Persiapan Membawa Hewan untuk Perjalanan Jauh Selama Mudik

13/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Persiapan Membawa Hewan untuk Perjalanan Jauh Selama Mudik
Mudik menjadi saat dimana penduduk Indonesia pulang kampu bersama keluarga. Tak hanya bersama keluarga besar, bahkan kadang ada yang membawa binatang peliharaan mereka. Meskipun masih sedikit yang mengetahui bagaimana cara membawa hewan untuk perjalanan jauh.

Ternyata, membawa hewan untuk perjalanan jauh membutuhkan beberapa persiapan. Tentunya, agar hewan peliharaan tidak mengganggu dan menyusahkan selama Anda mengemudi. Hingga saat ini, pengemudi di Indonesia masih kekurangan pengetahuan tentang bagaimana membawa hewan peliharaan di dalam mobil.

Dalam penelitian bersama yang dilakukan oleh Pusat Keamanan Hewan Peliharaan dibantu oleh Subaru of Amerika, ada beberapa tips yang diperlukan untuk membuat hewan peliharaan tetap nyaman selama berkendara, apalagi pengendaraan jarak jauh. Seperti yang diungkapkan oleh pendiri dan CEO Pet Safety, Lindsay Wolko.

Gambar yang menunjukan seekor kucing yang sedang duduk di dasbor mobil

Perhatikan bagaimana cara membawa hewan untuk perjalanan jauh

Wolko menjelaskan, "Mengikuti tips sederhana akan membantu meminimalkan risiko cedera jika terjadi kecelakaan dan dalam semua kasus, hewan peliharaan harus diamankan dengan benar untuk mencegah gangguan bagi pengemudi dan mencegah cedera serius pada hewan peliharaan dan penumpang kendaraan."

>>> Baca juga Peralatan yang dibutuhkan ketika membawa hewan peliharan mudik

Perhatikan tempat duduk hewan peliharaan

Sebagai permulaan, hewan peliharaan seharusnya tidak pernah naik di depan, di tempat pengemudi, dalam jenis apapun. Apakah itu anjing yang ingin menjulurkan kepalanya ke luar jendela atau kucing yang menggosokkan kepalanya ke badan pengemudi. Jangan pernah membiarkan anjing atau kucing naik ke pangkuan Anda saat mengemudi.

Jika hewan peliharaan akan berbagi kabin dengan anak-anak Anda, amankan anak-anak di baris kedua dan hewan peliharaan di baris ketiga. Sebaiknya, hindari mendudukkan hewan peliharaan dan anak-anak di kursi yang sama.

Gambar yang menunjukan seekor kucing yang sedang duduk di baris kedua pada kabin mobil

Pastikan hewan peliharaan Anda nyaman selama perjalanan

Namun, jangan biarkan hewan peliharaan duduk di lantai antara kursi baris kedua. Ketika terjadi kecelakaan, mereka bisa menjadi proyektil yang bisa terbang ke kaca depan bahkan bisa menyebabkan cedera yang lebih lanjut pada penumpang. Bahkan jika Anda mengendarai mobil dengan kucing yang tidak terikat, kebiasaan kucing yang suka berpindah dan tidak nyaman di satu tempat bisa menyusahkan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Tips melakukan perjalanan dengan hewan kesayangan

Jika perjalanan mudik kali ini Anda berencana untuk membawa serta hewan peliharaan di kendaraan Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Diantaranya adalah:

  • Periksa terlebih dahulu apakah hewan peliharaan Anda bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Apakah pulang ke rumah keluarga besar atau hotel, hewan peliharaan biasanya memiliki tingkat stress yang lebih besar ketika dibawa ketempat yang baru dikunjungi.
  • Tentukan apakah hewan peliharaan Anda sehat untuk berpergian, baik secara fisik atau perilaku. Menghabiskan berjam-jam terkurung di kendaraan bisa membuat hewan peliharaan gelisah. Terlebih, kebanyakan kucing tidak menikmati perjalanan mobil.

Gambar yang menunjukan seekor anjing yang mengeluarkan kepalanya dari jendela mobil

Meskipun sering kita lihat, membiarkan anjing mengeluarkan kepalanya sangat berbahaya

  • Beri makanan ringan pada hewan peliharaan sebelum bepergian dan sediakan air segar di sepanjang jalan untuk perjalanan yang lebih lama. Tapi pastikan untuk memberikannya ketika kendaraan berhenti untuk menanggulangi air yang tumpah selama perjalanan.
  • Bawalah tikar, tempat tidur, atau mainan favorit untuk membantu perjalanan menjadi tidak terlalu menegangkan bagi hewan peliharaan.
  • Jika perjalanan sangat panjang dan Anda bepergian dengan anjing, rencanakan untuk sering melakukan istirahat di sepanjang jalan. Pemilik kucing harus membwa kotak sampah untuk membuang ‘buangan’ peliharaan Anda.
  • Untuk keamanan, pastikan hewan peliharaan Anda mengenakan tag ID dengan nama, alamat, dan nomor telepon Anda jika dia terlepas ketika berhenti dan mengembara.

Berikut penjelasan ketika membawa hewan peliharaan Anda selama perjalanan jauh

Membawa hewan untuk perjalanan jauh tidak hanya membutuhkan persiapan lebih, tapi juga sedikit kesabaran selama perjalanan. Namun ika berkendara sendirian, hewan peliharaan bisa menjadi teman seperjalanan untuk mengatasi kebosanan. Tapi ingat, jangan biarkan hewan peliharaan Anda duduk di kursi depan yang mungkin bisa mengganggu perjalanan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top