Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Harus Derek Mobil di Jalan

11/10/2019

Pengemudian

5 menit

Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Harus Derek Mobil di Jalan
Ketika derek mobil di jalan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari alat yang akan digunakan, hingga cara berkendaranya.

Ketika sebuah mobil mengalami mogok di jalan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, maka solusinya adalah diderek. Kejadian seperti ini mungkin saja Anda alami, atau Anda menemuinya saat berkendara.

>>> Pertimbangan Memilih Towing atau Derek Saat Mobil Mogok

Nah ketika harus derek mobil di jalan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baik saat mobil Anda yang diderek, atau ketika Anda harus menderek kendaraan lain yang meminta pertolongan darurat.

1. Tali Penarik

tali derek

Gunakan tali yang kuat untuk menderek kendaraan

Sebelum menderek mobil, pastikan Anda memiliki tali penarik atau yang sering juga disebut towing strap. Sebaiknya tali ini cukup kuat untuk menarik bobot mobil yang hendak diderek. Untuk tali penarik yang bagus, biasanya terbuat dari bahan baja. Atau jika dalam keadaan darurat, Anda bisa juga gunakan tambang ukuran besar.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Panjang Tali

tali derek mobil

Tali jangan terlalu panjang atau terlalu pendek

Sering pengemudi atau penderek tidak memperhatikan panjang tali penarik. Sebaiknya panjang tali tidak lebih dari 4 meter. Atau bisa juga disesuaikan dengan panjang bodi mobil yang akan diderek. Ini untuk memberikan jarak manakala mobil penderek mengerem atau berbelok.

3. Posisi Pengait

posisi pengait derek

Lihat posisi pengait di bemper mobil

Mobil-mobil modern biasanya sudah dilengkapi posisi pengait yang terpadat di bemper depan atau belakang. Cirinya adalah sebuah kotak kecil yang ada di bemper. Buka kotak tersebut dan pasang pengait pada lubang yang tersedia. Untuk jelasnya Anda bisa buka buku manual kendaraan yang disediakan oleh pihak diler saat Anda membeli mobil.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

4. Melaju Perlahan

mobil di derek

Melajulah perlahan saat derek mobil di jalan

Ketika derek mobil di jalan, melajulah dengan perlahan dan stabil. Cukup 30-40 km/jam dan jangan bermanuver atau berhenti secara mendadak. Jangan sampai pula tali penarik kendur, agar meninimalisir risiko tali terputus ketika terjadi hentakan.

5. Gunakan Hazard

tombol lampu hazard

Nyalakan hazard dan lampu utama

Saat sedang melakukan derek mobil di jalan, sebaiknya Anda menyalakan lampu hazard dan lampu utama. Ini sebagai isyarat bagi kendaraan lain jika Anda sedang dalam keadaan darurat.

>>> Tips dan trik lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top