Operasi Zebra Jaya 2019, Pelanggaran Paling Banyak Pengemudi Tidak Membawa SIM

31/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Operasi Zebra Jaya 2019, Pelanggaran Paling Banyak Pengemudi Tidak Membawa SIM
Seminggu Operasi Zebra Jaya 2019 dilaksanakan sejak 23 Oktober, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat pelanggaran paling banyak ditilang yaitu pengemudi tidak membawa SIM. Jumlahnya mencapai ratusan orang dan lebih banyak dibanding tahun lalu.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2019 sejak 23 Oktober lalu dan akan berlangsung hingga 5 November mendatang. Meski baru seminggu dilaksanakan catatan pelanggaran yang dilakukan menunjukkan peningkatan dibanding operasi yang sama tahun lalu. Bukan hanya pengemudi sepeda motor saja, pelanggaran oleh pengemudi mobil juga meningkat.

Foto Plang Operasi Zebra Jaya 2019 di salah satu ruas jalan ibu kota

Operasi Zebra Jaya 2019 dilaksanakan demi ketertiban berkendara

  • Tidak membawa SIM

Pengemudi tidak membawa SIM atau Surat Izin Mengemudi jadi pelanggaran terbanyak yang dicatatkan polisi untuk pengemudi mobil. Alasannya beragam mulai dari masa berlaku SIM habis, tertinggal dirumah dan lupa untuk membawa, hingga benar-benar belum memiliki SIM. Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, jumlah pelanggaran ini mencapai 449 perkara dari sebelumnya hanya 338 perkara.

"Tidak membawa atau memiliki SIM jumlahnya meningkat 16 persen, menjadi 449 perkara, dari sebelumnya tahun 2018 sebanyak 338 perkara,” tutur Kompol Fahri Siregar seperti dikutip dari Kompas (30/10/2019).

>>> Ini Besaran Denda Tilang Paling Sering Dilakukan Pengemudi

  • Menggunakan telepon genggam

Pelanggaran berikutnya yang juga banyak ditilang yaitu menggunakan telepon genggam saat mengemudi. Jumlahnya juga meningkat dari 80 perkara menjadi 113 perkara.

Foto sebuah truk diperiksa surat-surat kelengkapannya

  • Tidak membawa STNK

Untuk pelanggaran ini jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya 7 perkara. Namun itu lebih buruk dibanding tahun lalu yang hanya 3 perkara. Alasan pengemudi tidak membawa STNK kebanyakan karena lupa, STNK ada tapi tertinggal di rumah. Tapi ada juga yang benar-benar tidak memiliki STNK. Untuk perkara seperti ini, tilang bakal dilanjutkan ke penyelidikan sampai benar-benar diketahui mengapa mobil yang dibawa sampai tidak memiliki STNK.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

  • Tidak memakai sabuk pengaman

Jika 3 jenis pelanggaran di atas semuanya meningkat, pelanggara tidak memakai sabuk pengaman mengalami penurunan cukup baik. Dari tahun 2018 sebanyak 153 perkara turun menjadi 113 perkara. Ditengarai penurunan ini merupakan dampak diterapkannya tilang elektronik menggunakan kamera CCTV atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Pengemudi jadi lebih perhatian agar tidak tertangkap kamera pengawas.

Diharapkan penurunan pelanggaran tidak hanya saat Operasi Zebra Jaya 2019 berlangsung, tapi juga bisa berlanjut hingga seterusnya. “Tren jumlah pelanggaran yang menurun pada pengemudi mobil semoga tetap bertahan sampai selesai masa Operasi Zebra,” kata Fahri.

>>> Pelajaran Dari Kecelakaan APV di Tol Jagorawi, Jangan Pernah Sepelekan Sabuk Keselamatan

Foto Polisi melakukan pembinaan dan penyuluhan keselamatan berlalulintas kepada Komunitas Pengemudi Truk di Terminal Pulo Gadung Jaktim.

Penyuluhan dilakukan Kepolisian kepada para pengemudi untuk tertib berlalu lintas

Sebagai informasi, Operasi Zebra Jaya 2019 yang berlangsung selama 14 hari mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 ini melibatkan sebanyak 2.380 personel gabungan TNI-Polri, Dishub dan Satpol PP. Ditlantas Polda Metro Jaya menargetkan 12 jenis pelanggaran, yaitu:

  1. Pengendara yang tidak memiliki SIM
  2. Kendaraan yang tidak dilengkapi STNK
  3. Melawan arus lalu lintas
  4. Tidak menggunakan helm SNI bagi pengendara motor
  5. Mengemudikan mobil tidak dengan menggunakan sabuk pengaman
  6. Menggunakan HP saat mengemudi
  7. Berkendara di bawah umur
  8. Berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari 2 orang
  9. Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan
  10. Kendaraan yang tidak dilengkapi perlengkapan standar
  11. Berkendara di bawah pengaruh alkohol
  12. Kendaraan bermotor yang memasang sirine atau rotator.

>>> Simak tips mengemudi lainnya di sini

>>> Baca berbagai tips otomotif lainnya di Cintamobil.com!

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Operasi Lalu Lintas Serentak Dimulai, Ini 12 Jenis Pelanggaran Yang Jadi Target

30/08/2019

Pengemudian

3 menit

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI menggelar operasi lalu lintas secara serentak di berbagai daerah mulai 29 Agustus hingga 11 September 2019. Sasarannya 12 jenis pelanggaran yang paling sering dilakukan pengendara kendaraan bermotor.

Lihat juga

Soal Larangan Mobil Tua Beroperasi di DKI, Gaikindo Dukung Gubernur

10/08/2019

Pengemudian

3 menit

GAIKINDO menyatakan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil berusia 10 tahun ke atas mengaspal di Jakarta mulai 2025 mendatang. Apa alasannya?

Lihat juga

Perluas Jaringan di Jawa Barat, Diler DFSK Tasikmalaya Resmi Beroperasi

09/08/2019

Pasar mobil

3 menit

DFSK Motors memperluas jaringan di Provinsi Jawa Barat dengan meresmikan diler DFSK Tasikmalaya. Diler ini menjadi diler ke-6 di Jawa Barat dengan layanan 3S (sales, service, spare part).

Lihat juga

Hati-Hati, Menderek Mobil Tak Bisa Sembarangan. Ini Tips Amannya

31/10/2019

Pengemudian

4 menit

Saat mobil Anda mengalami kerusakan dan perlu diderek, Anda perlu mengetahui cara menderek mobil yang aman agar terhindar dari kerusakan lebih besar dan mahal

Lihat juga

Begini Cara Mengendurkan & Mengencangkan Baut Roda Yang Benar Dan Aman

13/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Mengendurkan dan Mengencangkan baut roda memang terlihat sepele, namun jika sembarangan, bisa membuat kerusakan pada baut roda dan merepotkan Anda.

Lihat juga