Mau Wisata? Perhatikan Daya Angkut Mobil Ya, Bisa Fatal Akibatnya

28/04/2021

Pengemudian

5 menit

Mau Wisata? Perhatikan Daya Angkut Mobil Ya, Bisa Fatal Akibatnya
Saat bepergian bersama keluarga, para pemilik mobil kerap mengabaikan batas daya angkut karena mengutamakan barang dan penumpang bisa masuk semuanya,

Pada masa sekarang ini, banyak keluarga yang mengandalkan mobil sebagai salah satu alat transportasi untuk memenuhi bermacam-macam  keperluan mereka. Dan salah satu ritual ketika bepergian  bersama keluarga dengan bermobil adalah memuat sebanyak mungkin penumpang dan barang bawaan. Alhasil setiap  celah kabin diisi barang dan  termasuk  memanfaatkan atap mobil setelah ruang penumpang dipenuhi aneka muatan

gambar mobil liburan

Mobil pribadi menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga 

Dalam kondisi demikian, umumnya  para pemilik mobil kerap mengabaikan batas kemampuan angkut  kendaraan. Intinya  selama  barang dan penumpang masih bisa masuk mobil, ya diisikan terus sampai penuh. Pada sisi lain,  informasi tentang  batas kemampuan angkut kendaraan tidak selalu ada dalam buku manual pemakai terutama untuk kendaraan penumpang.

gambar sasis mobil

Ban dan sasis saling mendukung kemampuan angkut muatan kendaraan 

Kebanyakan informasi yang ada hanyalah data load index pada dinding ban serta rekomendasi tekanan angin ban untuk  kondisi pemakaian dengan muatan normal dan muatan penuh. Sebaliknya,  kendaraan niaga (bus, truk, pick-up) selalu menyertakan informasi lengkap  tentang  ukuran berat agar  kapasitas angkut  bisa dioptimalkan sesuai kebutuhan tanpa melupakan aspek keselamatan.  

>>> Tips Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

Ban dan Sasis

Terkait aspek teknis, daya angkut muatan mempengaruhi kondisi kerja ban dan sasis yang langsung memikul seluruh berat kendaraan. Untuk ban, tinggal  melakukan penyesuaian tekanan angin sesuai  rekomendasi pabrikan dengan kondisi kendaraan membawa beban muatan maksimal. Contohnya, mobil Anda  memakai  ban dengan kode load index 85 yang berarti  satu unit ban  mampu  memanggul muatan seberat 515 kg.

gambar daya angkut mobil

Perhatikan batas daya angkut mobil (penumpang dan barang) demi keselamatan

Setelah dikalikan empat, maka seluruh ban mobil dapat  mengangkut  beban  muatan sebanyak 4 x 515 kg = 2.060 kg. Pertanyaannya sekarang,  sanggupkah mobil  Anda membawa beban muatan seberat 2.060 kgSejatinya,  terdapat hubungan langsung antara daya angkut muatan dan sasis mobil. Dalam hal ini, sasis mobil meliputi komponen rem, suspensi, kemudi, mesin dan sistem penggerak yang mempengaruhi kemampuan  akselerasi, pengereman dan stabilitas.

gambar daihatsu sigra

Daihatsu Sigra, salah satu MPV LCGC yang populer di Indonesia

Sebuah mobil dengan muatan  normal tidak bakal “ngeden” saat berakselerasi,  mampu melakukan deselerasi dengan jarak aman  dan  stabil ketika pindah  jalur atau menikung. Pada sisi lain,  mobil  yang  bermuatan penuh butuh ancang-ancang lebih jauh untuk menyalip kendaraan lain, perlu jarak pengereman  lebih panjang, dan lebih limbung saat berpindah jalur dan menikung. Kondisi itu sering  luput dari perhatian pengemudi yang lebih mengingat ban daripada menghitung kemampuan sasis kendaraan ketika mengangkut  beban muatan penuh.

Kemampuan Angkut

Karena ada perbedaan kemampuan antara ban dan sasis, maka  perhitungan daya angkut muatan  yang aman untuk mobil tentu saja wajib  mengacu pada aspek selain load index ban. Untuk mengetahui kapasitas daya angkut muatan sebuah kendaraan, Anda butuh data berat kotor atau berat total atau GVW (gross vehicle weight)  dan berat kosong (curb weight). Selisih berat kotor dan berat kosong adalah daya angkut muatan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Tabel Load Index

Data load index bisa ditemukan pada dinding ban mobil Anda dan inilah beberapa di antaranya  

Load Index

Daya Angkut  Muatan  

82

475 kg

83

487 kg

84

500 kg

85

515 kg

86

530 kg

87

545 kg

88

560 kg

89

580 kg

90

600 kg

Berikut simulasi  perhitungan daya angkut mobil dengan  contoh Suzuki APV yang mempunyai  kemampuan mengangkut beban seberat 790 kg. Angka 790 kg berasal dari selisih berat kotor dan berat kosong (1.950 kg – 1.325 kg =790 kg). Jika Suzuki APV membawa 7 orang penumpang dewasa dan diasumsikan berat badan rata-rata orang dewasa adalah 75 kg, maka berat total  penumpang mencapai 525 kg.

gambar load index ban

Data load index terdapat pada dinding ban dan berkaitan dengan kemampuan angkut muatan

Selisih 790 kg – 525 kg = 265 kg menjadi batas toleransi untuk  daya angkut mobil. Contoh lain adalah Daihatsu Sigra dengan daya angkut beban seberat 560 kg. Memakai  asumsi tujuh orang penumpang dewasa seberat @ 75 kg, maka sisa daya angkut Daihatsu Sigra adalah 560 kg – 525 kg = 35 kg. Jangan pernah mengabaikan batas toleransi daya angkut mobil karena berdampak besar terhadap  keselamatan. Safety first!

Daya Angkut Mobil

Berikut adalah data tentang daya angkut mobil yang diwakili oleh beberapa MPV di Indonesia    

Mobil

Berat Total

Berat Kosong

Daya Angkut

Daihatsu Luxio

1.810 kg – 1.850 kg

1.290 kg – 1.330 kg

520 kg

Daihatsu Sigra

1.480 kg – 1.500 kg

920 kg – 990 kg

510 kg - 560 kg

DFSK Gelora             

1.970 kg

1.290 kg

680 kg

Mitsubishi Xpander

1.780 kg

1.275 kg

505 kg

Suzuki APV 

1.950 kg

1.160 kg – 1.325 kg

625 kg - 790 kg

Suzuki XL7

1.670 kg

1.145 kg - 1.165 kg

505 kg - 525 kg


>>> Ternyata Ini Ukuran Tekanan Ban Mobil yang Ideal

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top