Perbedaan Posisi Duduk Mengemudi saat Siang dan Malam Hari

08/04/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Menyetir saat siang dan malam hari terdapat perbedaan posisi duduk. Memperhatikan perbedaan posisi duduk ternyata berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Mengemudi pada saat siang hari dan malam hari memang terasa sangat berbeda. Kondisi tubuh pengemudi yang mulai menurun hingga jarak pandang yang terbatas menjadi alasan mengapa mengemudi di malam hari perlu tingkat kewaspadaan yang tinggi. Memperhatikan perbedaan posisi duduk menjadi salah satu kunci di balik keselamatan Anda berkendara baik siang maupun malam hari. Tidak hanya faktor keselamatan saja, posisi duduk juga berpengaruh pada kenyamanan Anda terutama jika berkendara jarak jauh. 

Posisi duduk yang kurang pas menyebabkan tubuh merasa cepat kelelahan sehingga menurunkan konsentrasi ketika mengemudi. Posisi duduk mengemudi yang sudah benar, akan membuat Anda merasakan kenyamanan selama perjalanan. Dan yang paling penting, dengan posisi duduk yang benar ini sangat membantu mengurangi risiko cedera ketika terjadi kecelakaan. Perbedaan situasi antara siang dan mama hari menyebabkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengatur posisi duduk. Idealnya, memang terdapat perbedaan ketika mengemudi malam hari dengan di siang hari. 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan posisi duduk yang bisa Anda perhatikan ketika mengemudi malam hari dan siang hari.

>>> Jangan Malas Bersihkan Setir, Bisa Sambil Ngabuburit #DiRumahAja

Pengaturan Tinggi Jok

Pada dasarnya, ketinggian jok harus diatur sesuai dengan postur tubuh. Pastikan posisi kursi hingga pinggul bisa sejajar dengan lutut. Angkat kursi lebih tinggi jika Anda tidak bisa melihat kaca depan dengan jelas. Mengemudi pada siang hari, Anda bisa mendapat cahaya alami dari sinar matahari sehingga visibilitasnya terasa lebih jelas. Berbeda ketika Anda mengemudi malam hari, di mana sudut tikungan visibilitasnya sangat berkurang akibat pengaruh cahaya.

menyetir mobil

Pastikan Anda menyesuaikan ketinggian jok agar mengemudi terasa nyaman 

Anda disarankan untuk menyesuaikan ketinggian jok 1-2 cm lebih tinggi ketika malam hari. Tujuannya adalah agar mendapatkan visibilitas yang tepat. Dengan posisi seperti ini, Anda juga bisa tetap menjaga kewaspadaan ketika berkendara di malam hari.

Penyesuaian Lampu dan Kaca Spion

Sebelum mengatur posisi duduk, pertama kali yang harus Anda perhatikan adalah pengaturan kaca spion mobil dan penempatan headlight pada mobil. Ketika siang hari, mungkin posisi spion dan headlight tidak banyak berpengaruh. Berbeda ketika malam hari, sebaiknya Anda melakukan penyesuaian posisi spion agak sedikit ke bawah. Tujuannya adalah untuk menghindari silau dari lampu mobil belakang. 

sesuaikan lampu kaca spion

Pentingnya mengatur kaca spion saat mengemudi 

Begitu juga sebaliknya, untuk menghindari lampu mobil Anda tidak membuat silau pengemudi lain dari arah berlawanan, pastikan headlight telah diatur pada posisi yang tepat. Biasanya penempatan lampu utama sudah disesuaikan oleh pabrik, namun tidak ada salahnya jika Anda memastikan kembali posisinya tidak menyilaukan pengemudi lain. 

Perhatikan Kemiringan Sandaran Kursi

Anda disarankan agar mengatur posisi sandaran senyaman mungkin. Kemudian usahakan agar bagian punggung dan kepala menempel pada jok mobil sehingga menciptakan suasana yang rileks ketika berkendara. Pada saat berbelok atau manuver stir lainnya, pastikan posisi punggung dan bahu tetap menempel pada punggung jok. Jika pada saat berbelok punggung tidak menyentuh jok, sebaiknya Anda memajukan sandaran jok ke depan. 

posisi duduk saat mengemudi

Pentingnya mengatur kemiringan sandaran kursi saat mengemudi

Memajukan sandaran kursi mobil ke depan dapat menambah kewaspadaan saat mengemudi di malam hari. Fokus Anda untuk mengontrol mobil menjadi lebih tinggi karena visibilitas objek sekitarnya semakin naik. Dengan memperhatikan perbedaan posisi duduk ini, Anda menjadi lebih waspada dengan objek yang tidak mengeluarkan cahaya seperti binatang, orang berjalan, atau orang naik sepeda. 

Pengaturan Headrest yang Sesuai Kebutuhan

Hal-hal kecil yang sebaiknya diperhatikan ketika menyetir malam hari adalah ketinggian headrest yang pas dengan leher dan kepala. Hal ini mungkin jarang mendapat perhatian, padahal sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan Anda berkendara. 

ngantuk saat menyetir

Bahaya mengantuk saat mengendarai mobil 

Seperti yang diketahui bahwa mengemudi di malam hari berisiko untuk mengalami kelelahan pada area leher dan mata. Untuk itu, posisikan headrest berada di tengah sandaran kepada dan sejajar dengan ujung atas telinga. Selain memberikan kenyamanan pada saat berkendara malam hari, posisi ini juga mencegah Anda terhindar dari cedera jika terjadi benturan. 

Yang paling penting, pastikan Anda berkendara hanya ketika tubuh fit. Jangan pernah memaksakan menyetir ketika badan capek atau mengantuk. Selain itu, pastikan juga mobil selalu dalam kondisi prima agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri maupun mobil lainnya. 

>>> Cara Mengatur Posisi Headrest Mobil yang Aman dan Nyaman

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top