Perjalanan Jauh dengan Anak Makin Nyaman dengan Cara Ini

01/04/2021

Pengemudian

3 menit

Perjalanan Jauh dengan Anak Makin Nyaman dengan Cara Ini
Bagaimana menciptakan perjalanan jauh dengan anak lebih nyaman? Mengerti kondisi anak dan juga tidak memaksa untuk cepat sampai bisa jadi salah satu kuncinya.

Melakukan perjalanan jauh dengan anak tentu menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, anak bisa saja senang atau justru rewel karena bosan terus di dalam mobil hingga berjam-jam. Perlu ada persiapan khusus saat Anda dan pasangan akan road trip bersama anak, simak selengkapnya.

>>> Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

Barang yang Harus Anda Bawa 

anak duduk di car seat

Menyiapkan car seat sesuai usia anak akan membuat mereka lebih nyaman

Untuk membuat liburan bersama anak 1 tahun atau lebih, Anda memang perlu menyiapkan barang tambahan untuk Si Kecil, seperti: 

1. Siapkan Car Seat

Sabuk pengaman di mobil tidak dirancang untuk tubuh anak. Penting untuk Anda menyiapkan car seat yang disesuaikan dengan usia, berat, dan tinggi anak. Berikut panduan memilih car seat:

  • Bayi. Bayi sebaiknya duduk menghadap ke belakang hingga 2 tahun atau saat mereka bisa mengimbangi kapasitas berat dan tinggi car seat. Gunakan car seat pada bayi sampai beratnya sekitar 13 kg. 
  • Balita. Ada dua jenis car seat untuk balita, yaitu forward-facing seat yang posisinya menghadap ke depan, biasa digunakan untuk balita dengan berat 18-27 kg atau combination seat, yang dilengkapi pelindung hingga mereka mencapai berat 18 kg.
  • Usia sekolah. Anak usia sekolah mungkin kurang nyaman saat menggunakan car seat. Namun, Anda bisa pilih car seat yang dipasang dengan sabuk pengaman mobil. 

2. Stroller

Jangan lupa siapkan stroller, apalagi jika Anda harus pindah dari satu tempat ke tempat lain. Stroller perlu dibawa jika Anda memiliki anak yang masih bayi hingga 5 tahun. Anda bisa menghemat  energi saat mereka sedang rewel dan nggak mau jalan. 

3. Tas Khusus Perlengkapan Anak

Perlengkapan anak saat bepergian memang terbilang banyak daripada orang dewasa. Hal ini wajar agar anak tetap nyaman dan aman. Siapkan tas berisi popok, bantal dan selimut hangat, cover asi saat Anda menyusui, baju yang disesuaikan dengan suhu anak, hingga perlengkapan makan dan menyusui. 

4. Bawa Mainan Anak 

Wajar jika anak merasa bosan selama di perjalanan. Anda bisa mengantisipasinya dengan membawa beberapa mainan favorit untuk menemani mereka. Namun, jangan membawa banyak mainan yang justru membuat mobil sempit dan sesak. Jika anak sudah dikenalkan dengan video, jangan lupa siapkan powerbank untuk antisipasi jika ponsel Anda low batt saat anak sedang asyik nonton YouTube atau games.

5. Obat-obatan

Agar perjalanan jauh dengan anak nyaman, cek lagi isi kotak P3K Anda. Pastikan bawa beberapa obat penting saat bepergian. Karena bepergian di masa pandemi, Anda juga perlu membawa tambahan masker, face shield, hand sanitizer, dan desinfektan agar perjalanan lebih aman. Bawa juga kantong plastik untuk menyimpang sampah dan jaga-jaga jika anak mabuk.

>>> Ini Dia Aksesoris Interior Mobil yang Harus Anda Miliki Agar Mobil Makin Kece

Buat Kegiatan Seru Bersama Anak 

anak perempuan memakai masker di mobil

Buat kegiatan seru di dalam mobil agar anak tidak bosan

Perjalanan ini juga bisa jadi momentum menambah kedekatan sekaligus mengajarkan anak beberapa hal. Mulai dari sabar menunggu, sopan santun, mengajarkan anak-anak lebih berdamai, lebih peduli dengan orang sekitar, dan disiplin mengikuti aturan yang berlaku.   

Bukan hanya anak-anak, Anda yang dewasa juga pasti bosan jika sepanjang jalan hanya diam dan melihat jalan. Agar suasana lebih seru, Anda bisa membuat kegiatan kreatif yang seru, lho. 

1. Menghafal Rute

Libatkan mereka saat perjalanan jauh dengan anak. Jika anak sudah cukup besar dan bisa membaca atau mengenal huruf, Anda bisa membawakan peta untuk mengenalkan rute mudik. Minta anak untuk menandai daerah mana yang sudah dilewati. Anda juga bisa mengajarkan anak mengingat kota, lokasi, hingga plat kendaraan suatu kota. 

2. Mencari Binatang

Serunya melakukan perjalanan darat adalah Anda dan anak bisa melihat semua hal yang menyenangkan, mulai dari kendaraan, gunung, hingga hewan. Buat lomba kecil-kecilan untuk menghitung setiap hewan yang ditemui di sepanjang perjalanan. Minta anak untuk menyebutkan hewan dan menghitungnya. Hadiahi anak dengan poin yang besar, bisa berupa uang atau snack

3. Makan Snack Favorit Anak 

Makan terkadang hanya sebuah kegiatan yang kadang disambi dengan kegiatan lainnya. Orang dewasa dan anak-anak terkadang lupa untuk menikmati itu semua. Nah, jadikan proses makan dan minum sebagai aktivitas sendiri. Minta anak untuk menjelaskan detail dari makanan tersebut, seperti bentuk, rasa, hingga bahan apa yang terkandung. 

4. Menceritakan Legenda Indonesia

Mendongeng punya banyak manfaat untuk perkembangan anak. Permainan membaca jadi hal yang seru bagi mereka. Bawa beberapa buku legenda atau sejarah setiap kota yang dikunjungi. Misalnya Anda liburan ke Bandung bersama anak, minta anak membacakan legenda tentang Gunung Tangkuban Perahu atau lainnya. 

Melakukan perjalanan jauh dengan anak lewat darat dengan waktu yang lama tentu menjadi pertimbangan. Jangan terlalu memaksa agar cepat sampai. Ingat juga kondisi anak yang mudah lelah dan rewel. Jika anak terus rewel, Anda bisa berhenti sebentar di rest area untuk makan atau mengajak anak menghirup udara segar. 

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top