mobil Buat Kesehatan

07/01/2020

Pengemudian

5 menit

Fungsi sunroof mobil bukan sekedar biar kendaraan itu terlihat lebih mewah dan elegan, tapi juga baik buat kesehatan pengemudi maupun seluruh penumpang lho...

Lihat juga

Cari Monitor Kabin, Pilih Roof Monitor atau Headrest Monitor?

26/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Menentukan untuk pilih roof monitor atau headrest monitor haruslah dengan mempertimbangkan dimensi dari kabin mobil Anda sendiri serta tingkat kerumitan pemasangan dari monitor tersebut. Termasuk juga kesulitannya jika monitor akan dicabut saat sudah tidak dibutuhkan.

Lihat juga

Sebelum Pasang, Yuk Kenali Dulu Jenis Roof Box Mobil

17/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pemasangan bagasi tambahan seperti roof box memang menjadi solusi jitu saat harus membawa banyak barang ketika mudik Lebaran. Namun sebelum memasang bagasi tambahan ini, kenali dulu yuk jenis roof box yang ada dipasaran.

Lihat juga

Agar Tak Lekas Kusam, Berikut Tips Merawat Panoramic Roof

Panoramic roof menjadi salah satu fitur bergensi yang tak lagi dimonopoli oleh mobil premium. Namun dibalik tampilan yang elegan dan kenyamanan dalam menikmati pemadangan, jangan lupa pula untuk juga merawat kondisi panoramic roof agar tak mudah kusam

Lihat juga