Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan

11/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan
Dengan meningkatnya sistem keselamatan dalam kendaraan, pemilihan fitur keselamatan pada mobil bisa menyelamatkan Anda ketika berkendara. Bahkan, sistem keselamatan terbaru bisa menyelamatkan hampir 10.000 jiwa dalam satu tahun.

Dilansir dari Barron’s, teknologi keselamatan mobil akan secara signifikan menurunkan jumlah kecelakaan kendaraan. Dengan berkembangnya sistem keamanan dalam mobil, struktur kecelakaan yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan bisa diredam, sebagaimana dijelaskan oleh analis Bank of America Merrill Lynch, Steve Byrne.

>>> Ternyata Berkendara Dekat Mobil Emergency Harus Ekstra Hati-Hati

Menurut Byrne, Setelah kenaikan 30% sejak 2011, jumlah kecelakaan akan kembali secara kasar ke level sebelumnya. Byrne menghubungkan peningkatan kecelakaan 3% hingga 4 per tahun sejak 2011 karena lapangan kerja yang tinggi, lebih banyak waktu yang dihabiskan di jalanan, serta pengemudian yang terganggu karena meningkatnya penggunaan smartphone.

kecelakaan mobil berwarna merah dan putih

Lebih dari 20% penggunaan smartphone menyumbang kecelakaan sejak 2011

Byrne memperkirakan bahwa gangguan mengemudi dari penggunaan smartphone menyumbang 20% dari peningkatan kecelakaan sejak 2011. Sebuah survei dari State Farm 2019 mencatat bahwa 91% pengemudi memiliki ponsel pada 2016, dibandingkan 52% pada 2011. Sedangkan aktivitas internet saat mengemudi meningkat lebih dari dua kali lipat dengan nilai 29% sejak 2011.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Penyelamat 10.000 jiwa

Dari wbww.com dilaporkan bahwa teknologi berkendara bisa menyelamatkan hampir 10.000 jiwa dalam setahun. Teknologi mobil seperti pengereman otomatis, peringatan blind spot, dan peringatan tabrakan telah ada selama beberapa tahun. Tetapi AAA (American Automobile Association) mengatakan standarisasi cepat dari teknologi tersebut akan berdampak besar.

ilustrasi sistem blind spot pada dua mobil di belakang

Sistem blind spot monitoring bisa mencegah terjadinya kecelakaan

Salah satu faktor terbesar yang dipertimbangkan konsumen ketika membeli mobil baru adalah keselamatan. Konsultan penjualan Chevrolet, Christopher Glenn mengatakan, "Adalah kewajiban kita sebagai produsen untuk memastikan bahwa kita memiliki sesuatu di dalam kendaraan yang akan membuatmu tetap aman."

AAA mengatakan teknologi baru seperti deteksi blind spot dan penghindaran kecelakaan otomatis yang sudah dilengkapi pada beberapa mobil diharapkan menjadi standar pada sebagian besar kendaraan baru dalam dua tahun ke depan. Dengan adanya sistem keselamatan yang baru, AAA mengatakan sistem keamanan bisa mencegah hampir 3.000.000 kecelakaan dan 10.000 kematian dalam setahun.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Teknologi LiDAR, Teknologi Radar Masa Depan untuk Peningkatan Sistem Keselamatan

05/02/2019

Pengemudian

LiDAR disebut sebagai pengembangan teknologi yang paling penting dalam industri otomotif selama bertahun-tahun. Disebut sebagai teknologi yang akan menjadi inti sistem keselamatan tahun ini, apa saja yang perlu kita ketahui dari teknologi LiDAR?

Lihat juga

Cara Aman Meningkatkan Keselamatan Anak-Anak di Dalam Mobil

01/12/2018

Pengemudian

Bulan ini menandai Hari Anak Sedunia yang diperingati pada 20 November lalu dan inilah saat yang tepat untuk memikirkan tentang meningkatkan keselamatan anak-anak di dalam mobil.

Lihat juga

Tips Unik Ford Ajarkan Keselamatan Mengemudi: Menukar Pengendara Truk dan Pesepeda

27/11/2018

Pengemudian

Untuk mengajarkan keselamatan mengemudi di Inggris, Ford bekerja sama dengan kampanye London Bersepeda untuk ’menukar’ pekerjaan pesepeda dengan pengendara truk.

Lihat juga

5 Fitur Keselamatan Aktif yang Bisa Anda Temukan Pada Mobil High-End

25/10/2018

Pengemudian

Saat mengendarai mobil, keselamatan harus selalu menjadi prioritas. Dengan teknologi modern saat ini, lebih mudah dari sebelumnya untuk tetap aman di jalan. Lalu, fitur keselamatan aktif mana saja yang akan hadir menemani perjalanan Anda?

Lihat juga

Fitur Keselamatan Bejibun, Volkswagen T-Cross Disebut ‘Crossover Teraman Saat Ini’

14/10/2018

Mobil baru

Volkswagen telah merilis teaser video terbaru untuk Volkswagen T-Cross menjelang debut pertama SUV kompak tersebut pada 25 Oktober nanti. Dan VW tak segan-segan menyebut T-Cross sebagai crossover terbaik.

Lihat juga
 
back to top