Perpanjangan STNK Tanpa KTP? Bisa Kok, Ini Caranya!

11/06/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Perpanjangan STNK Tanpa KTP? Bisa Kok, Ini Caranya!
Jika ingin melakukan perpanjangan STNK tanpa KTP asli pemilik mobil ternyata bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan proses balik nama STNK. Bagaimana caranya?

Setiap kendaraan wajib memiliki dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian setempat. Diantaranya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Dan dokumen ini juga wajib di perpanjang bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan mengikuti anjuran yang sudah ditetapkan.

Untuk perpanjangan STNK dilakukan setiap setahun sekali, sementara BPKB diperpanjang setiap lima tahun sekali. Jika si pemilik mobil lalai untuk melakukan perpanjangan, maka siap-siap ada sanksi yang akan didapat dari pemilik mobil tersebut.

Walau begitu, demi mempermudah masyarakat untuk melakukan perpanjangan STNK dan pajak kendaraan bermotor, pihak kepolisian juga sebenarnya sudah memberikan beberapa opsi kemudahan cara. Diantaranya melalui Samsat online yang dapat diakses melalui aplikasi mobile.

Lalu bagaimana jika ingin perpanjangan STNK tanpa KTP pemilik kendaraan tersebut. Padahal syarat untuk memperpanjang STNK dan membayar pajak kendaraan bermotor satu diantaranya adalah KTP asli dan fotocopy dari pemilik kendaraan tersebut. Berikut ulasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com

1. Perpanjangan STNK Tanpa KTP Bisa!

STNK mobil

Untuk memperpanjang STNK tanpa KTP wajib dilakukan balik nama

Terkadang banyak pemilik kendaraan yang bingung saat masa pajak kendaraan bermotornya telah waktunya untuk diperpanjang. Hal tersebut lantaran mobil yang ia miliki dibeli dalam keadaan bekas pakai, dan pemilik kendaraan sebelumnya tidak bersedia meminjamkan KTP. Atau bahkan dokumen kendaraan sudah terblokir dari pemilik sebelumnya.

Kesulitan untuk mendapatkan KTP pemilik mobil ini yang kadang kala membuat seseorang bertindak melanggar hukum. Mulai dari menggunakan jasa calo untuk membantu memperlancar proses perpanjangan STNK, sampai memanipulasi KTP pemilik sebelumnya. Namun sebaiknya tindakan ini jangan sampai Anda tiru, karena merupakan satu bentuk tindakan kriminal dengan ancaman sanksi pidana dan denda.

Nah, ternyata untuk proses perpanjangan STNK tanpa KTP dari pemilik kendaraan tersebut bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan sistem balik nama. Balik nama bisa dilakukan dengan menggunakan nama Anda sendiri, atau nama anggota keluarga yang bisa dengan mudah Anda temui. Melalui cara ini Anda akan mendapatkan dokumen kendaraan baru yang sah.

>>> Apa yang perlu Anda lakukan jika STNK Rusak Kena Banjir?

2. Syarat Balik Nama STNK

STNK dan BPKB mobil

Siapkan dokumen wajib untuk proses balik nama STNK dan BPKB

>>> Cara Jitu Menghindari Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Untuk melakukan proses balik nama STNK dan BPKB kendaraan bermotor, Anda wajib menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Dokumen tersebut yaitu:

  • STNK asli
  • STNK fotocopy
  • KTP asli pemilik kendaraan yang baru
  • KTP fotocopy pemilik kendaraan yang baru
  • BPKB asli
  • BPKB fotocopy
  • Kuitansi pembelian mobil yang ditandatangani oleh penjual sebagai bukti jika kendaraan itu bukan barang curian

Semua dokumen ini ada baiknya dimasukkan dalam map atau tempat khusus sehingga tidak berserakan saat dibawa.

