Pasang Alat Penghemat BBM Mobil Benarkah Bisa Bikin Irit?

28/05/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Pasang Alat Penghemat BBM Mobil Benarkah Bisa Bikin Irit?
Ada banyak produsen menawarkan alat penghemat BBM mobil dengan klaim yang berbeda-beda. Apakah semuanya layak untuk direkomedasikan? Baca ini dulu sebelum membelinya.

Bahan Bakar Minyak (BBM) selalu jadi isu yang sensitif bagi para pemilik kendaraan bermotor. Angan-angan yang selalu muncul di benak mereka adalah keinginan memiliki kendaraan yang hemat dalam pemakaian bahan bakar. Tak heran berbagai cara pun dilakukan demi menekan konsumsi BBM pada kendaraan kesayangan mereka. Mulai dari melakukan modifikasi mesin, meningkatkan kadar oktan yang dipakai untuk kendaraan tersebut, sampai memasang alat penghemat BBM mobil.

Produsen alat penghemat BBM ini pun bermunculan, terlebih lagi ketika subsidi harga BBM mulai dicabut oleh pemerintah. Akibatnya harga BBM terus menerus naik mengikuti harga minyak dunia.

Namun benarkah alat penghemat BBM mobil ini bisa membuat Anda lebih irit dalam pengeluaran untuk biaya pengisian bahan bakar untuk kendaraan? Sayangnya tidak ada pengujian sahih yang bisa dijadikan standar untuk menjawab hal ini. Semua kemampuan mereduksi konsumsi BBM tersebut hanya berdasarkan klaim dari produsen alat yang bersangkutan.

Alat Penghemat BBM Terbaik

Karena begitu banyaknya produsen pembuat alat penghemat BBM, maka kali ini Cintamobil.com akan mengelompokkan dalam 4 merk yang paling populer. Mungkin satu diantaranya pernah coba untuk pasang di mobil Anda.

1. Hurricane

Hurricane penghemat BBM

Hurricane terkenal sebagai produsen pembuat alat penghemat BBM

Produsen yang satu ini memang amat terkenal menciptakan beragam lini produk untuk menekan konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Bukan cuma alat penghemat BBM mobil, namun disediakan juga yang peruntukannya bagi pengguna sepeda motor. Namun umumnya semua memiliki cara kerja yang serupa, yakni menstabilkan arus listrik pada aki sehingga memberikan efek kerja sistem lainnya pada mobil juga mengalami penyempurnaan.

Produk yang disediakan amatlah beragam, mulai harga Rp3 jutaan sampai Rp8 jutaan. Baik alat penghemat BBM mobil injeksi konvensional hingga mesin yang telah dilengkapi turbo. Klaim yang dijelaskan oleh pihak produsen, alat ini mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga 25-30 persen. Bahkan tenaga juga diklaim bisa naik 3-5 hp dibanding sebelum memasangan alat tersebut.

>>> Gunakan Fitur-Fitur Ini untuk Menghemat BBM Saat Berkendara

2. Minicon

Minicon penghemat BBM

Diletakkan di kabin pakai soket lighter

Cara kerjanya hampir sama dengan produk dari Hurricane, namun Minicon menawarkan alat penghemat BBM terbaik dengan harga yang lebih murah. Dijual seharga Rp1 jutaan, alat ini diibaratkan sebagai komputer mini yang bisa mengatur tegangan listrik pada untuk kebutuhan komponen mobil agar lebih optimal.

Menariknya alat ini bisa dipasang di ruang kabin dengan memanfaatkan soket daya listik yang tersedia melalui lighter. Ketika pasokan listrik untuk komponen di mobil optimal, maka kinerja semua komponen di mobil juga bisa maksimum. Sehingga pengemudi akan merasakan konsumsi BBM lebih hemat dan daya mesin sedikit bertambah.

>>> Mobil Injeksi Boros BBM, Ini Salah Satu Penyebabnya!

3. BRQ

BRQ penghemat BBM

Kalau yang ini bentuknya fuel cataliyst

Kalau alat penghemat BBM terbaik yang satu ini cukup berbeda dari dua merek sebelumnya. Karena alat ini terpasang pada saluran suplai bahan bakar ke ruang mesin. Berbentuk fuel catalyst, bahan bakar yang ada di tangki akan lebih dulu melewati alat ini sebelum masuk ke ruang mesin.

Dengan adanya alat ini, penurunan nilai oktan BBM dapat dihindari sehingga mesin akan mendapatkan pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan oktannya. Hasil akhirnya tentu saja mampu meningkatkan performa mesin sekaligus menghemat konsumsi BBM.

