Pengemudi Mobil Tak Perlu Turun Saat Isi BBM di SPBU

08/06/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Pengemudi Mobil Tak Perlu Turun Saat Isi BBM di SPBU
Salah satu rekomendasi Pertamina di masa PSBB transisi bagi pengemudi mobil tidak perlu turun dari kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU

PT Pertamina menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau protokol baru dalam rangka menyongsong fase normal. Selain menjadi penyempurnaan dari protokol antipasi COVID-19 yang telah diterapkan selama ini, langkah ini dilakukan demi mendukung upaya pemerintah menangani pandemi COVID-19 di tanah air.

Isi BBM tak perlu turun dari mobil

Protokol baru berlaku untuk siapapun yang beraktivitas di SPBU dari pekerja, pemasok, mitra hingga pelanggan (pengendara motor dan pengemudi mobil). Mereka wajib menerapkan prinsip physical distancing alias jaga jarak aman.

Untuk pengendara sepeda motor diwajibkan turun dari kendaraan dan berdiri di samping motor yang berseberangan dengan petugas. Sedangkan bagi pengemudi mobil disarankan tetap berada di dalam kendaraan, terkecuali jika penutup tangki BBM tidak bisa dibuka otomatis dari dalam kendaraan.

>>> Yuk Ketahui Kapasitas Bensin Avanza dan Cara Hitung Konsumsi BBM-nya

Gambar menunjukkan petugas SPBU bersiap dengan layanan Pertamina Delivery Service

Manfaatkan fasilitas Pertamina Delivery Service (PDS) untuk pengisian BBM #DiRumahAja

Layanan self service 'ditiadakan'

Jika pada pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta tahap 1-3 pelanggan bisa memanfaatkan layanan self service untuk mengisi sendiri BBM, pada PSBB transisi kali ini layanan tersebut 'ditiadakan'. Layanan self service dilakukan oleh petugas, sedangkan pengemudi mobil disarankan tetap di dalam kendaraan. Sedangkan untuk membayar BBM direkomendasikan secara cashless melalui aplikasi MyPertamina.

Mengantisipasi penularan COVID-19 operator SPBU mengikuti standar protokol kesehatan yaitu, memakai sarung tangan, masker, dan juga faceshield. Para petugas juga diwajibkan menjaga jarak minimal 1 meter dengan petugas yang lain maupun dengan konsumen.

Di area SPBU juga disediakan wastafel cuci tangan lengkap dengan sabun serta dilengkapi juga dengan hand sanitizer di beberapa titik yang mudah dijangkau.

“Kami juga menerapkan kewajiban untuk menjaga jarak aman baik antara petugas SPBU dengan pelanggan maupun antar pelanggan. Selain itu, kami juga memberikan tambahan vitamin kepada petugas SPBU untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatannya,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam pernyataan resminya, (3/6/2020).

>>> Sambut Era New Normal, Pertamina Sarankan Bayar BBM Non Tunai

Gambar ilustrasi aplikasi MyPertamina

Disarankan pembayaran non tunai

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top