Pakai Tes Psikologi, Ini Biaya Bikin SIM Baru dan Perpanjangan

10/03/2020

Pengemudian

5 menit

Pakai Tes Psikologi, Ini Biaya Bikin SIM Baru dan Perpanjangan
Setelah ada tes psikologi yang harus dilakukan pemohon SIM, maka kini ada tambahan biaya bikin SIM yang wajib dibayar. Berikut ini biaya pembuatan SIM sesuai jenis SIM yang diajukan.

Selain tes keterampilan berkendara dan juga tes kesehatan, kini sudah mulai diterapkan pula tes tambahan untuk para pemohon SIM (Surat Izin Mengemudi). Tes tambahan itu berupa tes psikologi.

Tambahan tes psikologi ini mulai diberlakukan oleh Polres Jawa Tengah sejak 09 Maret 2020. Dan selain biaya bikin SIM yang harus dikeluarkan, lulus dari tes tersebut menjadi syarat tambahan bagi para pemohon SIM. Tes ini wajib disertakan bagi pemohon baik pembuatan SIM baru maupun perpanjangan masa berlaku.

>>> Polres Solo Berlakukan Syarat Pembuatan SIM Harus Lulus Tes Psikologi

Biaya Tes Psikologi Pembuatan SIM

tes psikologi pembuatan SIM

Polres Jawa Tengah mulai tetapkan tes psikologi sebagai syarat wajib pemohon SIM

>>> Pandemi Virus Corona, Layanan SIM Daan Mogot Tetap Beroperasi Normal

Jika sebelumnya untuk pembuatan SIM atau perpanjangan masa berlaku, pemohon hanya diwajibkan mengikuti 2 tes, maka kini ditambah satu. Yaitu dari awalnya hanya tes keterampilan dan tes kesehatan jasmani atau KIR dokter saja, maka ditambah satu tahapan lagi yaitu tes psikologi.

Nantinya saat tes, sudah ditempatkan psikolog yang berkompeten untuk mengawasi peserta tes. "Psikolog yang akan melakukan tes itu sudah mendapatkan rekomendasi dari Polda Jateng,” kata Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni, dikutip Cintamobil.com dari Kompas.

Namun tes ini tidak gratis, ada sejumlah biaya tambahan yang harus dikeluarkan para pemohon SIM diluar biaya bikin SIM tersebut. Berikut rincian biayanya:

  1. Biaya KIR Dokter : Rp40.000

  2. Biaya Tes Psikologi : Rp50.000

  3. Biaya Pembuatan Baru SIM A : Rp120.000

  4. Biaya Pembuatan Baru SIM B : Rp120.000

  5. Biaya Pembuata Baru SIM C : Rp100.000

  6. Biaya Perpanjangan SIM A : Rp80.000

  7. Biaya Perpanjangan SIM B : Rp80.000

  8. Biaya Perpanjangan SIM C : Rp75.000

  9. Biaya Asuransi Kecelakaan 5 Tahun : Rp30.000

Ada 30 Pertanyaan Tes Psikologi

peserta tes psikologi pembuatan SIM

Tes akan diawasi oleh psikolog yang sudah ditunjuk pihak Polres

>>> Begini Cara Mudah Lulus Ujian Teori Pembuatan SIM

Saat pemohon melakukan tes psikologi pembuatan SIM, maka akan ada 30 pertanyaan yang harus dijawab oleh pemohon. Semua pertanyaan itu nantinya akan menggambarkan bagaimana kondisi psikologi seseorang saat berada di jalan raya.

Setelah lulus dari tes kesehatan jasmani dan tes psikologi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan setiap pemohon SIM adalah melunasi keseluruhan biaya bikin SIM. Anda tinggal mengghitung sendiri, tipe SIM apa yang akan dibuat, ditambah biaya KIR dokter, Tes Psikologi, dan asuransi kecelakaan.

Diharapkan dengan adanya tes psikologi ini, pemohon SIM dipastikan sehat jasmani dan kejiwaan untuk layak mengendarai kendaraan di jalan raya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar otomotif ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top