Musim Hujan Banyak Lubang? Intip Cara Meminimalisir Kerusakan akibat Lubang di Jalan

08/03/2019
Ketika menghadapi lubang di jalanan, apakah yang akan Anda lakukan? Menekan pedal gas atau mengerem dengan keras untuk memperlambat? Ternyata, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kerusakan akibat lubang di jalan.

Lubang di jalanan tidak pernah mengenal waktu. Namun ketika musim hujan datang, lubang menjadi salah satu masalah yang mengintai pengemudi, terkhusus bagi mereka yang mengendarai mobil. Dengan ukuran yang besar, mobil bukanlah kendaraan yang bisa dengan mudah menghindari lubang di jalan. Karena itu, lihat lagi bagaimana cara meminimalisir kerusakan akibat lubang di jalan.

1. Jangan terburu-buru

Terlebih ketika berkendara ketika hujan, jangan terburu-buru untuk mengikuti kendaraan di depan. Apalagi ketika Anda sedang melintasi jalanan yang buruk. Pelan-pelan dan jangan mengekor. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat lubang yang bisa dengan mudah menghindari sebelum menabraknya.

mobil berwarna biru mengekor mobil berwarna putih

Hindari kebiasaan mengekor di belakang mobil

Ketika Anda berada pada jalanan yang tidak rata, pastikan untuk memperlambat laju kendaraan. Jika mobil di depan Anda gagal menghindari lubang, Anda akan mendapatkan sedikit waktu untuk bereaksi dan menghindari nasib yang sama. Semakin jauh jarak antara mobil Anda dengan kendaraan di depan, semakin lama waktu yang bisa Anda dapatkan.

>>> 5 Tips Melintas Di Jalanan Pegunungan Berkabut Parah

2. Perhatikan rem dan gas

Jika Anda tidak dapat menghindari lubang, rem sebelum terjadi tumbukan. Hal ini bisa mengurangi kerusakan pada rem dan roda mobil Anda. Tetapi ketika Anda sudah tidak bisa lagi menghindari lubang, disarankan untuk menekan pedal gas untuk mengurangi tumbukan yang terjadi.

mobil berwarna merah mengerem di jalan

Perhatikan kapan harus menekan pedal gas dan kapan harus mengerem

Tidak melulu harus menekan gas terlalu dalam ketika melewati lubang. Teorinya, perlambat mobil hingga mendekati lubang, lalu tekan pedal gas sehingga mobil melaju kencang ketika melewati lubang. Jangan mengerem ketika Anda akan melewati lubang karena akan membuat berat mobil bertumpu pada roda depan yang ditengarai bisa merusak kaki-kaki depan mobil.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Jangan lakukan gerakan mendadak

Pengereman mendadak untuk mengurangi dampak tumbukan juga tidak disarankan. Terlebih ketika Anda berada pada kondisi lalu lintas yang rapat. Ketika Anda melakukan gerakan mendadak, seperti mengerem maupun banting setir untuk menghindari lubang, kendaraan di belakang yang tidak bisa bereaksi dengan cepat bisa kehilangan momentum dan akhirnya terjadi tabrakan.

kendaraan berwarna biru dan putih yang bertabrakan

Pengereman mendadak seringkali menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Selalu periksa tekanan ban

Ban mobil merupakan satu-satunya komponen kendaraan yang berinteraksi langsung dengan jalan. Maka dari itu, ban mobil memiliki pengaruh khusus terhadap dampak yang diterima mobil ketika menghantam lubang. Dan dengan tekanan ban mobil yang tidak tepat, ada banyak komponen lain yang merasakan akibatnya.

tangan yang sedang memeriksa tekanan ban

Selalu periksa tekanan ban sebelum berkendara

Sebagai contohnya, ketika tekanan ban terlalu padat, kaki-kaki kendaraan akan tersiksa karena ban kehilangan kelenturannya dalam menyerap tumbukan dari lubang. Jika hal ini terjadi terus menerus, Anda harus siap untuk mengganti rem maupun kaki-kaki mobil lebih cepat dibandingkan seharusnya.

>>> Siap Dipakai, Teknologi Airbag Eksternal Bisa Kurangi Tingkat Cedera 30%

5. Jangan lupa perawatan berkala

Selalu dan selalu diingatkan bagi pengemudi untuk mengunjungi bengkel dengan melakukan perawatan berkala. Salah satu cara untuk mempersiapkan kendaraan Anda dalam segala kondisi cuaca dan keadaan yang tidak terduga di jalanan adalah dengan memastikan semua komponen mobil bekerja dengan sempurna.

teknisi yang sedang mencatat perawatan berkala pada mobil

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan berkala untuk kesehatan mobil Anda

Kendaraan yang sehat dan siap dibawa kemana saja tidak hanya bisa memberikan kenyamanan selama berkendara, Tetapi bisa membuat mobil lebih siap sehingga bisa meminimalisir kerusakan akibat lubang di jalan. Dan tentu saja membuat kendaraan siap tempur menghadapi semua kondisi tak terduga di jalan.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain