Perbanyak Minum Air! Ini Bahaya Dehidrasi Ketika Berkendara Saat Berpuasa

07/05/2019
Dengan bulan Ramadan yang baru saja datang, bahaya dehidrasi ketika berkendara menjadi semakin nyata. Tidak hanya membuat Anda kehilangan fokus, dehidrasi bisa membuat Anda mengantuk dan memperbesar risiko kecelakaan.

Bahaya dehidrasi bagi pengendara akan semakin banyak terjadi, khususnya ketika memasuki bulan Ramadan kali ini. Ditambah dengan kondisi jalanan yang panas dan terik dimana cairan lebih cepat terbuang. Sedangkan dilansir dari Driving Test, pengemudi yang lebih tua cenderung lebih cepat merasa haus.

pengemudi wanita yang mengantuk ketika berkendara

Dehidrasi bisa menyebabkan Anda lebih cepat lelah dan mengantuk

>>> Inilah Rahasianya, Tips Efektif Cegah Ngantuk Di Bulan Puasa

Pada tanda-tanda dehidrasi ringan, ada beberapa gejala yang terjadi. Diantaranya sakit kepala, kelelahan, hingga pusing. Gejala dehidrasi awal terlihat dari mulut, bibir, dan mata yang kering. Untuk lebih mudahnya, perhatikan warna urin Anda. Jika berwarna bening atau terang, Anda terhidrasi; jika berwarna kuning atau kuning tua, Anda mengalami dehidrasi.

Masalah karena dehidrasi akan mempengaruhi pengemudian Anda. Jika Anda merasa lelah dan sakit kepala karena dehidrasi, maka Anda cenderung kurang konsentrasi ketika mengemudi. Tentunya, kurangnya konsentrasi dan fokus ketika berkendara merupakan musuh terbesar pengemudi yang berakibat pada banyaknya kecelakaan yang terjadi.

>>> Tips mengemudi yang aman bisa Anda dapatkan di sini

Tidak hanya ketika berkendara. Ketika dehidrasi menjadi semakin serius dan berbahaya, Anda bisa mengalami komplikasi yang serius pada tubuh, terutama masalah pada ginjal hingga kejang. Maka dari itu, Anda perlu mengatur cara dan waktu minum air putih yang tepat ketika berpuasa.

wanita yang sedang meminum air putih ketika akan tidur

Jangan lupa untuk minum air putih di malam hari

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Asupan cairan normal untuk orang dewasa adalah sekitar dua liter per hari. Dengan berpuasa, usahakan untuk meminum asupan cairan rata-rata per hari. Dilansir dari berbagai sumber, pola 242 menjadi aturan minum air putih yang disarankan. 2 gelas air putih di waktu sahur, 2 gelas ketika berbuka, dan 4 gelas di malam hari menjadi menu wajib untuk mencegah dehidrasi.

Bahaya dehidrasi tidak hanya akan mengganggu keseharian Anda di kantor. Tetapi hal ini juga membahayakan ketika Anda sedang berkendara. Hilangnya fokus hingga pusing tidak hanya berakibat buruk pada Anda dan penumpang, tetapi juga pengguna jalan yang lain. Karena itu, pastikan untuk menjaga asupan cairan, terlebih di bulan Ramadan yang suci ini.

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain