Ini Jenis Olahraga untuk Pengemudi saat Puasa

21/04/2021

Pengemudian

3 menit

Ini Jenis Olahraga untuk Pengemudi saat Puasa
Olahraga untuk pengemudi sangat dibutuhkan terutama jika Anda mengemudi di bulan puasa. Berikut ini jenis olahraga untuk pengemudi saat puasa.

Ibadah puasa tak menghalangi aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Termasuk mereka yang harus mengemudi mobil. Mengemudi saat puasa tentu bukan hal mudah. Kondisi tubuh harus tetap prima. Maka dari itu Anda dianjurkan untuk tetap berolahraga meski sedang puasa. Olahraga ini bertujuan agar pengemudi tetap fokus dan berkonsentrasi serta tidak mudah lelah selama mengemudikan kendaraan. Jadi pengemudi bisa melaksanakan pekerjaannya dengan lancar selama puasa.

Olahraga untuk Pengemudi Saat Puasa

Ketika puasa, tubuh akan menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Jadi tubuh akan mudah lemas dan lelah jika tidak diimbangi dengan olahraga ringan. Olahraga ringan diperlukan untuk para pengemudi agar bisa lebih berkonsentrasi selama mengemudi saat puasa.

Orang sedang mengendarai mobil

Gambar orang sedang mengendarai mobil

Beberapa manfaat olahraga untuk pengemudi saat puasa adalah sebagai berikut:

1. Badan Lebih Segar

Dengan berolahraga ringan selama puasa, tubuh bisa menjadi lebih segar. Paling tidak pengemudi bisa menyegarkan diri sedikit setelah waktu yang panjang dipakai untuk mengemudi.

2. Otot Tidak Mudah Kaku

Posisi mengemudi yang duduk dalam waktu lama bisa membuat otot pegal-pegal. Dengan melakukan olahraga ringan, otot-otot bisa menjadi lebih rileks dan tidak kaku sehingga badan pengemudi tidak pegal-pegal lagi.

Gambar orang sedang berlari

Gambar orang sedang berlari bersama 

3. Bisa Lebih Konsentrasi

Dengan olahraga ringan, pengemudi bisa mengembalikan konsentrasi menyetir selama puasa. Konsentrasi diperlukan saat mengemudi agar tidak terjadi kecelakaan selama mengemudi. Selama puasa, konsentrasi bisa menurun. Jadi sedikit olahraga ringan bisa dilakukan agar konsentrasi tetap fokus.

>>> Masih WFH, Ini 8 Olahraga Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Olahraga Ringan untuk Pengemudi Selama Puasa

Olahraga ringan untuk pengemudi selama puasa bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan tanpa memakan banyak tempat. Jenis olahraga ini sangat mudah ditirukan dan tidak membutuhkan perlengkapan untuk berolahraga.

Orang sedang melakukan peregangan

Peregangan adalah salah satu olahraga untuk pengemudi saat puasa 

Berikut ini adalah contoh olahraga ringan untuk pengemudi selama puasa yang bisa dilakukan:

1. Peregangan 

Mulailah dari peregangan. Sebelum menyetir, lakukan peregangan otot terlebih dahulu. Terutama jika Anda akan mengemudi dengan jarak yang cukup jauh. Lakukan peregangan pada tangan Anda, leher, punggung, dan kaki. Ketika mengemudi, tubuh Anda akan berada dalam posisi duduk yang cukup lama. Agar tidak mudah lelah, peregangan diperlukan. Lakukan peregangan singkat sebelum mengemudi dan setelah mengemudi. Mulai dari leher, lengan, punggung, kemudian kaki. Tidak perlu hitungan yang terlalu lama. Hitung sampai 8 kali untuk masing-masing maka itu sudah cukup.

>>> 5 Tempat Menyimpan Makanan di Mobil untuk Buka Puasa

2. Calf Raises

Setelah melakukan peregangan, Anda bisa melakukan Calf Raises. Calf Raises adalah gerakan olahraga yang bisa membantu kaki Anda selama mengemudi. Pertama, berdiri tegak dengan kaki menempel di lantai. Kemudian jinjitkan kaki Anda selama 3 kali hitungan dan kembali ke posisi semula. Anda bisa mengulangi gerakan ini selama 8 kali hitungan. Gerakan ini akan membantu betis Anda lebih aktif selama mengemudi sehingga Anda tidak mengalami kram.

3. Seat Pushes

Selanjutnya, Anda bisa melatih lengan Anda atau tricep Anda dengan Seat Pushes. Mengemudi dalam waktu lama akan membuat lengan Anda pegal. Dengan Seat Pushes, otot lengan Anda akan terlatih dan tidak mengalami pegal-pegal. Cara melakukan Seat Pushes adalah dengan duduk di kursi kemudi, letakkan tangan di setir lalu luruskan tangan. Kemudian dorong badan mendekati setir dan tarik kembali ke belakang. Sama seperti melakukan push up pada umumnya, hanya dilakukan dengan posisi duduk.

Wanita sedang melakukan plank push up

Gambar seorang wanita sedang melakukan plank push up

4. Seated Side Bend

Selanjutnya Anda bisa melakukan Seated Side Bend untuk melatih pinggang Anda. Caranya adalah dengan duduk tegap. Lalu miringkan badan Anda ke kanan. Semakin jauh Anda memiringkan badan, maka semakin terasa peregangan pada sisi kiri Anda. Lakukan selama 8 hitungan untuk masing-masing sisi.

Gerakan olahraga ringan untuk pengemudi tidak membutuhkan banyak tenaga dan sederhana. Jadi Anda tidak perlu khawatir badan akan semakin lemas setelah berolahraga. 

>>> Musim Hujan Cek Karet Wiper Sekalian Ngabuburit #DiRumahAja

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top