Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

12/05/2019

Pengemudian
Share this post:
Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman
Posisi mengemudi yang baik bisa menentukan kenyamanan dan keselamatan saat Anda berkendara. Terlebih lagi jika Anda akan melakukan perjalanan yang jauh dengan waktu tempuh yang relatif lama seperti saat mudik Lebaran.

Ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran, tentunya Anda akan menempuh jarak yang relatif jauh. Selain itu, akibat padatnya lalu lintas saat musim mudik Lebaran, membuat arus lalu lintas menjadi lebih padat. Sehingga waktu tempuh perjalanan pun jadi lebih lama dibanding hari-hari biasa.

>>> Mudik Jarak Jauh Naik Mobil, Lebih Baik Siang atau Malam?

Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan posisi mengemudi yang baik agar perjalanan Anda jadi lebih nyaman. Meskipun jarak yang harus ditempuh cukup jauh dengan waktu perjalanan yang cukup lama.

1. Posisi Tangan di Setir

Posisi tangan saat di setir

Posisikan tangan pada arah jam 9 dan jam 3

Saat akan mengatur posisi tangan di setir, Anda harus membayangkan jika lingkar setir adalah jam lengkap dengan angka-angka penunjuk waktunya. Posisikan tangan kanan pada jam 3 dan tangan kiri pada jam 9. Atau bisa juga tangan kanan di posisi jam 2 sementara tangan kiri ada di posisi jam 10. Sebaiknya jangan mengemudi dengan satu tangan, karena akan mengurangi refleks ketika dibutuhkan untuk menghindar dari kejadian darurat di jalan.

>>> Tips Berkendara Di Berbagai Kondisi Jalan

2. Jarak Tubuh dengan Setir

jarak antara setir dengan tubuh pengemudi

Atur jarak tubuh dengan setir yang paling ideal

Untuk mengukur jarak ideal tubuh dengan setir, posisikan satu tangan lurus dengan setir di arah jam 12. Atur jarak tubuh dan setir dengan cara maju atau mundurkan jok, hingga setir berada di pergelangan tangan. Kemudian atur sandaran jok sampai seluruh punggung dari bagian bawah hingga pundak menempel rata dengan jok.

>>> Semua tips mengemudi yang aman bisa Anda dapatkan di sini

3. Atur Posisi Duduk

mengatur posisi duduk pengemudi

Atur posisi duduk yang paling nyaman

Posisi duduk yang benar adalah, posisi badan tegak membentuk sudut 100-115 derajat. Oleh karena itu jok mobil juga harus diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 100-115 derajat dari alas duduk jok.

>>> Sedang mencari MPV untuk mudik? Temukan daftarnya di sini

4. Atur Visualitas

Langkah selanjutnya adalah mengatur agar Anda mendapat visibiltas yang baik ke arah depan, kiri, dan kanan. Lakukan juga pengaturan spion luar dan spion dalam. Jika ingin menyalakan audio system, lakukanlah sebelum perjalanan. Tak lupa, pasang terlebih dulu sabuk keselamatan sebelum Anda memulai perjalanan.

Dengan memperhatikan posisi mengemudi yang baik, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman dan aman sampai di tujuan.

>>> Tips & trik tentang mobil ada di Cintamobil.com

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Biar Aman, Pastikan Anda Mengatur Posisi Duduk Sebelum Mengemudi

01/04/2019

Pengemudian

Penting buat Anda mengemudi senyaman mungkin demi menjaga konsentrasi dan fokus berkendara, salah satunya dengan mengatur posisi duduk yang nyaman. Nah, yang wajib Anda perhatikan Anda tidak boleh melakukannya saat sedang mengemudi dan mobil tengah berjalan.

Lihat juga

Fitur Keselamatan Ini Berikan Rasa Berkendara Aman Untuk Si Buah Hati

04/01/2019

Pengemudian

Mengajak si buah hati yang masih balita berkendara naik mobil diperlukan perhatian khusus. Orang tua harus benar-benar memperhatikan sisi keselamatannya selama di perjalanan. Fitur keselamatan berikut membantu berkendara aman untuk si buah hati.

Lihat juga

Jangan Anggap Remeh, 6 Penyakit Ini Bisa Mengganggu Saat Mengemudi

30/10/2018

Pengemudian

Gangguan saat berkendara bisa datang dari mana saja, termasuk penyakit yang kita derita atau kambuhan. Lantas jenis penyakit apa saja yang bisa menganggu Anda mengemudi?

Lihat juga

Review Ford Everest XLT Limited 2013

25/10/2018

Editor rate:

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV), Ford Everest terbilang cukup menarik untuk kami ulas lebih mendalam. Mengapa begitu? Bayangkan saja, di rentang harga Rp. 200 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan mobil eksklusif dengan tatanan mewah. Kapasitas kabin tujuh penumpang dipadu mesin bertenaga, menjadi penawaran menarik dari Ford Everest. Untuk sekelas mobil bekas, tentu mobil ini bisa diadu dengan mobil-mobil masa kini. Simak informasi selengkapnya dalam review Ford Everest XLT Limited 2013.

Lihat juga

Harga Isuzu Traga Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

Isuzu

Berdiri dalam kategori mobil komersial, Isuzu Traga resmi dipasarkan pada tahun 2018 lalu, yang semakin melengkapi segmen Medium Pick-Up di Tanah Air. Apakah ada promosi menarik untuk Isuzu Traga? Berapa harga Isuzu Traga terbaru?

Lihat juga