Perhatikan 3 Hal Ini Agar Konsentrasi Nyetir Tidak Menurun

20/07/2019

Pengemudian

4 menit

Beberapa hal bisa dilakukan agar konsentrasi nyetir tidak menurun. Antara lain ada pada tubuh Anda sendiri, dan teknik berkendara Anda selama nyetir mobil tersebut.

Mengemudikan mobil adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Namun banyak sekali kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh kesalahan dari pengemudi. Antara lain karena mengantuk.

>>> Waspada Efek Sleep Apnea yang Sering Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Mengantuk adalah sebagian dari faktor yang membuat konsentrasi nyetir menurun. Penyebabnya bisa dari beberapa hal. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Asupan Makanan dan Minuman

buah-buahan di mangkuk

Jaga asupan makanan dan minuman dengan perbanyak buah-buahan

Kondisi fisik seseorang sangat bergantung dari asupan makanan dan minumannya. Termasuk juga ketika orang tersebut hendak berkendara. Karena itulah sebaiknya dijaga asupan makanan dan minuman sebelum nyetir mobil.

>>> Promo mobil baru cek disini

Jangan makan terlalu banyak karbohidrat dan gula agar tidak mudah mengantuk. Jangan juga minum yang terlalu banyak mengandung kafein. Lebih baik banyak makan buah dan minum air putih atau jus.

2. Waktu Istirahat

pria tertidur

Istirahat yang cukup sebelum berkendara

Ketika Anda akan berkendara, apalagi untuk jarak yang jauh, sebaiknya istirahatlah yang cukup. Hindari begadang jika akan mengemudikan mobil, karena rasa kantuk pasti akan menyerang. istirahat yang cukup untuk seseoranga adalah 8 jam.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

3. Lama Nyetir

wanita nyetir mobil

Istirahat tiap 2 jam sekali berkendara dan lakukan peregangan otot

Ketika akan nyetir mobil, sebaiknya perhatikan juga batas waktu yang bisa dilakukan tubuh untuk nyetir mobil. Jika berkendara untuk jarak yang jauh, sebaiknya istirahat tiap 2 jam perjalanan. Dan sebaiknya jangan nyetir mobil lebih dari 4 jam sehari.

Ketika istirahat, disarankan untuk keluar dari mobil guna menghirup udara segar. Lakukan peregangan otot akan lebih bagus agar tubuh kembali bugar dan konsentrasi nyetir kembali meningkat. Jika memungkinkan, lakukanlah pergantian nyetir dengan sopir lain atau teman Anda, sementara Anda bisa berisitirahat atau tidur.

>>> Tips & trik lain temukan disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top