Perkembangan Teknologi Mesin 3 Silinder yang Makin Membuat Nyaman

18/05/2021

Pengemudian

5 menit

Teknologi nyaman mesin 3 silinder disertai dimensi lebih kompak, biaya produksi kompetitif, dan minim perawatan menjadikannya dapur pacu favorit masa kini

Sejalan dengan tuntutan soal efisiensi dan emisi yang semakin meningkat, mesin 3 silinder kembali menjadi pilihan utama bagi pabrikan mobil terutama untuk penerapan pada mobil-mobil kompak. Dukungan perangkat turbo dan sistem injeksi langsung membuat mesin triple silinder menghasilkan performa setara dengan mesin 4 silinder berkapasitas lebih besar.  Selain itu,  dimensi lebih kompak,  biaya produksi kompetitif, dan perawatan lebih mudah menjadi nilai jual unggulan mesin 3-silinder yang sarat dengan teknologi otomotif terkini.

Foto mesin B38 BMW

Kompak nan bertenaga jadi kelebihan mesin 3-silinder

Namun mesin dengan jumlah silinder ganjil secara otomatis menghasilkan getaran yang lebih kuat dibanding mesin yang memiliki silinder genap (semisal mesin 4 silinder). Secara sederhana, getaran ini muncul karena jumlah silinder yang ganjil dan  rata-rata mesin 3-silinder segaris menganut sudut putaran crankshaft sebesar 120° agar proses kerja berjalan dengan seimbang. Persoalan  getaran juga disebabkan tidak adanya silinder yang bertindak sebagai “counter balancer” atau penyeimbang seperti pada mesin dengan jumlah silinder genap.  

>>> Volvo Powerpulse, Teknologi Anti Turbo Lag Ala Volvo

Karakter Alami: Getar dan Bising  

Selain getaran, masalah lain yang umum ditemui pada mesin 3 silinder adalah bunyi  yang dirasakan terdengar lebih kasar dibanding mesin dengan jumlah silinder genap. Paduan bunyi dan getaran (NVH) mesin yang sampai ke dalam kabin menyebabkan para penumpang merasa tidak nyaman.

gambar nvh

Bunyi dan getaran menjadi ciri khas mesin 3-silinder segaris

Secara spesifik, bunyi dan getaran tersebut lebih banyak terasa saat mesin berada dalam kondisi  idle atau stasioner. Sebaliknya saat putaran mesin semakin tinggi, bunyi dan getaran sama saja seperti mesin lain.  

Solusi NVH

Kini kelemahan mendasar  mesin 3 silinder segaris sudah bisa  diatasi dengan optimal. Secara umum ada tiga cara mereduksi getaran mesin 3-silinder segaris. Pertama dengan memasang balancer shaft, lalu kedua dengan memasang dudukan jenis hidraulik dan ketiga adalah pemakaian external damper (peredam eksternal).

gambar mesin

Ilustrasi penggunaan balancer shaft pada mesin V6

Biasanya, ketiga metode tersebut dipadukan bersama-sama untuk mengurangi NVH semaksimal mungkin. Alhasil pengemudi maupun penumpang  tetap merasa nyaman dan pada akhirnya sulit membedakan mobil bermesin 3-silinder atau 4 silinder saat stasioner karena senyap dan minim getaran. 

Metode Lain

Belakangan, para ahli mesin menemukan kelemahan pada metode balancer shaft karena menyebabkan mesin bertambah berat (komponen lebih banyak) dan membebani kerja mesin (balancer shaft diputar oleh mesin). Begitu juga pemasangan external damper juga memberikan tambahan bobot pada mesin. Maka sejumlah pabrikan mobil mencari solusi lain berupa teknologi nyaman mesin triple silinder yang lebih efektif dan efisien dalam arti tidak menambah bobot mesin dan mengurangi beban kerja mesin. Salah satu metode yang ditawarkan oleh Ford melalui mesin EcoBoost 3 silinder 1,0 liter seberat 90,7 kg dengan penerapan pulley khusus di bagian depan dan flexible flywheel di bagian belakang.

gambar ford

Mesin Ford EcoBoost 3-silinder 1,0 liter sarat dengan inovasi teknologi untuk meredam NVH

Secara spesifik, flywheel pada Ford Fiesta EcoBoost 1,0 liter dibuat tidak seimbang disertai pembobotan yang ditempatkan dengan khusus untuk meredam getaran  mesin 3-silinder. Ford mengklaim penggunaan pulley & flywheel cukup ampuh untuk meredam bunyi dan getaran pada mesin EcoBoost 3 silinder 1,0 liter. Tentunya tanpa melupakan pemakaian special engine mount. Selanjutnya, teknologi nyaman mesin 3 silinder turut didukung kombinasi sistem injeksi langsung dan turbocharger. Paduan tersebut memberikan kontribusi penting untuk menghasilkan proses pembakaran yang optimal sehingga mereduksi bunyi dan getaran.  

>>> Mesin 3 Silinder Identik Getar, Bagaimana dengan Toyota Raize?  

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top