Pentingnya Konsentrasi Saat Mengemudi Untuk Mencegah Kecelakaan Fatal

30/10/2019

Pengemudian

3 menit

Pentingnya Konsentrasi Saat Mengemudi Untuk Mencegah Kecelakaan Fatal
Belajar dari kasus kecelakaan Nissan Grand Livina di Jl. Senopati Raya Jakarta Selatan pada Minggu (27/10/2019) pukul 03:30 WIB yang menewaskan seorang satpam, betapa pentingnya konsentrasi saat mengemudi.

Kecelakaan tunggal terjadi di Jl. Senopati Raya Jakarta Selatan pada Minggu (27/10/2019) pukul 03:30 WIB dini hari. Sebuah mobil Nissan Grand Livina bernopol B 2794 STF menabrak bagian depan sebuah apotik hingga hancur berantakan. Bukan hanya itu, dua orang satpam yang tengah berjaga di teras apotik juga turut menjadi korban, satu meninggal dunia di tempat, satunya lagi luka-luka dan harus mendapatkan perawatan.

Foto Nissan Grand Livina menabrak apotik Senopati

Kehilangan konsentrasi sebabkan kecelakaan fatal

>>> Hindari Celaka Dengan Mengurangi Area Blind Spot

Menurut paparan Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, pengemudi mobil seorang cewek bernama Putri Kalingga Hermawan alias PKH mengalami kehilangan konsentrasi yang membuatnya gagal mengendalikan kendaraan.

“Pada saat kita tanyakan, konsentrasi apa yang menyebabkan (kehilangan kendali), dia saat itu tidak terlalu hafal jalan,” tutur Kompol Fahri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, seperti ditulis ntmcpolri, (28/10/2019).

Dalam pengakuannya kepada polisi, PHK melajukan mobil dengan kecepatan 60 km per jam dari arah selatan ke utara di Jalan Senopati Raya. Sesampai di lokasi yang merupakan belokan dirinya kehilangan konsentrasi. Dia yang seharusnya mau mengerem malah keliru menginjak gas. Mobil akhirnya menabrak trotoar lalu menabrak bagian depan Apotek Senopati.

Atas peristiwa ini PHK harus mendekam di sel untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. PHK dijerat Pasal 310 Ayat 4 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

>>> Sering Dilakukan, Aktivitas Ini Sebenarnya Mengganggu Konsentrasi Mengemudi

Foto Rambu tikungan tajam ke kanan

Rambu-rambu bukan hiasan, perhatikan dan berati-hati

Pentingnya konsentrasi saat mengemudi

Terkait konsentrasi dan fokus, hal ini adalah kewajiban bagi setiap pengemudi baik mobil maupun sepeda motor. Dengan konsentrasi pengemudi bisa mengetahui apa yang harus dilakukan terkait dengan kondisi di sekitar kendaraan, melakukan gerakan reflek untuk bermanuver, mengerem, dan yang lain saat memperkirakan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Termasuk menghindarkan diri dari kesalahan menginjak pedal rem, pedal gas, atau pedal kopling.

Karenanya penting bagi pengemudi untuk menjaga konsentrasi dan tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan distraksi saat berkendara seperti menggunakan ponsel, makan dan minum, meletakkan barang-barang di dashboard, atau melihat GPS. Usahakan pula agar mengemudi dengan posisi duduk yang nyaman, posisi setir yang nyaman, tidak mengemudi saat mengantuk atau tubuh merasa kelelahan.

>>> Ada rencana ingin ganti mobil baru? Tenang, simak daftar harga lengkapnya di sini, siapa tahu cocok

>>> Pastikan Anda baca tips dan trik seputar mobil di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top