Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konsentrasi Nyetir Tidak Menurun

20/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konsentrasi Nyetir Tidak Menurun
Beberapa hal bisa dilakukan agar konsentrasi nyetir tidak menurun. Antara lain ada pada tubuh Anda sendiri, dan teknik berkendara Anda selama nyetir mobil tersebut.

Mengemudikan mobil adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Namun banyak sekali kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh kesalahan dari pengemudi. Antara lain karena mengantuk.

>>> Waspada Efek Sleep Apnea yang Sering Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Mengantuk adalah sebagian dari faktor yang membuat konsentrasi nyetir menurun. Penyebabnya bisa dari beberapa hal. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Asupan Makanan dan Minuman

buah-buahan di mangkuk

Jaga asupan makanan dan minuman dengan perbanyak buah-buahan

Kondisi fisik seseorang sangat bergantung dari asupan makanan dan minumannya. Termasuk juga ketika orang tersebut hendak berkendara. Karena itulah sebaiknya dijaga asupan makanan dan minuman sebelum nyetir mobil.

>>> Promo mobil baru cek disini

Jangan makan terlalu banyak karbohidrat dan gula agar tidak mudah mengantuk. Jangan juga minum yang terlalu banyak mengandung kafein. Lebih baik banyak makan buah dan minum air putih atau jus.

2. Waktu Istirahat

pria tertidur

Istirahat yang cukup sebelum berkendara

Ketika Anda akan berkendara, apalagi untuk jarak yang jauh, sebaiknya istirahatlah yang cukup. Hindari begadang jika akan mengemudikan mobil, karena rasa kantuk pasti akan menyerang. istirahat yang cukup untuk seseoranga adalah 8 jam.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

3. Lama Nyetir

wanita nyetir mobil

Istirahat tiap 2 jam sekali berkendara dan lakukan peregangan otot

Ketika akan nyetir mobil, sebaiknya perhatikan juga batas waktu yang bisa dilakukan tubuh untuk nyetir mobil. Jika berkendara untuk jarak yang jauh, sebaiknya istirahat tiap 2 jam perjalanan. Dan sebaiknya jangan nyetir mobil lebih dari 4 jam sehari.

Ketika istirahat, disarankan untuk keluar dari mobil guna menghirup udara segar. Lakukan peregangan otot akan lebih bagus agar tubuh kembali bugar dan konsentrasi nyetir kembali meningkat. Jika memungkinkan, lakukanlah pergantian nyetir dengan sopir lain atau teman Anda, sementara Anda bisa berisitirahat atau tidur.

>>> Tips & trik lain temukan disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Inilah Posisi Tangan yang Tepat Saat Mengemudi

28/04/2017

Pengemudian

Mengemudi dengan baik dan benar memerlukan perhatian khusus bahkan untuk hal sekecil mungkin. Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana posisi tangan yang benar disaat mengemudikan kendaraan.

Lihat juga

Tips Melakukan Perjalanan Jauh Sendirian Untuk Perempuan

06/05/2017

Pengemudian

Banyak wanita yang masih bingung, bagaimana mempersiapkan tunggangan kesayangan saat hendak diajak pergi jauh sendirian. Selain bahan bakar, apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak berkendara seorang diri?

Lihat juga

Mengemudi Dengan Selamat Di Malam Hari

29/04/2017

Pengemudian

Pada malam hari lalu lintas di jalan-jalan berkurang, namun hampir lebih dari 50% kasus kecelakaan mobil terjadi setelah matahari terbenam. Alasan utama di balik kenyataan ini adalah perbedaan dramatis yang diakibatkan oleh kegelapan jadi kemampuan mengemudi pun dikurang. Inilah beberapa tips untuk mengemudi mobil pada malam hari.

Lihat juga

Review Kia Morning 1.0 2014: Paket Hemat Mobil Anak Muda

01/07/2018

Editor rate:

Nama Morning memang pas untuk menggambarkan sosok ‘paket hemat’ dari mobil city car keluaran brand Kia. Mengambil basis dari Kia Picanto yang mengalami penyesuaian demi menyasar market LCGC, Kia Morning memberikan secercah harapan baru bagi kalangan metropolis urban dan anak muda, untuk memiliki mobil city car dengan harga terjangkau.

Lihat juga

Daftar Harga Chevrolet Orlando terbaru Januari 2021 Di Indonesia

01/01/2021

Chevrolet

Chevrolet Orlando mengedepankan karakteristik mobil keluarga yang berbeda dibandingkan mobil-mobil sekelasnya. MPV 7-Seater dari Chevrolet ini mengedepankan utilitas tinggi dengan fleksibilitas pengaturan kabin, fitur interior lengkap dan nyaman, serta performa mesin bertenaga. Chevrolet Orlando sangat menggoda para peminat otomotif Tanah Air yang menginginkan mobil keluarga dari brand mobil berlogo bowtie ini. Kira-kira berapa harga Chevrolet Orlando terbaru di Indonesia?

Lihat juga
 
back to top