>>> Jika Anda masih bingung tentang cara balik nama STNK, mari simaklah panduan caranya di sini

3. Langkah-langkah Melakukan Balik Nama STNK

Kantor Samsat

Datang ke kantor Samsat sesuai domisili KTP untuk melakukan balik nama STNK

Ada beberapa langkah untuk melakukan balik nama dokumen kendaraan apabila perpanjangan STNK tanpa KTP pemilik sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Caranya yaitu:

a. Datang ke Samsat Terdekat

Pertama-tama Anda harus mendatangi kantor Samsat terdekat di lokasi yang sesuai dengan domisili KTP pemilik kendaraan yang baru. Misalnya KTP pemilik baru berdomisili di Bekasi, maka Anda wajib mendatangi kantor Samsat Bekasi. Karena nantinya perpanjangan STNK Bekasi juga harus dilakukan di gerasi Samsat ini. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan yang telah disiapkan ketika datang ke kantor Samsat, ya!

b. Kendaraan Wajib Dibawa

Ketika datang ke gerai Samsat, kendaraan yang akan dibalik nama STNK dan BPKB-nya wajib dibawa. Karena nantinya di kantor Samsat, kendaraan tersebut akan dilakukan cek fisik. Yaitu memeriksa Nomor Rangka, Nomor Mesin dan lainnya yang akan diinput sebagai data pada STNK dan BPKB yang baru.

>>> Simakalh tips dan trik mengemudi mobil lainnya di sini

c. Pendaftaran Balik Nama

Ketika cek fisik telah selesai, jangan lupa untuk minta bukti cek fisik yang sudah disahkan oleh pihak Samsat tersebut. Nantinya bukti cek fisik ini disatukan dengan dokumen persyaratan balik nama lainnya. Lalu serahkan semua persyaratan dokumen tersebut ke loket pendaftaran balik nama. Kemudian Anda tinggal menunggu sampai proses balik nama selesai. Jangan lupa juga untuk membayar beberapa biaya saat akan mengambil STNK baru yang sudah atas nama Anda. Yaitu:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB),
  • Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB),
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDDKLLJ),
  • Biaya administrasi sebesar Rp25 ribu,
  • Denda jika ada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan sebelumnya

d. Pengambilan STNK Baru

Setelah semua biaya tadi terbayar, maka STNK baru dengan nama Anda sudah bisa diambil. Sementara untuk BPKB biasanya membutuhkan beberapa hari kerja.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Apa Sih Arti Dari Berbagai Singkatan Di STNK?

02/02/2020

Jual beli

4 menit

STNK, atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, adalah dokumen kendaraan yang sangat penting sehingga harus Anda bawa tiap kali berkendara. Di dalamnya, terdapat beberapa singkatan yang tidak semua orang memahaminya. Apa sih maksudnya? Temukan jawabannya di artikel ini.

Lihat juga

Berlaku Mulai 2020, Pajak STNK Tidak Dibayar 2 Tahun Bakal Diblokir

31/12/2019

Pengemudian

3 menit

Sudah ditetapkan sesuai Undang-Undang, pajak STNK yang tidak dibayar selama 2 tahun bakal diblokir. Regulasi itu bakal diberlakukan mulai 2020 mendatang.

Lihat juga

Awas Tertipu, Kenali Ciri STNK dan BPKB Palsu

19/08/2019

Jual beli

5 menit

Ketika Anda membeli mobil bekas, perlu waspada untuk mengetahui ciri-ciri STNK dan BPKB palsu. Sedikit ketelitian diperlukan untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Hal ini agar Anda tidak rugi dikemudian hari.

Lihat juga

Ketahui Cara Dan Syarat Perpanjang STNK, Dijamin Lebih Mudah

16/12/2018

Pengemudian

Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) merupakan suatu dokumen penting yang harus selalu dibawa dan diperbarui setiap tahunnya. Menjawab hal ini Cintamobil.com ingin membahas tata cara serta syarat perpanjang STNK.

Lihat juga

Cara Menghitung Pajak dan Denda STNK

17/10/2017

Jual beli

STNK adalah bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika digunakan di jalan. STNK berisi identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi, dan masa belaku termasuk pengesahan. Jadi bagaimana cara menghitung pajak dan denda STNK?

Lihat juga