Mulai dari Gagang Pintu Mobil, Ini Cara Penularan Virus Corona

04/03/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Mulai dari Gagang Pintu Mobil, Ini Cara Penularan Virus Corona
Untuk Anda yang sering berakfititas di luar ruangan, sebaiknya pahami cara penularan virus corona. Karena beberapa benda berikut ini bisa jadi pemicu virus tersebut menyebar dengan cepat ke banyak orang.

Coronavirus atau yang juga diberi kode CORVID-19 saat ini sudah menjadi pendemi dunia. Tidak kurang dari 64 negara termasuk Indonesia, sudah terkena dampak dari virus yang awalnya muncul di Cina tersebut.

Untuk Indonesia sendiri, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo telah mengumumkan setidaknya ada warga yang berdomisili di Depok, Jawa Barat yang terjangkit virus ini. Lalu sebenarnya bagaimana sih cara penularan virus corona?

Tim Cintamobil.com pun merangkumnya khusus buat Anda agar lebih berhati-hati dalam beraktifitas.

1. Berpergian ke Negara Terjangkit Virus Corona

Gambar menunjukkan berpergian ke Wuhan Cina

Hati-hati jika Anda atau ada kerabat yang pernah berpergian ke negara terjangkit virus corona

Risiko paling tinggi terjangkit coronavirus adalah berkunjung ke negara yang terjangkit virus tersebut. Terutama jika Anda belum lama ini melakukan kunjungan ke Cina. Karena disanalah pertama kali kasus virus korona ditemukan. Namun pada beberapa kasus, ada pula penderita yang terpapar virus ini setelah kunjungan kerja ke negara lain yang sudah terinfeksi virus tersebut.

>>> Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

2. Terkena Pecikan Air Liur Penderita

Gambar menunjukkan seorang wanita yang sedang batuk-batuk

Waspadai saat bertemu orang yang batuk dan pilek

Cara penularan virus corona bisa melalui percikan air liur dari penderita. Misalnya si penderita batuk atau bersin dan tidak menutup mulutnya, maka saat percikan air liur mengenai Anda, maka akan membawa virus untuk bisa masuk ke tubuh Anda.

>>> Pengemudi Taksi Online Disarankan Rajin Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona

3. Menggunakan Mesin ATM

Gambar seorang yang sedang tombol di mesin ATM

Tombol-tombol di mesin ATM bisa jadi medium untuk menularkan virus dan bakteri

Siapa sangka, mesin ATM juga berpotensi jadi media untuk penyebaran virus corona. Jika ada penderita yang menggunakan mesin tersebut, kemudian selanjutnya Anda yang menggunakan mesin ATM tadi, maka virus yang tertinggal di tombol-tombol angka pada mesin ATM bisa berpindah ke jari-jari tangan Anda.

>>> Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

4. Memegang Uang

Gambar menunjukkan seorang yang sedang menghitung uang kertas

Uang juga medium yang kotor dan tempat bersarangnya berbagai sumber penyakit

Uang yang digunakan sebagai alat pembayaran, Anda tidak pernah tau asalnya dari mana dan sudah beredar kemana saja. Karena bukan tidak mungkin ada penderita virus yang sebelumnya memegang uang tersebut. Jika demikian, maka uang menjadi salah satu media untuk penularan virus corona menyebar kemana-mana.

>>> Aman sampai tujuan dengan beberapa tips mengemudi yang berguna di sini

5. Gagang Pintu Mobil

Gambar menunjukkan seorang yang sedang gagang pintu mobil

Sebaiknya langsung cuci tangan setelah memegang gagang pintu mobil atau di kendaraan umum

Ketika akan masuk ke mobil, tentu Anda harus memegang gagang pintu untuk membuka pintu tersebut. Bukan tidak mungkin gagang pintu itu juga pernah disentuh pengidap virus corona. Selain gagang pintu, pegangan lain misalnya di transportasi umum juga menjadi cara penularan virus corona paling sering terjadi. Mengingat pegangan ini pasti dipegang oleh ribuan orang setiap harinya.

Dan saran paling efektif saat ini untuk mencegah tubuh kita terkena virus corona adalah dengan selalu mencuci tangan dengan sabun setelah berpergian dan sebelum makan. Selain itu gunakan masker ketika menghadapi seseorang yang sedang batuk dan pilek.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pengemudi Taksi Online Disarankan Rajin Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona

04/03/2020

Event - Promosi

2 menit

Untuk mencegah penyebar luasan virus Corona, pengemudi taksi online pun disarankan untuk rajin-rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cair atau cairan antiseptik.

Lihat juga

Virus Corona Masuk Indonesia Tak Goyangkan Harga Mobil Murah di Pasar Otomotif

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Virus Corona disebut-sebut positif masuk ke Indonesia Senin (2/3) kemarin. Meski begitu, hal ini tak menggangu harga mobil murah di Tanah Air pada awal bulan Maret 2020 ini.

Lihat juga

Bukannya Takut, Dealer Mobil Ini Kasih Diskon untuk Pengidap Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus corona mengancam kesehatan dunia. Alih-alih takut, dealer mobil bekas di Selandia Baru malah jadikan virus tersebut sebagai program penjualan.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

12/09/2019

Editor rate:

Sudah empat generasi Toyota Corolla Altis hadir di Indonesia, yang mana secara silsilah keturunan Corolla global sudah masuk generasi ke 12. Bagaimana ikon sukses mobil Toyota ini menghadapi tuntutan zaman yang semakin mengarah interaksi modern, feeling berkendara yang lebih emosional, tapi tetap tidak hilang dari jati diri sang mobil tersukses di dunia ini?

Lihat juga

Daftar HargaToyota Corolla Altis terbaru September 2020 Di Indonesia

01/09/2020

Toyota

All New Toyota Corolla Altis 2019 resmi diperkenalkan. Kira-kira ada apa saja pembaharuan yang disematkan? Mari kita simak informasi selengkapnya.

Lihat juga