Penting! Siapkan Ini di Dalam Mobil untuk Mencegah Virus Corona

10/03/2020

Pengemudian

3 menit

 Penting! Siapkan Ini di Dalam Mobil untuk Mencegah Virus Corona
Ada beberapa hal yang wajib disediakan pengendara di dalam mobil seperti cairan antiseptik, tisu basah, tisu kering, demi mencegah penyebaran virus Corona.

Pencegahan penyebarluasan virus Corona bisa dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk lewat mobil. Untuk itu, para pengemudi pun diminta untuk mempersiapkan dirinya sebelum berkendara. Namun satu hal yang perlu dicatat, pencegahan tersebut harus dimulai dari pengendara itu sendiri. 

Hidup bersih merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan pengendara dalam pencegahan virus yang masih terus menyebarluas di dunia ini. Tak cuma itu, pengendara harus memastikan dirinya dalam keadaan bugar sebelum menyetir kendaraan.

>>> Servis Mobil Tapi Takut Virus Corona? Coba Layanan Home Service Yuk

Fisik Pengendara

"Fisik pengendara juga harus disiapkan, kalau orang yang nggak terlatih secara fisik, otot-ototnya gak terlatih dia akan mudah terkontaminasi penyakit tentunya kalau virus bakteri tuh ada dimana-mana bisanya mengantisipasi dengan cara hidup bersih," jelas pakar kesehatan Dr. Taka Budaya, M.Kes dalam tayangan video Cintamobil.com. 

Pengendara harus rajin membersihkan mobil

Membersihkan panel mobil menjadi salah satu langkah mencegah virus Corona

Taka juga menyarankan para pengendara untuk rajin membersihkan mobil secara berkala dengan menggunakan cairan antiseptik. Bagian-bagian yang rutin harus dibersihkan menggunakan cairan antiseptik antara lain pegangan pintu, tuas persneling, hingga panel-panel di dalam dasbor mobil. 

>>> Bluebird Minta Drivernya Rajin Bersihkan Mobil Demi Cegah Virus Corona

Siapkan Antiseptik, Tisu Basah, dan Tisu Kering

Tak cuma itu, Taka menyebut ada beberapa hal yang wajib disiapkan di dalam mobil demi mencegah penyebaran segala macam virus termasuk Corona. 

"Antiseptik, tisu basah, tisu kering untuk mengelap, membawa makanan dan minuman. Snack misalnya, minuman kalau bisa air putih dicampur madu untuk menaikan daya tahan tubuh kemudian snacknya buah-buahan yang mudah dikonsumsi di dalam mobil seperti jeruk, pisang," bebernya. 

Menyiapkan pisang di dalam mobil untuk menambah antioksidan agar tubuh lebih kebal akan virus

Pisang menjadi salah satu buah yang mengandung antioksidan dan dapat bermanfaat mencegah virus Corona

>>> Virus Corona Masuk Indonesia, Bagaimana Nasib Formula E di Jakarta?

"Kalau kita mau perjalanan agak panjang siapkan aja buah-buahan karena antioksidannya tinggi itu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita sehingga kita bisa menghadapi serangan virus apapun jenisnya," sambung Taka. 

Terkait penggunaan masker, pengendara tak wajib menggunakannya ketika dalam kondisi sehat. Tapi lain cerita ketika pengendara itu merasa kurang sehat. Ia disarankan untuk menggunakannya. Apabila pengendara yang bersangkutan juga berprofesi sebagai sopir taksi online, disarankan menyiapkan masker untuk digunakan oleh penumpang. 

Sedangkan bila mobil digunakan secara pribadi, Taka menyebut agar tak asal memberikan tumpangan. Anda bisa menolaknya dengan cara dan bahasa yang halus. Hal itu dilakukan semata-mata demi mencegah virus Corona karena kita tak mengetahui dengan pasti darimana virus tersebut berasal. 

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top