Pahami Fasilitas Layanan Asuransi Mobil Biar Gak Ribet Dikemudian Hari

09/07/2019

Pengemudian

4 menit

Setiap layanan asuransi mobil tentunya menawarkan kelebihan dan kelemahan berbeda-beda. Untuk itulah Anda perlu cermat memperhatikan bentuk layanan ini ketika memilih asuransi.

Saat memilih asuransi mobil, tentunya Anda wajib membandingkan perbedaan antara beberapa tipe asuransi. Dan selain itu, Anda juga wajib untuk memahami apa saja layanan yang diberikan dari asuransi tersebut.

>>> 6 Hal Berikut Membuat Klaim Asuransi Ditolak

Layanan asuransi mobil memang berbeda-beda, baik mengenai biaya yang harus ditanggung pemegang polis, bentuk penggantian biaya kerusakan, sampai layanan darurat yang bisa dinikmati pemegang polis.

Berikut beberapa layanan asuransi mobil yang perlu Anda pahami dan pertimbangkan:

1. Pembayaran Premi

menghitung biaya asuransi

Perhitungkan kemudahan cara pembayaran premi asuransi

Setiap pemegang polis asuransi wajib membayar premi setiap bulan atau tahunnya. Namun yang perlu Anda pahami adalah bagaimana sistem pembayaran premi yang diberikan oleh pihak asuransi mobil tersebut.

>>> Simak tips mengemudi lainnya di sini

Pilihlah asuransi yang memberikan kemudahan proses pembayaran premi. Artinya premi bisa dibayakan dengan cara bayar tunai di loket cabang perusahaan asuransi, bisa lewat debet rekening tabungan, atau transfer antar bank, bahkan bisa dengan bayar lewat kartu kredit.

2. Proses Klaim

formulir klaim asuransi

Pilih asuransi yang proses klaimnya cepat dan mudah

Saat memilih asuransi mobil harus diperhatikan juga tentang proses klaim. Tanyakan bagaimana prosedur klaimnya, dan berapa lama waktu menunggu hingga terbitnya SPK (Surat Perintah Kerja). Kemudian saat mobil tidak bisa digunakan, apakah ketika proses klaim Anda mendapat mobil pengganti atau tidak.

>>> Cari promo mobil baru menarik? Klik disini

3. Bengkel Rekanan

bengkel mobil

Cek lokasi dan kualitas bengkel rekanan asuransi

Setiap bagian dari layanan asuransi mobil adalah memiliki bengkel rekanan. Tanyakan seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki pihak asuransi. Pertimbangkan pula posisi bengkel dari kediaman atau lokasi kerja Anda.

Jangan lupa Anda juga harus mencek kualitas dari bengkel rekanan tersebut. Ini bisa Anda cari referensi dari teman atau informasi di media. Sebaiknya pilih bengkel rekanan yang berstatus bengkel resmi (authorized).

4. Biaya Own Risk

Biaya asuransi

Perhatikan besarnya biaya OR saat proses klaim

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Ketika mengajukan proses klaim, bisanya pihak asuransi akan menetapkan biaya Own Risk (OR). Namun tanyakan bagaimana cara perhitungan biaya ini, apakah per kecelakaan atau per panel perbaikan kendaraan.

5. SRCC

mobil terendam banjir

Sebaiknya pilih asuransi yang memberikan perlindungan huru hara dan banjir

SRCC (Strike, Riot and Civil Commotion) merupakan bentuk perlindungan asuransi terhadap peristiwa kerusuhan, pemogokan, huru hara, dan banjir. Kondisi di beberapa daerah di Indonesia yang kerap kali banjir, maka perlindungan terhadap hal ini perlu dipertimbangkan. Karena biasanya SRCC merupakan perlindungan optional dari pihak asuransi yang memiliki biaya terpisah.

6. Layanan 24 Jam

Layanan call center

Pilih asurnasi yang memberikan layanan konsumen 24 jam

Layanan asuransi mobil lainnya yang juga wajib diperhatikan adalah ada tidaknya fasilitas layanan 24 jam. Misalnya ketersediaan call center yang dapat selalu dihubungi ketika terjadi keadaan darurat. Atau juga layanan derek gratis jika seandainya kendaraan mengalami masalah di tengah perjalanan.

>>> Temukan tips lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top