Perhatikan Hal Berikut saat Memutuskan Tidur di Dalam Mobil

12/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Lelah dan Mengantuk kadang tak tertahan saat mengemudi. Bagi Anda yang memutuskan tidur di dalam mobil sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut agar senantiasa aman!

Yang namanya mengantuk bisa datang dimana saja dan kapan saja, bahkan saat mengemudi. Terlebih jika jarak yang ditempuh cukup panjang mencapai ratusan kilometer, yang datang bukan hanya mengantuk tapi juga kelelahan. Karenanya dibutuhkan istirahat untuk mengembalikan stamina tubuh agar bisa mengemudi lagi dengan nyaman.

Tempat terbaik untuk beristirahat di perjalanan pastinya rest area, mengingat tempat tersebut memang disediakan untuk berisitirahat. Rest area biasanya dilengkapi beragam fasilitas seperti toilet, kamar mandi, tempat ibadah, tempat makan, hingga mini market. Sejumlah rest area bahkan terletak berdampingan atau menjadi satu dengan area SPBU, selain bisa mengistirahatkan tubuh juga bisa untuk mengisi bahan bakar kendaraan.

>>> Konsumsi BBM Honda Jazz Hybrid Tembus 22 Kilometer Per Liter

Foto Petunjuk fasilitas rest area yang begitu detail dan lengkap

Rest area, tempat terbaik untuk beristirahat di tengah perjalanan

Tidur di dalam mobil

Dalam kondisi terpaksa, tidur di dalam mobil pun bisa menjadi solusi menghilangkan rasa mengantuk. Hanya saja untuk keputusan yang satu ini Anda perlu memperhatikan sejumlah hal penting, terutama yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan.

1. Pilih tempat yang aman

Hindari memarkir mobil di bahu jalan, di tempat sepi sendirian, serta di bawah pohon besar. Tempat-tempat tersebut berbahaya dan berpotensi menimbulkan kecelakaan, memicu tindak kejahatan dan rawan tertimpa pohon tumbang.

2. Lebih baik matikan mesin dan tidak menyalakan AC

Mungkin cuaca sedang panas, tapi mematikan mesin mobil dan AC lebih baik untuk mengantisipasi menghirup gas beracun yang menyebabkan keracunan.

>>> Hanya Butuh 30 menit, Anda Bisa Tewas Jika Tidur di Mobil Sambil Menyalakan AC

Foto menunjukkan jendela mobil sedikit terbuka

Jaga sirkulasi udara dalam kabin dengan membuka sedikit kaca jendela

3. Buka sedikit kaca jendela

Buka kaca jendela sebelah kiri dan kanan agar sirkulasi udara dalam kabin bisa berganti, tapi jangan terlalu lebar agar tidak mengundang tindak kejahatan orang lain.

4. Simpan barang berharga

Simpan baik-baik barang berharga seperti laptop, handphone, gadget dan yang lain. Jangan sampai barang-barang tersebut terlihat jelas dari luar agar tidak diincar penjahat.

>>> Tips & trik menarik lainnya Anda bisa temukan disini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top