>>> Yuk Ketahui Kapasitas Bensin Avanza dan Cara Hitung Konsumsi BBM-nya

4. Fuel Additive

Lupromax pengemat BBM

Banyak merk menawarkan fuel additive untuk meningkatkan oktan BBM

Kalau alat penghemat BBM yang ini berbentuk cairan yang cara pakainya dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar. Produsen dari alat penghemat BBM ini amat banyak dan semuanya mengklaim memiliki kemampuan efisiensi bahan bakar yang berbeda-beda.

Cara kerja dari cairan tersebut adalah berusaha menyatu dengan zat kimia yang ada pada bahan bakar. Tujuannya meningkatkan oktan dari bahan bakar tersebut. Sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang mesin adalah bahan bakar yang sudah tercampur dengan zat pada cairan fuel additive. Biasanya alat ini dijual dalam ukuran botol kecil dengan harga yang amat terjangkau.

>>> Temukan mobil idaman Anda sekarang dengan diskon yang menarik cukup klik disini

Cara Menghemat BBM yang Benar

Indikator BBM

Mari ubah sikap mengemudi untuk menghemat bahan bakar

>>> Gunakan Fitur-Fitur Ini untuk Menghemat BBM Saat Berkendara

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, diantara alat penghemat BBM mobil tersebut tidak ada yang bisa dijadikan standar mana yang paling direkomendasikan. Karena sebenarnya upaya menekan konsumsi bahan bakar bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan alat-alat tadi.

a. Gaya Mengemudi

Paling utama adalah gaya mengemudi. Menerapkan Eco Driving amat berpengaruh pada konsumsi BBM kendaraan Anda. Caranya antara lain dengan menghindari menginjak pedal gas terlalu dalam saat berkendara dan mempertahankan putaran mesin tidak lebih dari 2000 rpm.

b. Kualitas Oli

Pemilihan oli mesin yang berkualitas dan sesuai standar yang disarankan oleh pihak pabrikan akan membuat kinerja mesin juga jadi optimal. Hasilnya, Anda tidak perlu lagi menginjak pedal gas terlalu dalam hanya untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Ini tentu berimbas pada konsumsi bahan bakar yang akan semakin hemat.

c. Tekanan Angin Ban

Hal lain yang juga penting saat ingin melakukan penghemat BBM mobil adalah memperhatikan tekanan angin ban mobil. Pastikan tekanan nagin sesuai yang direkomendasikan pabrikan mobil, jangan sampai kurang. Karena jika ban kekurangan angin, maka memaksa meisn bekerja lebih berat untuk menggerakkan beban.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lebih Hemat BBM, Ini Cara Terbaik Menggunakan Kopling Manual

24/09/2018

Pengemudian

Meskipun pengemudi sudah mengetahui tentang kopling manual, ternyata tidak semuanya mengerti cara terbaik menggunakan kopling manual untuk mendapatkan efisiensi kendaraan terbaik. Bagaimana caranya?

Lihat juga

Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

Perbedaan yang cukup signifikan mobil dengan transmisi manual dengan transimis otomatis bisa dilihat dari pemakaian bahan bakarnya. Penelitian menujukkan bahwa mobil otomats lebih banyak memakan bahan bakar dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi manual mempunyai transmisi yang bisa disesuaikan dengan kecepatan dan keadaan jalan sehingga membuatnya menjadi lebih hemat. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menghemat bbm mobil matic.

Lihat juga

Merasa Lebih Hemat? Pahami Dulu Efek Buruk Mesin Pakai BBM Oktan Rendah

30/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mobil-mobil dengan mesin teknologi modern, disarankan tidak lagi pakai BBM oktan rendah. Karena ada efek buruk mesin pakai BBM oktan rendah yang bisa membuat pengeluaran jauh lebih mahal. Apa saja itu?

Lihat juga

Inilah 6 Riset Mahal Demi Penghematan BBM Yang Dilakukan Pabrikan

22/05/2019

Pengemudian

4 menit

Kita semua sepatutnya berterima kasih kepada para ilmuwan di muka bumi ini yang telah menghabiskan waktu dan biaya guna meriset sebuah teknologi demi penghematan BBM yang dilakukan pabrikan. So, inilah 6 riset mahal demi penghematan BBM yang dilakukan pabrikan.

Lihat juga

Tidak Selalu Boros, Simak Tips Mudik Hemat Dengan Mobil Pribadi

19/05/2019

Pengemudian

3 menit

Mudik dengan menggunakan mobil pribadi banyak yang beranggapan lebih boros karena banyak pengeluaran. Mulai dari hotel atau penginapan saat transit, belum bayar tol hingga bahan bakar yang akan lebih boros bila terjebcak kemacetan. Lantas bagaimana tips mudik hemat dengan membawa mobil pribadi?

Lihat juga
 
back to top