Penelitian Ungkap 5 Lagu Paling Berbahaya Ketika Mengemudi, dan 5 Yang Teraman

25/11/2018

Pengemudian
Penelitian Ungkap 5 Lagu Paling Berbahaya Ketika Mengemudi, dan 5 Yang Teraman
Musik selalu menjadi cara terbaik, terlebih ketika berkendara sendirian. Namun tahukah Anda jika ada penelitian yang menganalisa lagu paling berbahaya ketika mengemudi?

Banyak pengemudi yang menggunakan lagu untuk menemani mereka ketika mengemudi. Tapi tahukah Anda, ternyata tidak semua lagu aman digunakan untuk mengemudi. Penelitian juga menunjukan lagu paling berbahaya ketika mengemudi yang sangat tidak dianjurkan.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh penyedia keuangan kendaraan di Inggris, Moneybarn, mengungkapkan bahwa mayoritas lagu yang disukai oleh banyak pengemudi sebenarnya berbahaya ketika berkendara di belakang kemudi.

Gambar mendengarkan musik ketika mengemudi

Banyak yang mendengarkan lagu ketika berkendara sendirian

>>> Kenali Asal Bau Mobil Baru dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan penelitian tersebut, secara umum musik dengan BPM (Beat per Minute) lebih besar dari 120 mungkin berdampak negatif pada gaya mengemudi Anda. Hal tersebut mengakibatkan kecepatan mengemudi menjadi lebih cepat dan tentu saja berakibat buruk kepada lalu lintas dan meningkatnya pelanggaran selama di jalanan.

"Jika Anda menemukan diri Anda terganggu oleh lagu-lagu yang diputar di radio atau dari daftar putar Spotify Anda, mungkin sudah waktunya untuk perubahan," kata Tim Schwarz, Kepala Pemasaran di Moneybarn, meringkas penelitian.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

Tapi lagu apa yang paling berbahaya? Survei dari Moneybarn mengambil 96 lagu yang paling populer di Spotify, sebuah platform layanan musik streaming, dan mengidentifikasi American Idiot dari Green Day menjadi yang paling berbahaya dari semuanya. Berikut lima lagu paling berbahaya ketika mengemudi.

  1. American Idiot – Green Day
  2. Party in the U.S.A – Miley Cyrus
  3. Mr. Brightside – The Killers
  4. Don’t Let Me Down – The Chainsmokers
  5. Born to Run – Bruce Springsteen

Dalam penelitian tersebut, Schwarz menjelaskan bahwa "Sangat menarik untuk melihat bagaimana sesuatu yang tidak berdosa seperti memilih daftar putar perjalanan berpotensi memiliki dampak negatif pada perjalanan Anda.”

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Gambar memperkeras suara lagu

Lagu bertempo tinggi dan kencang bisa mendorong pengemudi lebih kencang

Menariknya, kurang dari 30 persen lagu paling populer di Spotify dianggap "aman" saat mengemudi. Salah satu yang menjadi perhatian adalah lagu terkenal dari Led Zeppelin yang berjudul Stairway to Heaven adalah lagu "paling aman" untuk dikendarai diikuti oleh Under The Bridge oleh Red Hot Chili Peppers. Ini dia 5 lagu mengemudi paling aman.

  1. Stairway to Heaven – Led Zeppelin
  2. Under the Bridge – Red Hot Chili Peppers
  3. God’s Plan – Drake
  4. Africa – Toto
  5. Location – Khalid

Penelitian dari Moneybarn juga menemukan bahwa bukan hanya tempo dan energi dari sebuah lagu yang dapat mempengaruhi pengemudian Anda secara negatif. Sedangkan untuk lagu paling berbahaya ketika mengemudi, volume keras dipercaya dapat meningkatkan waktu reaksi dan detak jantung sehingga sangat membahayakan dalam kondisi mendadak.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top